Seorang Fans Habiskan Lebih Dari 400 Jam untuk Buat Map GTA V dengan 3D Printer

Eko Setiyawan, 11 Agustus 2021

Seorang Fans Habiskan Lebih Dari 400 Jam untuk Buat Map GTA V dengan 3D PrinterGame
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Purworejo – Dom Riccobene, seorang fans GTA V yang juga seorang desainer produk ini telah menghabiskan lebih dari 400 jam untuk membuat map 3D GTA V menggunakan 3D printer. Yang mengesankan, map buatannya ini dibuat dengan sangat akurat dan detail seperti yang terdapat dalam gamenya.

Dilansir dari GamesRadar, Riccobene telah memulai proyek ini pada April atau Mei yang lalu. Awalnya, dia berencana untuk membuat map Red Dead Redemption 2. Namun karena topografi pada map RDR2 jauh lebih rumit, dia memutuskan untuk fokus membuat map GTA V terlebih dahulu nantinya bisa mengerjakannya lebih baik.

Riccobene menggunakan script khusus untuk memindai topografi dari medan hingga bangunan dengan ketinggian dalam radius 500-1000 meter di sekitar pemain. Dia juga menggunakan mod untuk menghilangkan semua air agar bisa memindai topografi dasar laut dengan akurat.

Dia memindai 500 juta koordinat dalam game dan mengubahnya menjadi koordinat peta Bumi yang sebenarnya. Hal ini memungkinkannya untuk dapat memanipulasi, memproses dan menganalisisnya dengan software pemetaan dan kartografi profesional.

GTA V

Setelah semua itu selesai, Riccobene mulai mencetak map GTA V dengan 3D printer-nya. Map yang akan dia cetak dibagi menjadi serangkaian segmen tile yang lebih kecil. Mencetak setiap tile bisa memakan waktu antara 1,5 hingga 12 jam tergantung pada ketinggian medan dan detail bangunan. Proses mencetak seluruh map GTA V ini sendiri memakan waktu hingga 125 jam. Namun, proses penyelesaian proyek termasuk penelitian, pengumpulan data serta penyempurnaan dari awal hingga akhir menghabiskan waktu lebih dari 400 jam.

Meskipun hal ini memakan banyak waktu dan proses, namun Riccobene merasa sangat senang dan tertantang melakukannya.

Ketertarikan Riccobene dalam membuat 3D map dari game ini didorong oleh pandemi virus corona yang telah menghambat pekerjaan aslinya yaitu sebagai desainer sistem paving beton yang mana memerlukan data di dunia nyata. Jadi, untuk mengisi waktu luangnya, Riccobene akhirnya melakukan proyek yang luar biasa ini.

Setelah ini selesai, dia akan melanjutkan rencana sebelumnya yaitu mengerjakan proyek serupa pada map RDR2. Bahkan, di masa mendatang dia juga punya rencana untuk mencetak map The Legend of Zelda: Breath of the Wild hingga Skyrim. Patut kita tunggu hasilnya.

author avatar
Eko Setiyawan
Seorang casual gamer yang tertarik dengan hal-hal yg berkaitan dengan PC, konsol serta gaming hardware.
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: