Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Singkawang – Di era digital ini, semua pekerjaan dan kegiatan lebih banyak dilakukan secara online dan di dalam rumah. Tak menutup kemungkinan anak-anak akan kecanduan terhadap game online sehingga pengetahuannya tentang permainan tradisional tidak ada.

Ketakutan anaknya akan kecanduan game online itulah yang menjadi alasan warga RT 04 RW 01 Desa Balapulang Wetan Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal membuat hal unik ini. Mereka membuat tempat yang dinamakan jalan edukatif.

Jalan Edukatif ala Warga Desa Balapulang

Jalan edukatif ini terletak di sebuah gang di RT tersebut. Dalam gang ini terdapat berbagai gambar game tradisional, mulai dari lari zig zag, jalan miring, ular tangga, meniti, merayap, main congklak, main simbar, jintot, gotri, jangka, hingga sigog ada dalam gang tersebut.

Gang ini dibuat pada tahun 2020 lalu dan idenya digagaskan oleh 3 emak-emak, dengan tujuan agar para anak tidak kecanduan game online.

Awalnya termotivasi gang warna-warni biar lingkungan semakin meriah dan indah dipandang. Sekarang kan orang suka berselfi. Sehingga terciptalah gang warna-warni. Namun sejak adanya COVID-19, anak harus memegang handphone untuk pembelajaran online di rumah. Mereka perlu direfresh dengan permainan yang membuat bergerak,” ujar salah satu warga.

Untuk modal pengecetan dikumpulkan dari hasil sumbangan warga. Mengecet atau menggambar jalan dilakukan langsung oleh emak-emak dan dibantu warga lainnya.

Share yuk !