Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Purworejo – Saat ini ray tracing telah digadang-gadang menjadi salah satu fitur penting yang dapat meningkatkan pengalaman saat bermain game. Dengan ray tracing, visual yang dihasilkan akan sangat memanjakan mata.

Seperti yang kita tau, ray tracing hanya hadir di VGA seri RTX dan RX 6000 serta konsol next-gen saja. Tapi apakah kalian pernah terbayang fitur ray tracing hadir di sebuah smartphone?

Baru-baru ini dalam acara Computex 2021, AMD mengumumkan bahwa telah bekerja sama dengan Samsung untuk menghadirkan chipset Exynos dengan arsitektur GPU RDNA 2 ke smartphone flagship dari Samsung.

ray tracing

“Tempat berikutnya yang akan Anda temukan RDNA 2 adalah pasar ponsel berperforma tinggi. AMD telah bermitra dengan pemimpin industri Samsung untuk mempercepat inovasi grafis di pasar ponsel, dan kami dengan senang hati mengumumkan bahwa kami akan menghadirkan custom graphics IP ke SoC flagship Samsung berikutnya, dengan kemampuan ray-tracing dan variable rate shading. Kami sangat menantikan Samsung memberikan lebih banyak detail akhir tahun ini,” kata Dr. Lisa Su, Presiden dan CEO dari AMD dalam acara Computex 2021.

Dari penjelasan diatas, chipset Exynos ini akan dibekali GPU dengan kemampuan ray tracing dan variable rate shading. Hadirnya ray-tracing ini juga akan menjadi yang pertama kali di pasar smartphone.

Walaupun saat ini kita tidak tau nantinya akan seperti apa implementasinya, tapi hadirnya kemampuan ray tracing merupakan peningkatan yang signifikan dari perkembangan chipset sebuah smartphone. Selain itu, ini merupakan fitur penting yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan S0C kedepannya.

Kerja sama AMD dengan Samsung sebenarnya telah terjalin sejak tahun 2019 yang lalu. Dan ini merupakan hasil kolaborasi yang sangat mengejutkan sekaligus menggembirakan. Kemungkinan hasil kolaborasi ini baru akan hadir pada Samsung Galaxy S22 tahun depan, namun kita tunggu saja pengumuman lebih lanjut dari Samsung.

Gimana, pasti gak sabar kan untuk mencoba ray tracing di smartphone?

Share yuk !