Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Tanjung Balai Karimun – Jika saat ini dunia E-sport sedang naik daunnya, dimana banyak sekali game online yang di pertandingkan bahkan sampai ke kanca dunia yang memperebutkan hadiah jutaan dollar, lain halnya dengan yang dilakukan oleh para mahasiswa Universitas Stanford pada tahun 1972.

Ya, para mahasiswa ini mengadakan turnamen bernama spacewar, turnamen ini menjadi cikal bakal dari lahirnya turnamen-turnamen game online yang kita lihat saat ini. Hadiah yang mereka perebutkan juga cukup unik, yaitu paket berlangganan majalah rolling stone.

Cikal Bakal dari Lahirnya Esport Modern

Berawal dari selebaran yang bertuliskan,

“Untuk pertama kalinya ‘Intergalactic Spacewar Olympic’ akan diadakan di sini, Rabu 19 Oktober. Juara pertama akan mendapat hadiah langganan Rolling Stone selama satu tahun.”

Para mahasiswa ini tentunya tertarik dengan hadiah yang ditawarkan, mengingat Majalah Rolling Stone merupakan majalah musik yang sedang naik daun pada saat itu. Dan juga game space war juga merupakan game yang cukup popular.

Sesuai dengan namanya, Space War sendiri merupakan game bertema pertempuran yang berlatar di luar angkasa, game ini merupakan salah satu game dengan teknologi digital pertama, hampir mirip seperti Sky Force yang dimiliki Symbian.

Game Space War ini dikembangkan oleh Steve Russel bersama 5 temannya dari Mass Massachusetts Institute of Technology, yang pada akhirnya rilis pada tahun 1962. Game ini mencapai titik popularitasnya saat para mahasiswa dari kampus-kampus yang ada di amerika dan juga kanada rutin memainkan game ini.

Juara Esport Pertama

Lalu, siapa yang menjuarai turnamen yang diadakan di Universitas standford ini?, nama pemenang tersebut adalah Bruce Baumgart, dia berhasil mengalahkan para mahasiswa lain dalam tournament ini.

Pada saat menyelesaikan babak penyisihan dan masuk ke babak final, Baumgart melawan 4 orang lainnya, satu nama dari lawan yang di waspadai adalah Dave Poole, yang kebetulan saat final dia tidak hadir.

Keriuhan terjadi sepanjang pertandingan itu, tim rolling stone yang melalukan peliputan untuk turnamen yang cukup panas ini. Baum mengingat setiap moment yang terjadi pada turnamen itu, dan liebowitz mengabadikannya melalui gambar, menjadi saksi senyum Baumgart atas kemenangan yang berhasil diraihnya.

Pada 2016 yang lalu, dia sempat mengenang kisahnya bersama space war di laman featuring majalah rolling stone. Menurut Baumgart game space war mempunyai visual yang terbaik pada zaman itu.

“Kumpulan bintang pada latar game adalah bintang sebenarnya dari Spacewar,” ucap Baumgart.

Walau menurut kita saat ini, hadiah yang terlalu kecil untuk turnamen yang cukup besar, namun jika mengingat hadiah tersebut merupakan salah satu bukti sejarah yang pernah tercatat dan menjadi awal mula dari esport didunia, tentunya itu seudah menjadi hadiah yang sangat besar.

Share yuk !