Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Salatiga – Bicara soal game sulit, tentunya hal yang terpikirkan adalah game-game PS3 atau PS4 seperti Dark Souls, Bloodborne, dan lain-lain. Namun jangan salah sangka, ada juga game-game PS2 yang cukup sulit untuk dimainkan.

Salah satu aspek yang menentukan kesulitan dari game adalah boss. Biasanya boss enemy didesain untuk sulit dikalahkan agar menjadi tantangan tersendiri bagi pemain. Namun ternyata ada juga boss yang didesain terlalu kuat sehingga seringkali membuat pemain frustasi.

Nah kini kita akan membahas soal beberapa boss di game PS2 yang paling sulit untuk dikalahkan. Tentunya setiap pemain punya versi mereka sendiri soal siapa boss yang paling sulit. List ini dirangkum berdasarkan pengalaman penulis dalam menghadapi boss ini. Langsung saja ini dia listnya.

5. Hu Lao Gate Lu Bu (Dynasty Warriors 6)

Diantara semua versi Lu Bu, kebanyakan fans menyebut bahwa Lu Bu versi Dynasty Warriors 6 merupakan salah satu boss yang tersulit.

Berbeda pada seri Dynasty Warriors lain, disini Lu Bu memiliki status “Rage Mode” dimana ia kebal terhadap seluruh Normal Attack. Selain itu damage yang dikeluarkan oleh Lu Bu juga sangat besar, pemain dapat kalah hanya dengan 3-4 serangan dari Lu Bu.

Apalagi ditambah, jika kalian bermain Musou Mode menggunakan Zhao Yun, Zhou Yu dan Xiahou Dun, stage pertama yang akan kalian hadapi adalah Battle of Hu Lao Gate dimana kamu bakal menghadapi Lu Bu dengan equipment atau level yang sangat rendah.

4. Elizabeth (Persona 3)

Elizabeth merupakan superboss yang ada di Persona 3. Ia merupakan pelayan di Velvet Room yang bisa kalian lawan di akhir Bonus Dungeon.

Sama seperti protagonis Persona 3, Elizabeth juga memiliki kekuatan untuk menggunakan bermacam-macam Persona. Selain itu ia memiliki pola serangan dimana jika pemain tidak cermat maka Elizabeth dapat mengeluarkan serangan one-hit kill.

Dalam game versi originalnya, Elizabeth dianggap terlalu sulit untuk dikalahkan sampai-sampai Atlus memberikan nerf kepada Elizabeth di Persona 3 FES.

3. Yiazmat (Final Fantasy XII)

Terkadang boss yang sulit diukur tidak hanya dari damage yang mereka keluarkan, namun lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mengalahkan boss.

Nah contoh terbaik dari tipe boss ini adalah Yiazmat. Yiazmat adalah salah satu superboss yang ada di Final Fantasy XII. Pemain bisa melawan Yiazmat apabila telah menyelesaikan semua Rank VII Mark dan Hell Wyrm.

Hal utama yang menyebabkan Yiazmat sulit dikalahkan adalah jumlah HP yang ia miliki. Jumlah HP yang dimiliki Yiazmat sangat fantastis yakni lebih dari 50 Juta HP!

Karena jumlah HP yang sangat besar membuat pemain menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk mengalahkan boss satu ini.

2. Demi-Fiend (Shin Megami Tensei Digital Devil Saga)

Jika kalian pernah bermain SMT Nocturne pastinya kalian tak asing lagi dengan Demi-Fiend. Yup, Demi-Fiend adalah protagonis utama dari seri SMT Nocturne dan menjadi superboss di SMT Digital Devil Saga.

Bisa dibilang Demi-Fiend adalah Elizabeth Persona 3 namun jauh lebih sulit. Demi-Fiend memiliki pola serangan yang mampu “memanipulasi”. Damage yang ia keluarkan juga sangat besar bahkan sebagian pemain merasa frustasi dan menyerah dalam menghadapi boss satu ini.

1. Absolute Virtue (Final Fantasy XI)

Raid Boss dalam MMORPG biasanya sulit untuk dikalahkan karena didesain untuk dikalahkan oleh pemain dengan jumlah yang banyak. Namun berbeda dengan Absolute Virtue, boss ini tetap sulit untuk dikalahkan meskipun dengan banyak pemain.

Boss ini sama seperti Yiazmat yaitu memiliki jumlah HP yang tinggi. Namun Absolute Virtue memiliki sesuatu yang tidak dimiliki Yiazmat, yakni HP Regen yang tinggi.

Absolute Virtue dapat beregenerasi dengan cepat bahkan para pemain merasa sangat kesulitan dalam mengurangi HP miliknya. Salah satu pemain bahkan bercerita mereka melawan Absolute Virtue selama 18 jam dan menyerah karena HP boss ini sangat “tidak masuk akal”.

Share yuk !