Microsoft Akan Menerapkan Iklan In-Game Untuk Xbox

Yahya Ayasy, 18 April 2022

Microsoft Akan Menerapkan Iklan In-Game Untuk XboxConsole game
Banner Ads

GAMEFINITY.ID Kutai Kartanegara – Microsoft akan menerapkan program periklanan untuk Xbox.

Dikutip dari laman web Kotaku, Microsoft dilaporkan tengah membangun sebuah program baru yang akan mengizinkan brand tertentu untuk memasang iklan di dalam game free to play di platform Xbox.

Laporan yang berasal dari Business Insider ini juga menyatakan bahwa Microsoft dan Xbox akan membuat program periklanan dengan sangat berhati-hati, agar tidak mengganggu pengalaman bermain para penggunanya.

Sistem pengiklanan ini nanti, kemungkinan besar akan muncul dalam bentuk papan Billboard yang dirender secara digital, dan akan ditampilkan dalam game bergenre Racing, hingga Open World.

Kendati demikian, masih belum diketahui seperti apa bentuk lain dari iklan-iklan ini nanti. Apakah akan dalam bentuk kosmetik in-game, atau bahkan dalam bentuk audio hingga video yang diputar secara otomatis dalam permainan.

Business Insider juga masih belum dapat mengonfirmasi, apakah Microsoft dan Xbox telah memiliki daftar pengiklan, juga merk apa saja yang akan muncul dalam sistem iklan baru nanti. Terlepas dari semua itu, sistem iklan in-game ini diperkirakan akan meluncur pada kuartal ketiga tahun ini.

Sementara itu, seorang Juru Bicara dari Microsoft mengatakan bahwa pihaknya masih belum bisa memberikan tanggapan mengenai laporan ini. Ia juga mengatakan bahwa Microsoft akan “selalu mencari cara untuk meningkatkan pengalaman bagi pemain dan pengembang”.

Baca juga: Breath Of The Wild 2 Dinilai Terlalu Bagus Untuk Nintendo Switch

<span style=font size 10pt>Xbox Series X<span>

 

Iklan Untuk Para Gamer

Program iklan in-game ini sepertinya akan menjadi sebuah solusi bagi merk-merk ternama untuk memperkenalkan produk mereka di kalangan para gamer. Mengingat generasi gamer sekarang lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermain game daripada menonton televisi.

Selain itu, laporan juga mengatakan, bahwa Microsoft tidak memiliki niat untuk memotong pendapatan iklan. Bahkan sebaliknya, mereka akan mengizinkan pihak pengembang dan perusahaan periklanan untuk saling berbagi dana.

Mungkin ini adalah salah satu rencana Microsoft untuk menarik lebih banyak pengembang game gratis ke platform Xbox, karena pengiklanan ini bisa membuka aliran pendapatan lain bagi developer diluar microtransaction.

Business Insider juga mencatat bahwa Microsoft telah menjual beberapa space iklan terbatasnya, dalam bentuk iklan dasbor hingga penawaran iklan dalam game tertentu melalui pihak ketiga.

Suka dengan artikel ini?

Jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya hanya di https://gamefinity.id/

author avatar
Yahya Ayasy
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: