Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Denpasar – Perkembangan didunia Artificial Intelligence akhir-akhir ini cukup menarik perhatian, dikarenakan semakin kesini, Artificial Intelligence semakin pintar. Di dalam game AI biasa digunakan untuk bot atau NPC bergerak atau berinteraksi dengan pemainnya, namun dengan nvidia gameGAN, AI jadi melangkah ke tinggkat yang lebih tinggi.

Salah satu hasil dari Nvidia gameGAN adalah GAN Theft Auto. GAN merupakan singkatan dari Generative Adversial Network, cara kerja dari GAN ini adalah dengan adanya 2 neural network, dimana yang satunya berfungsi sebagai generator data dan satunya lagi sebagai discriminator. Generator berfungsi untuk melatih kemampuan AI dengan memberikan data-data seperti gambar dari screenshot GTA: V, dan Discriminator berfungsi untuk membedakan mana yang nyata dan mana yang palsu.

Creator dari game ini adalah Harrison Kinsley dan Daniel Kukiela, mereka lah yang memiliki ide untuk membuat game GAN Theft Auto ini.

Lalu bagaimana hasil dari GAN Theft Auto ini? Bisa kalian lihat screenshot dibawah ini. untuk dijaman sekarang memang grafis yang dihasilkan tidaklah memuaskan, gambar terlihat tidak tajam, objek objek terlihat kabur, warna dihasilkan tidak cerah, texture benar benar tidak terlihat. Tapi mengingat, game ini dibuat oleh komputer bukan oleh buatan manusia.

Untuk saat ini, GAN Theft Auto ini hanya bisa dimainkan di atas jembatan tersebut, tidak secara keseluruhan map dari GTA: V dan ini masuk akal, secara mereka hanya memasukan data-data (seperti video atau screenshot) yang ada di jembatan GTA: V tersebut. Sehingga AI hanya dilatih dari data-data tersebut.

Semua hal di GAN Theft Auto ini semuanya dibuat oleh AI, termasuk bagaimana game ini tidak ada aturan aturan code didalamnya, apalagi code dari game GTA: V itu sendiri, semuanya dibuat oleh AI. Itulah yang membuat game ini makin menarik. Dan bukti bahwa AI sudah semakin berkembang

 

Share yuk !