Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Denpasar – Kita telah mengetahui bahwa Samsung bekerjasama dengan AMD untuk membuat SoC Samsung Exynos kedepannya, yakni Exynos 2200. Tapi bagaimana prakiraan dari performa SoC satu ini?

Ada rumor yang kuat mengatakan bahwa SoC Samsung Exynos 2200 ini akan menggunakan GPU 6 Core RDNA 2 dari AMD. Sebagai perbandingan saja, Steam Deck yang baru saja dirilis beberapa hari lalu dari Valve, menggunakan GPU 8 Core RDNA 2 dari AMD. Performa dari 8 Core RDNA 2 ini tidak main main, Steam Deck mengiklankan bahwa device mereka dapat memainkan game AAA (secara relatif) terbaru yang ada di platform PC seperti game Control .

Jadi seberapa cepat 6 Core RDNA 2 ini nantinya? GPU RDNA 2 dengan konfigurasi terkecil untuk saat ini ada di Steam Deck dengan 8 Core RDNA 2, lalu dikarenakan SoC ini akan digunanakn di ponsel, TDP dari SoC ini juga akan jauh lebih kecil dibandingkan Steam Deck. Prakiraan peforma dari SoC Samsung Exynos 2200 ini ada di sekitar 66-75% dari performa Steam Deck.

Performa ini jauh lebih cepat dibandingkan Nintendo Switch dan bisa dikatakan performa ini diatas dari Xbox One (performa Xbox One sekitar 1.3 TFLOPS). Dapat diekspektasikan SoC Samsung Exynos 2200 dapat memainkan game AAA sekelas AAA console.

Sekarang, misal, SoC Samsung Exynos 2200 ini performanya sesuai dengan ekspektasikan, yang jadi masalah adalah ketersediaan judul game saja yang dapat mengeluarkan seluruh potensi dari SoC tersebut. Ya kali cuma Genshin Impact (setidaknya Genshin Impact masih menjadi game AAA di platform mobile) yang bisa mengeluarkan potensi SoC ini.

Share yuk !