Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Denpasar – OneXPlayer adalah sebuah handheld gaming PC yang memiliki ukuran layar sebesar 8.4″, handheld gaming PC ini memiliki spesifikasi yang tidak tanggung tanggung, handheld gaming PC ini dapat menggunakan Core i7 generasi ke-11 didalamnya di seri tertingginya. Secara kasar OneXPlayer ini mirip seperti PSP ataupun Nintendo Switch namun dengan ukuran yang jauh lebih besar.

OneXPlayer ini menggunakan Intel Tigerlake-U dipadukan dengan Intel XE sebagai GPU-nya, di semua konfigurasinya OneXPlayer ini memiliki kapasitas RAM sebesar 16GB, kalian bisa mengkonfigurasi penyimpanannya hingga 2TB SSD Nvme dan yang terakhir, OneXPlayer menggunakan baterai sebesar 59 Wh. Sebagai perbandingan, Asus Tuf FX504GD memiliki baterai sebesar 48 Wh dengan ukuran layar sebesar 15,6″.

OneXPlayer ini bukanlah handheld gaming PC pertama, beberapa waktu lalu GPD telah mengumumkan GPD Win 3 sebagai handheld gaming PC mereka dan diikuti oleh Aya dengan Aya Neo mereka. Dari kedua handheld tersebut, OneXPlayer lah yang memiliki ukuran layar terbesar. OneXPlayer memiliki layar seluas 8,4″, Aya Neo sebesar 7″ dan yang terkecil GPD Win sebesar 5,5″. Jadi jangan harap kalian bisa memasukan OneXPlayer ke dalam kantong celana kalian.

Jikalau kalian penasaran, berat dari OneXPlayer ini adalah sekitar 825 Gr dengan ketebalan 2,5Cm atau sekitar setebal 2,5x Iphone 12 Pro. Cukup masuk akal handheld gaming PC ini setebal itu, dikarena OneXPlayer harus mendinginkan CPU Intel Tigerlake-U ini yang memiliki TDP sebesar 20-28 Watt, mereka benar-benar meras performa dari Tigerlake-U ini hingga ke titik penghabisannya oleh dikarena itu mereka memasukan 2 fan yang terbukti dari adanya 2 lubang intake dibelakang.

Dikarenakan OneXPlayer ini menggunakan CPU ULV dengan iGPU Intel XE diharapkan kalian sedikit menurunkan ekspetasi bermain game dari handheld gaming PC ini, Intel XE memang sudah cepat tapi belum bisa mengalahkan dedicated GPU seperti GTX 1050 dari Nvidia. Handheld gaming PC ini bisa digunakan untuk bermain game kelas PC desktop saja sudah lebih dari impresif walaupun di setting low.

OneXPlayer ini disatu sisi dapat dikatakan sebagai netbook yang powerfull, secara kasar OneXPlayer ini tidak ada bedanya seperti laptop notebook pada umumnya hanya saja ukurannya yg seperti netbook, dan adanya joystick permanen di kiri dan kanannya.

Sehingga OneXPlayer ini memiliki aksesori berupa keyboard cover jika penggunanya ingin menggunakan OneXPlayer seperti netbook. Port yang dimiliki oleh OneXPlayer ini bisa dikatakan lengkap, karena memiliki 2x USB Type-C (40Gbps, tidak diketahui support Thunderbolt atau tidak), 1x USB Type-A, 1x Micro-SD Card, 1x 3.5mm Jack Audio.

Jikalau kalian penasaran dengan spesifikasinya, berikut merupakan spesifikasi dari OneXPlayer

  • CPU: Intel Core i5-1135G7 hingga Intel Core i7 1185G7
  • GPU: Intel XE (80 EU untuk Intel Core i5-1135G7, 96 EU untuk semua Intel Core i7)
  • RAM: 16GB DDR4 (Dual Channel)
  • penyimpanan: 512GB – 2TB SSD Nvme
  • Layar: 8,4″ 2560×1440 IPS (Diklaim 100% sRGB)

Harga yang dibandrol oleh OneXPlayer relatif masuk akal dan terkesan relatif murah untuk sebuah netbook/notebook/handhecd gaming PC (terserah kalian meyebutnya apa) karena OneXPlayer ini bisa dimasukan ke dalam ranah Ultrabook.

  • Untuk “Standard Edition” dengan konfigurasi Intel Core i5-1135G7 dan 512GB SSD, dengan retail price sebesar $1059
  • Untuk “Pro Edition” dengan konfigurasi Intel Core i7-1165G7 dan 1TB SSD, dengan retail price sebesar $1159
  • Untuk “Ultimate Edition” dengan konfigurasi Intel Core i7-1185G7, dengan retail price belum diumumkan namun super early bid dihargai sebesar $1499.
Share yuk !