Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Singkawang – Gadget kini telah menjadi kebutuhan utama sebagian besar orang. Namun tampaknya gadget juga membawa dampak buruk bagi sebagian orang jika kecanduan.

Rumah Sakit Jiwa di Jawa Barat mencatat sudah ada ratusan anak yang stress dan mengalami gangguan kejiwaan akibat kecanduan game online dari gadgetnya.

Data tersebut terungkap ketika Wakil Gubernur Jawa Barat mengunjungi sebuah Rumah Sakit Jiwa di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat pada Februari lalu. Ia datang dengan tujuan ingin menjenguk ratusan pasien yang kecanduan gadget tersebut.

Sepanjang 2020, RSJ Jabar mencatat ada sekitar 104 pasien yang pergi untuk konsultasi ke Klinik Kesehatan Jiwa Anak terkait masalah kejiwaan akibat kecanduan game online. Yang terkonfirmasi mengalami gangguan kejiwaan murni karena game online sebanyak 4 orang.

Direktur RSJ Provinsi Jawa Barat Elly Marliyani menjelaskan tak dipungkiri lagi kehidupan dimasa pandemi ini membuat anak sibuk terhadap gadget yang mereka miliki. Sehingga ada kemungkinan besar anak akan menjadi kecanduan terhadap gadget dan game onlinenya.

Elly menyebut gejala yang ditimbulkan akibat kecanduan game online salah satunya adalah perubahan perilaku anak. Perubahan mood termasuk iritabilitas, kemarahan dan kebosanan, gangguan pola tidur dan kualitas tidur yang buruk, depresi dan cemas serta risiko bunuh diri.

Gejala lain terlihat pada masalah kondisi fisik, buruknya kondisi kesehatan secara umum, gizi buruk, kehilangan teman di dunia nyata, konflik orang tua, serta rusaknya produktivitas belajar,” ujar Elly menjelaskan.

Share yuk !