Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Salatiga – Pernah nggak kalian merasa hampa atau merasa kehilangan setelah menamatkan game yang kalian sukai dan kalian mainkan selama ratusan jam? Jika iya, maka kalian pernah terkena sindrom Post-Game Depression.

Post-Game Depression adalah suatu kondisi dimana gamers merasa kesepian maupun hampa setelah pemain berhasil menyelesaikan game yang sangat disukai. Perasaan ini tidak hanya terbatas pada game saja. Kalian bisa mengalami Post-Game Depression setelah menyelesaikan marathon TV series, drama Korea, Anime, dan lain-lain.

Penyebab Post-Game Depression

Post-Game Depression sendiri disebabkan oleh gamers yang perasaannya terhubung erat dengan game yang mereka cintai. Ketika memainkan game yang mereka cintai, mereka akan tenggelam di dalam dunia game yang menakjubkan dan mengembangkan hubungan emosional dengan game itu sendiri. Dan ketika mereka harus berpisah dengan dunia game tersebut mereka akan merasa seperti kehilangan sesuatu di dalam dirinya.

Tenang, Post-Game Depression bukanlah penyakit mental ataupun gangguan jiwa kok. Menurut peneliti hal ini wajar dan menunjukkan bahwa kesehatan emosional dan daya imajinasi kita sehat. Namun apabila berlanjut maka berbagai masalah akan timbul hingga mempengaruhi kehidupan secara nyata.

Karena begitu banyak orang mengalami Post-Game Depression yang dapat mempengaruhi kehidupan mereka selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan, penulis ingin berbagi beberapa ide tentang cara mengatasinya.

Sayangnya tidak ada solusi yang sama untuk semua orang, tapi kalian mungkin menemukan solusi dari tips ini dan dapat membantu menghilangkan Post-Game Depression. Berikut ini beberapa tips menghilangkan Post-Game Depression.

Langsung Berpindah ke Game Lain Setelah Tamat

Salah satu cara yang lebih jelas untuk mengatasi Post-Game Depression adalah dengan mencoba mempersingkatnya secepat mungkin dengan memulai game lain setelah menamatkan game sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk memperpendek perasaan hampa tersebut dan segera berfokus dengan game yang lain.

Tips ini bisa dibilang hit or miss. Beberapa orang mengatakan bahwa cara ini berhasil dan beberapa orang berkata cara ini gagal dan malah membuat mereka tidak menikmati game baru yang ia mainkan.

Lebih Jauh Mendalami Game Tersebut

Apabila kalian sudah tenggelam dalam dunia game yang kalian sukai, maka kalian bisa coba mendalami dunia game tersebut. Kalian bisa mencoba mencari media lain yang berhubungan dengan game yang kalian minati. Contohnya apabila kalian menikmati Final Fantasy XV kalian bisa menonton seri anime Brotherhood Final Fantasy XV atau membaca light novelnya.

Atau mungkin kalian bisa membaca wiki/lore game dan mencari fakta dan teori terkait game tersebut. Dengan ini kalian akan tetap merasa terikat dengan game yang kalian sukai setelah tamat.

Berdiskusi Dengan Penggemar Lain

Salah satu cara paling membantu yang penulis temukan untuk mengatasi Post-Game Depression adalah berhubungan dengan orang lain yang sedang atau telah terikat dengan game yang sedang kalian coba untuk dilepaskan.  Berhubungan dengan penggemar lain yang juga merasakan Post-Game Depression akan mengurangi rasa kesepian kalian dalam mengatasi sindrom ini.

Kalian bisa menemukan teman untuk berdiskusi lewat Subreddit, server Discord ataupun komunitas khusus game yang kalian sukai.

Share yuk !