Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Purworejo – Microsoft akhirnya resmi mengumumkan Windows 11 tadi malam dalam acara Windows Event. Sebelumnya telah banyak muncul bocoran mengenai Windows 11, bahkan banyak yang telah mencoba Windows 11 versi leak yang telah beredar di internet.

Windows 11 hadir dengan user interface yang lebih fresh dan clean. Hal pertama yang paling terlihat adalah taskbar dan start menu yang kini berada di sisi tengah. Start menu hadir dengan tampilan baru yang lebih rapi dan memudahkan penggunanya dalam mengakses file atau software.

Windows 11

Perubahan lainnya adalah hadirnya widget, ikon dan animasi baru, serta tema dengan transparansi yang membuat Windows 11 lebih terlihat menarik. Microsoft juga memperkenalkan fitur Snap Layouts, Snap Groups, dan Desktops yang membuat pengaturan jendela akan jauh lebih mudah saat multitasking.

Lalu, Bagaimana dengan Gaming?

Untuk kalian para gamer, kalian patut berbahagia. Pasalnya Microsoft telah mengklaim bahwa Windows 11 akan memberikan pengalaman bermain game terbaik untuk para gamer. Bahkan Microsoft menyebut bahwa Windows 11 adalah Windows terbaik untuk gaming.

Windows 11

Microsoft menghadirkan beberapa fitur yang dapat meningkatkan pengalaman bermain game kalian di Windows 11 yaitu Auto HDR, DirectStorage, dan Xbox Game Pass untuk PC.

Auto HDR adalah fitur yang sebelumnya telah hadir di Xbox Series X|S. Dengan Auto HDR, Windows akan secara otomatis menambahkan peningkatan High Dynamic Range (HDR) ke dalam game yang menggunakan DirectX 11 keatas. Alhasil gambar yang dihasilkan akan terlihat lebih tajam.

Sementara itu, DirectStorage akan memungkinkan game untuk memuat aset ke VGA card tanpa menghambat kinerja CPU. Hal ini akan mempercepat load times dan render dalam game. Fitur ini hanya akan tersedia di Windows 11 yang tentunya didukung dengan NVMe SSD dengan performa yang tinggi.

Xbox Games Pass di PC kini akan jauh lebih mudah untuk diakses karena sekarang Windows 11 terintegrasi langsung Xbox. Selain itu, dengan Game Pass Ultimate, kalian akan bisa mengakses Xbox Cloud Gaming sehingga kalian memainkan game terbaru di spek kentang sekalipun asal mempunyai internet yang kencang.

Khusus untuk kalian yang sering main game android pakai emulator, lagi-lagi kalian patut berbahagia. Pasalnya Microsoft akan menghadirkan aplikasi Android ke Windows 11 dengan Amazon Appstore. Benar sekali, aplikasi dan game android sekarang bisa dijalankan di Windows 11 tanpa harus menggunakan emulator.

Windows 11

Kapan Windows 11 Rilis?

Windows 11 sendiri dijadwalkan akan rilis musim liburan tahun ini. Tidak ada tanggal pasti tapi kemungkinan sekitar bulan November hingga Desember. Khusus untuk kalian yang terdaftar dalam Windows Insider, kalian bisa mencoba Windows 11 beta yang akan tersedia mulai tanggal 28 Juni mendatang. Satu lagi, Windows 11 akan tersedia secara gratis bagi pengguna Windows 10 selama komputer kalian memenuhi spesifikasi minimum Windows 11.

Gimana? Tertarik untuk upgrade ke Windows 11? Atau ingin tetap di Windows 10?

Share yuk !