Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Singkawang – Jaringan internet saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan yang harus dimiliki oleh sebagian orang. Pasalnya, di masa pandemi ini, sebagian orang memerlukan internet yang cepat dan stabil untuk bekerja dari rumahnya.

Nah peneliti gabungan dari National Institute of Information and Communications Technology (NICT) di Jepang baru-baru ini memecahkan rekor untuk internet tercepat di dunia.

Dalam kesempatannya di Internasional Conference on Optical Fiber Communications beberapa waktu lalu, mereka menunjukkan pengujian internet dan berhasil menghasilkan internet secepat 319 Tbps. Kecepatan ini berhasil mengalahkan rekor NICT sebelumnya yang hanya secepat 178 Tbps pada tahun 2020 lalu.

Rekor yang dicapai oleh NICT ini berkali-kali lipat lebih cepat dari internet rumahan biasanya. Menurut NICT, internet rumahan saat ini hanya mencapai kecepatan 10 Gbps saja.

NICT mengungkap mereka hanya menggunakan kabel internet 4 core biasa, namun rahasianya ada pada teknologi tambahan yang dibuat oleh para peneliti NICT.

Dari kabel optik 4 core tersebut, mereka menyalurkan sinyal data melalui jalur yang terpisah menggunakan metode yang diberi nama wavelength-division multiplexing (WDM). Lalu untuk menambah kecepatan dan jarak tempuh data tersebut, mereka menggunakan “pita frekuensi” yang unik dan jarang digunakan pada optik biasanya.

Namun walaupun internet ini sangat cepat, mustahil rasanya untuk direalisasikan pada internet terkini. Sebab kabel 4 core dan 1 core memiliki diameter yang sama, sehingga lebih baik melakukan integrasi kabel yang ada daripada harus merombak seluruh infrastruktur jaringan yang sudah ada.

Share yuk !