Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Singkawang – Seorang Youtuber melakukan eksperimen dimana ia memainkan game AAA di resolusi 72p menggunakan VGA keluaran 10 tahun lalu.

Youtuber dengan channel bernama RandomGaminginHD ini mencoba menjalankan beberapa game yang dikenal berat menggunakan VGA keluaran 10 tahun lalu yaitu AMD Radeon HD6450 (2011) dan Nvidia GT 710 (2014).

Sudah dapat dipastikan jika menggunakan settingan rata kanan, tentu saja VGA tua ini tidak dapat menahan beban yang diberikan oleh game AAA tersebut. Adapun game-game yang digunakan oleh RandomGaminginHD dalam pengetesan ini diantara lain adalah GTA V, Days Gone, Fortnite, bahkan Cybepunk 2077.

Beberapa game tersebut di-set menggunakan resolusi 72p untuk mengetes apakah AMD Radeon HD6450 (2011) dan Nvidia GT 710 (2014) mampu menjalankan game yang keluar di jaman sekarang.

Hasilnya ternyata mengejutkan, VGA lawas ini berhasil mendapatkan 50 FPS pada game Fortnite. Bahkan, GTA V yang terkenal berat untuk PC pun bisa mendapatkan sekitar 25-30 FPS.

Namun beda cerita dengan game Days Gone dan Cyberpunk 2077. VGA lawas ini ternyata gagal mendapatkan 20 FPS sehingga sudah tidak disarankan untuk dimainkan lagi.

Walaupun begitu, ide percobaan ini dapat dibilang sebuah dobrakan yang cemerlang. Jarang ada orang yang kepikiran akan melakukan eksperimen seperti ini.

Share yuk !