Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Denpasar – Akhir akhir ini laptop “Merah Putih” sedang banyak diperbincangkan di karena spesifikasi yang dibawa bisa dikatakan sangat rendah, tapi yang paling menarik adalah laptop ini menggunakan ChromeOS. ChromeOS ini bisa dikatakan sanat jarang diperbincangkan di Indonesia, dan masih banyak yang awam tentang ChromeOS ini.

ChromeOS ini merupakan sistem operasi yang dikeluarkan dan dibuat oleh Google, ChromeOS ini berbasis dari Linux sehingga ChromeOS ini bisa didapatkan secara gratis dan bebas untuk digunakan. ChromeOS ini dirilis pertama kali pada tanggal 5 Juli 2011.

ChromeOS ini merupakan sebuah sistem operasi pada komputer, layaknya sistem operasi Windows dan macOS hanya saja ChromeOS ini lebih didesain untuk pengguna “harian”, maksudnya adalah pengguna yang keseharian hariannya tidak lebih menggunakan laptopnya sebagai perangkat untuk menyelesaikan tugas tugas perkantoran, perkuliahan, sekolahan ataupun untuk media enteraiment. User Interface dari ChromeOS ini juga simpel dan mudah digunakan. Pada awalnya ChromeOS ini ditujukan kepada notebook/netbook entry-level agar orang orang dapat membeli laptop dengan harga terjangkau namun nyaman digunakan, tapi untuk saat ini terdapat juga laptop ChromeBook kelas flagship seperti Samsung Galaxy ChromeBook 2.

Untuk menjalankan ChromeOS ini tidak memerlukan spesifikasi yang tinggi agar nyaman digunakan, tidak seperti Windows yang bisa dikatakan membutuhkan spesifikasi yg jauh lebih tinggi agar nyaman digunakan.

ChromeOS ini sebagian besar memerlukan internet untuk menggunakannya, bisa dikatakan segala aplikasi yang ada di ChromeOS ini berbasis web (web apps), walaupun kalian dapat menggunakan laptop ChromeOS secara offline, namun experience kalian tidak akan terlalu nyaman atau lengkap. Maka dari itu ChromeOS bisa dikatakan sebagai sistem operasi yang berbasis cloud, makanya tidak jarang bukan laptop ChromeBook hanya memiliki penyimpanan 32GB bukan?

Semua laptop dengan ChromeOS keluaran terbaru akan memiliki akses ke Playstore, yang berarti kalian dapat mendownload dan menjalankan aplikasi dari Playstore. Ya, kalian dapat menjalankan aplikasi yang ada di ponsel Android kalian di ChromeOS, hanya saja tidak semua aplikasi kompatibel dengan laptop ChromeOS. Tapi setidaknya bisa bukan?

Karena ChromeOS ini tidak membutuhkan spesifikasi yang tinggi, dan OS ini sendiri bisa dikatakan sangat ringan, jadi kalian dapat berekspektasikan laptop dengan ChromeOS ini akan memiliki daya tahan baterai yang tahan lama, sehingga cocok bagi pelajar ataupun yang suka berpergian.

Perlu dicatat, kalian tidak dapat menggunakan aplikasi yang ada di sistem operasi Windows maupun di MacOS, bisa dikatakan ChromeOS ini kompatibilitas aplikasi desktop sangat terbatas, contohnya, di ChromeOS tidak ada aplikasi Adobe Illustrator desktop ataupun Luminar 4 AI. Jangan harap juga kalian dapat bermain game AAA di ChromeOS, karena game AAA untuk ChromeOS itu tidak ada, kecuali kalian mau berlangganan dengan google stadia atau cloud gaming services lainnya.

Jadi kesimpulannya adalah (secara simpelnya) apapun yang kalian lakukan di browser kalian saat ini, bisa dilakukan dengan lancar di ChromeOS, selebihnya dari itu tidak bisa, setidaknya ada support aplikasi android yang hanya bisa di download dari Playstore sehingga ChromeOS ini sangat cocok untuk para pelajar atau mahasiswa atau pegawai kantoran.

Share yuk !