Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Salatiga – Bermain game kompetitif memang seru dan menyenangkan. Namun ketika kamu dihadapkan berbagai masalah seperti koneksi buruk atau tim yang toxic, rasa menyenangkan tersebut seketika berubah menjadi menyebalkan.

Sebelumnya penulis telah membahas soal bahaya bermain game kompetitif terhadap kesehatan mental. Dan salah satu cara agar menghindari penyakit mental karena bermain game kompetitif adalah menerapkan mindset Positive Mental Attitude atau PMA.

Positive Mental Attitude yaitu sebuah konsep mindset yang diperkenalkan oleh Napoleon Hill pada tahun 1937. Menurut Napoleon Hill, PMA adalah menerapkan mindset positif dalam melakukan sesuatu untuk mencapai hasil yang maksimal.

Tentunya penerapan PMA ini juga berlaku dalam bermain game kompetitif. Para pro player menerapkan PMA ketika bermain secara kompetitif karena manfaatnya yang sangat luar biasa.

Lalu apa pentingnya menerapkan Positive Mental Attitude dalam bermain game kompetitif dan apa saja manfaatnya? Mari kita bahas bersama.

Meningkatkan Kesempatan untuk Menang

PMA dapat meningkatkan kerjasama tim

Menerapkan Positive Mental Attitude dapat membantumu untuk memenangkan sebuah game. Ketika pikiranmu terisi dengan vibes yang positif kamu dapat berkonsentrasi secara penuh. Konsentrasi dan fokus yang tinggi tentunya dapat mempengaruhi gameplay dan decision making menjadi lebih baik.

Selain itu PMA dapat membuat kerjasama dalam tim menjadi jauh lebih baik. PMA dapat meningkatkan komunikasi dan teamwork yang solid sehingga meningkatkan kesempatan kamu untuk menang.

Mengurangi Stress Ketika Bermain

Stress dan amarah bisa diredam dengan PMA

Jika kamu sering stress karena mengalami kekalahan, cobalah menerapkan PMA ketika bermain. Salah satu manfaat terbesar dalam menerapkan PMA adalah mengurangi stress ketika bermain.

Saat bermain game kompetitif, kalian akan dihujani oleh berbagai vibes negatif yang bisa membuatmu stress. Vibes negatif dapat datang dari teammate yang toxic, koneksi yang buruk, mengalami kekalahan, dan lain-lain. Dan jika stress dan vibes negatif menumpuk akibatnya sangat buruk untuk kesehatan mental.

Nah, dengan menerapkan PMA kalian bisa memblok seluruh vibes negatif yang kamu dapatkan dari game. Ketika bermain dengan PMA kamu tidak akan terserap oleh suasana negatif yang didapatkan dari segala masalah yang kamu dapatkan. Dan juga apabila kamu mengalami kekalahan kamu tidak akan merasa stress dan dapat memulai game baru dengan pikiran yang fresh.

Meningkatkan Skill

Pro player menerapkan PMA untuk meningkatkan skill dan meraih kesuksesan

Ingin tahu mengapa pro player seperti Lemon, Miracle-, S1mple punya skill yang luar biasa? Salah satu rahasianya adalah mereka menerapkan PMA saat bermain.

Pro player sejago apapun tentunya pernah mengalami kekalahan. Namun penerapan PMA pada pro player sangat mempengaruhi sikap mereka ketika menerima kekalahan. Mereka lebih bijak dan berpikir positif dalam menyikapi kegagalan.

Dengan pikiran yang positif kamu dapat introspeksi terhadap diri sendiri tentang apa yang harus diperbaiki dari game sebelumnya dan mencoba untuk bermain lebih baik kedepannya. Tentunya hal tersebut jauh lebih bermanfaat dibandingkan marah-marah dan menyalahkan teammate atau koneksi yang buruk saat mengalami kekalahan.

Itu tadi beberapa manfaat dan alasan mengapa sangat penting menerapkan PMA dalam bermain game kompetitif. Dengan menerapkan pikiran yang positif, menguasai diri dan bijak dalam menyikapi kegagalan, kamu akan berhasil dalam bermain game apapun. Mindset yang positif menciptakan hasil yang positif pula.

Yuk sudahi toxicmu, mari ber-PMA bersamaku!

Share yuk !