Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Denpasar – Windows 11 Insider Preview pertama akhirnya telah dirilis secara resmi beberapa waktu lalu, banyak perubahan yang dibawa dari Windows 11 ini dibandingkan sistem operasi sebelumnya, yakni , Windows 10. Dimulai dari adanya perombakan besar besaran pada User Interfacenya, seperti icon taskbar sekarang sudah berada di tengah, peletakan menu menu di Windows Setting juga dirombak besar besaran, dan lain lainnya. Nampaknya Windows 11 terlihat lebih berat dibandingkan Windows 10, apakah itu benar?

Banyak di kalangan gamers PC dengan spesifikasi rendah sedikit mengkhawatirkan hal ini, dikarenakan sekilas Windows 11 ini lebih berat dibandingkan Windows 10. Bisa kalian lihat sendiri pada minimum spesifikasi yang diminta adalah CPU dual core dengan kecepatan diatas 1 Ghz atau paling tidak Microsoft percaya diri dengan mengumumkan Intel Core i series generasi kedelapan atau AMD Ryzen series dengan minimum spesifikasinya ditambah dengan minimum 4GB ram.

Dikarena hal tersebut, banyak yang mulai penasaran terhadap performa gaming dari Windows 11 Insider Preview ini, maka dari itu sudah ada beberapa orang mulai mengetes performa gaming di Windows 11 Insider Preview ini dan sekaligus membandingkan performanya dengan Windows 11.

Untuk hasil dari benchmark tersebut bisa kalian lihat dari screenshot berikut:

 

Sebenarnya perubahan performa tidak terlalu signifikan, setidaknya, di game yang di test (Assasins Creed Valhalla, Cyberpunk 2077, Far Cry 5, dan lain lain). Semua game tersebut dijalankan di spesifikasi PC yang sama dan seting grafis yang sama. Terlihat tidak banyak perbedaan performa yang signifikan, setidaknya ada penambahan beberapa FPS, setidaknya ada beberapa game yang fps nya meningkat sekitar 3-7FPS. Terlihat sedikit memang, terutama bagi kalian yang telah mendapat 100FPS diatas, namun bagi kalian yang saat ini memainkan game yang mendapatkan 27FPS, penambahan 3FPS itu perbedaanya sangat signifikan, dari yang kurang nyaman dimainkan jadi jauh lebih nyaman.

Namun sayangnya, tidak semua game yang mendapatkan penambahan FPS seperti screenshot diatas, seperti misalnya Forza Horizon 4 mengalami penurunan sekitar 2-3FPS bahkan ada yang tidak ada peningkatan atau penurunan FPS juga. Walaupun begitu sepertinya, Windows 11 ini tidak lebih berat dibandingkan windows 10. Namun perlu dicatat, ini baru Insider Preview pertama, bukan stable public release, kemungkinan ketika stable public telah rilis akan ada perbedaan performa dengan Windows 11 Insider Preview Pertama ini.

Share yuk !