Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Kota Bandung — Menurut beberapa forum yang ada di internet, mayoritas player cenderung lebih menyukai JRPG dibanding dengan video game RPG Barat. Hal tersebut dikarenakan JRPG memiliki story yang lebih emosional, desain karakter yang unik, dan beragam alasan lainnya.

Tak hanya di PC atau Konsol, jumlah JRPG di mobile juga lebih mendominasi, baik datang dari perusahaan kecil maupun besar. Bahkan ketika ditanya tentang RPG, mereka akan lebih mudah mengingat RPG seperti Final Fantasy dibanding The Elder Scrolls yang juga sama-sama memasuki pasar mobile. Hal tersebut menjadi salah satu realita yang menunjukkan antusiasme mereka terhadap JRPG yang lebih tinggi.

Namun dari sekian bangak JRPG yang ada di mobile, tidak semuanya memiliki keunikan dan kualitas yang baik. Hingga akhirnya kini, kami telah merangkum 5 judul JRPG yang layak untuk dimainkan pada smartphone anda.

5. Chrono Trigger

Chrono Trigger merupakan game konsol klasik yang diciptakan oleh Square (Square Enix) di platform SNES pada pada tahun 1995. Kemudian Square merilis kembali game ini di platform PlayStation pada tahun 1999, disusul menjadi bagian dari Final Fantasy Chronicles tahun 2001.

Fun Fact : Chrono Trigger merupakan RPG pertama yang memiliki multiple ending sebenarnya!

Chrono Trigger juga melibatkan desainer terkemuka dalam produksi mereka. Sebut saja Akira Toriyama yang juga menjadi seorang mangaka dari Dragon Ball. Tak hanya itu, Nobuo Uematsu juga ikut melibatkan diri pada produksi Chrono Trigger sebagai seorang composer.

Secara singkat, game ini menceritakan tentang beberapa pemuda yang terlempar ke masa depan dan mengetahui bahwa dunia akan segera hancur. Mereka akan mencegah hal tersebut terjadi dengan menjelajahi sejarah dari masa ke masa.

4. Ys Series

Digadang-gadang sebagai “The Godfather of JRPG Sagas”, Ys franchise pertama kali dikembangkan oleh Nihon Falcom di platform NEC PC-8801 pada tahun 1987.

Hingga saat ini, Ys telah memiliki 9 judul utama beserta dengan spin-offnya yang dikabarkan telah terjual sebanyak 4.8 Juta copy dari beberapa platform. Penjumlahan tersebut belum terhitung dengan Lacrimosa of Dana dan juga Monstrum Nox yang masing-masing dirilis pada tahun 2018 dan 2019.

Untuk port Ys franchise di mobile hanya tersedia 2 judul yaitu Ys Chronicles 1 dan juga Ys Chronicles 2 yang dipublikasikan oleh perusahaan bernama Dotemu. Kami pernah mendengar kabar bahwa akan kehadirannya remake dari Lacrimosa of Dana di mobile pada tahun 2019, namun rumor tersebut kini hilang tanpa adanya kabar lebih lanjut. Akan menjadi kejutan di waktu mendatang, sepertinya?

3. Dragon Quest Series

Dikenal sebagai Dragon Warrior sebelumnya, game ini pertama kali dirilis oleh Square dan Nintendo pada tahun 1986 yang kini telah memiliki 11 jumlah instalasi utama beserta beberapa spin-off lainnya. Tak hanya berbentuk video games, Dragon Quest juga diadaptasikan menjadi manga, anime, dan novels.

Fun Fact : Toriyama merupakan fans besar dari Dragon Quest

Sama seperti dengan Chrono Trigger, Akira Toriyama juga terlibat dalam proses desain karakter dari dunia Dragon Quest. Jadi mungkin anda akan melihat beberapa kesamaan desain, baik dari Chrono Trigger, Dragon Quest, maupun Dragon Ball.

Sejauh ini Square Enix telah merilis ulang beberapa instalasi utama dari Dragon Quest di mobile, mulai dari Dragon Quest hingga Dragon Quest VIII. Kemudian disusul oleh beberapa spin-off, diantaranya seperti Dragon Quest Tact dan juga The Adventure of Dai.

2. Mana Series

Dikenal juga sebagai Seiken Densetsu (The Legend of Sacred Sword), Mana Series merupakan video game fantasy yang diciptakan oleh Koichi Ishii. Seiken Densetsu original merupakan sebuah bentuk spin-off dari Final Fantasy yang menjadi JRPG andalan bagi Square Enix. Namun kemudian elemen-elemen tersebut dihapus pada instalasi kedua yang kemudian melahirkan franchise sendiri.

Game ini pertama kali dirilis pada tahun 1991 dengan sebutan Final Fantasy Adventure (NA) dan Mystic Quest (EU), kemudian disusul oleh Secret of Mana (1993), Trials of Mana (1995), Legend of Mana (1999), dan beberapa judul lainnya yang kemudian dirilis pada tahun-tahun setelahnya.

Pada platform mobile sendiri, Square Enix telah merilis 3 judul utama dari Mana Series yang bisa anda coba. Baik Secret of Mana, Adventures of Mana, bahkan remake dari Trials of Mana yang menurut kami mengesankan.

Honorable Mentions

Dibalik judul JRPG terkemuka yang telah kami sebutkan sebelumnya, rasanya sangat kurang apabila kami tidak menyebutkan beberapa judul underrated lainnya yang layak untuk dicoba. Berikut adalah beberapa judul menarik lainnya :

  • Valkyrie Profile : Lenneth
  • SaGa Franchise
  • The World Ends With You
  • Chaos Rings 3
  • Another Eden

1. Final Fantasy Series

Final Fantasy merupakan video game yang diciptakan oleh Hironobu Sakaguchi pada tahun 1987 dengan total sebanyak 15 instalasi utama beserta dengan belasan spin-off lain yang berevolusi dari turn-based RPG hingga action RPG.

Dari sekian banyaknya judul Final Fantasy, game ini sebenarnya merupakan stand-alone dengan plot dan desain karakter yang berbeda. Namun dibalik hal tersebut, Final Fantasy games memiliki koneksi elemen dari satu dengan yang lainnya seperti dari nama karakter, monsters, Warriors of Light, dan beberapa konsep lainnya yang terhubung satu sama lain.

Mengingat game ini menjadi ikon terbesar dari dunia RPG, anda mungkin tidak akan kaget bila mendengar bahwa Final Fantasy telah berhasil menjual sebanyak lebih dari 159 juta copy dari keseluruhan video games mereka. Hal tersebut merupakan jumlah fantastis bila dibandingkan dengan judul-judul yang telah kami sebutkan sebelumnya.

Fun Fact : Nobuo Uematsu hanya membutuhkan waktu 5 menit untuk menciptakan lagu “Prelude” yang kini menjadi melodi ikonik Final Fantasy

Square Enix telah merilis banyak judul Final Fantasy di platform mobile. Mulai dari judul utama lengkap dari Final Fantasy I hingga IX, diikuti oleh beberapa spin-off berupa free-to-play games maupun berbayar seperti War of The Lions.

Jadi setelah anda membaca semua tulisan diatas, JRPG mana yang membuatmu tertarik?

Share yuk !