Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Kota Bandung RPG merupakan salah satu genre video game yang paling digemari oleh para gamer. Mulai dari The Elder Scrolls, Dragon Quest, Mass Effect, hingga Genshin Impact.Walaupun sama bertipe RPG, genre ini umumnya terbagi menjadi 2 jenis, yaitu JRPG dan Western RPG.

Ada beberapa perbedaan yang bisa diamati dari kedua jenis RPG tersebut. Penasaran? Silahkan simak artikel ini lebih lanjut.

Pemilihan Dialog

Pemilihan dialog dalam JRPG umumnya terlalu memaksa dan sempit. Sementara Western RPG memiliki beragam pilihan yang memiliki konsekuensi tersendiri, seperti game Dragon Age dan Mass Effect yang dikembangkan oleh BioWare. Juga, Western RPG biasanya memiliki morality system dimana pilihan aksi atau dialog akan mempengaruhi nilai moral karakter yang kamu mainkan.

Gameplay

Jauh-jauh hari, kebanyakan game JRPG menggunakan system turn-base combat, seperti contohnya Dragon Quest ataupun Final Fantasy. Namun seiring berjalannya waktu, industri RPG Jepang mulai merubah konsepnya menjadi lebih modern agar lebih menjangkau pasar yang lebih luas.

Story

JRPG biasanya memiliki story yang lebih linear dan pengembangan karakter yang terbatas. Sementara dalam Western RPG, kamu lebih diberi kebebasan dalam mengembangkan karakter yang kamu mainkan. Juga, Western RPG memiliki ending yang lebih beragam dibanding JRPG pada umumnya.

Meskipun story dari JRPG yang relatif terbatas, JRPG biasanya memiliki alur cerita yang lebih emosional. Kamu akan tenggelam berpetualang bersama party dan merasakan rasa gembira maupun sedih seiring berjalannya cerita. Hal ini tentu karena didukung oleh soundtrack JRPG yang lebih powerful pula.

Balancing

Meskipun story relatif lebih mudah diselesaikan, beberapa super boss dalam JRPG akan mampu membuat kamu sangat kesal dan menangis. Bukan tanpa alasan, balancing dalam game JRPG bisa terasa irasional.

Seperti contohnya adalah Yiazmat dalam FFXII yang memiliki jumlah HP kelewat batas sehingga mampu menghabiskan beberapa jam untuk mengalahkannya. Jika tidak hati-hati dalam tengah permainan, kamu bisa kehilangan banyak waktu secara sia-sia.

Design

Design merupakan hal paling mencolok yang mampu membedakan antara JRPG dan Western RPG. JPRG lebih kental dengan unsur fantasi atau anime yang berkesan lebih sempurna, sementara Western RPG nampak lebih realistis.

Namun…

Semua point yang dipaparkan diatas bersifat umum dan tidak terikat dalam aturan tertentu. Beberapa game JRPG pun ada yang memiliki kesamaan konsep dengan Western RPG, Dark Souls salah satu contohnya.

Setelah mengamati perbedaan dan keunikan antara kedua jenis RPG ini, kira-kira mana favoritmu?

Share yuk !