Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Purworejo – Esports yang kita kenal mungkin biasanya menggunakan game-game kompetitif seperti Apex Legends, CS:GO dan Dota 2. Atau kalau di platform mobile, biasanya menggunakan game seperti Mobile Legends, PUBGM, ataupun Free Fire. Tapi percayakan kalian bahwa Microsoft Excel juga telah menjadi sebuah esports?

Sulit dipahami, tapi ini benar adanya. Secara teknis, Microsoft Excel sendiri bukanlah olahraga yang dimainkan, tetapi sebuah financial modeling yang dilakukan menggunakan Microsoft Excel.

Dan baru-baru ini, akun Twitter resmi Microsoft Excel telah mengklaim bahwa financial modeling adalah sebuah esports. Mereka juga mempromosikan kompetisi financial modeling menggunakan Microsoft Excel bernama Financial Modeling World Cup (FMWC).

Namun sebelumnya, apa sih financial modeling itu? Menurut Investopedia, financial modeling adalah proses membuat rangkuman pengeluaran dan pendapatan perusahaan dalam bentuk spreadsheet yang dapat digunakan untuk menghitung dampak dari peristiwa atau keputusan di masa depan.

Financial Modeling World Cup sendiri akan diikuti oleh delapan peserta dari delapan negara. Setiap peserta akan diberikan waktu 40 menit untuk menyelesaikan sebuah soal yang telah disiapkan oleh panitia penyelenggara. Peserta akan diminta untuk memecahkan soal dengan membuat model keuangan dan menjawab beberapa pertanyaan terkait model tersebut.

Peserta Esports Excel

Nantinya hasil model keuangan dari para peserta akan dibagikan kepada penonton. Jadi kalian dapat mempelajari trik yang digunakan para master Excel dalam financial modeling.

Kompetisi ini akan diselenggarakan dengan konsep ‘Multiplayer Battle’ pada 8 Juni dan akan disiarkan langsung dari channel Youtube resmi FMWC. Jadi bagi kalian yang tertarik bisa menontonnya langsung, apalagi kalau kalian adalah seorang akuntan, pasti akan sangat bermanfaat.

Share yuk !