Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Bandung – Januari lalu, seorang YouTuber bernama Buildzoid di channel mendapati Asus memasang salah satu kapasitor secara terbalik di motherboard Z690 Hero. Temuan itu ia bagikan melalui video di channel YouTube Actually Hardcore Overclocking. Hal tersebut turut memicu bahaya yang dapat mematikan.

Apa yang Terjadi?

Tujuh bulan setelah temuan itu, Asus dan US Consumer Product Safety Commission (CPSC) akhirnya mengumumkan resmi bahwa mereka akan menarik motherboard ROG Maximus Z690 Hero. Penyebab penarikan tersebut dipicu oleh produk motherboard itu dengan mudah mengalami overheat, meleleh, dan berpotensi memicu kebakaran.

asus rog z690 hero problem
Kapasitor terbalik pada motherboard Asus ROG Z690 Hero dapat picu kebakaran

Menurut The Verge, Buildzoid menyimpulkan masalah tersebut dipicu oleh letak kapasitor yang terbalik terletak di dekat MOSFET (metal-oxide-semiconductor field effect transistor). Karena kapasitor tersebut terinstal tidak benar, polaritasnya menjadi terbalik dan memicu MOSFET malfungsi. Oleh karena itu, MOSFET di dalamnya menjadi terbakar.

Setelah kabar tersebut tersebar saat itu, Asus telah membenarkan bahwa temuan Buildzoid akurat. Asus pernah mengumumkan mereka akan bekerja sama dengan agensi pemerintah untuk membentuk sebuah program pengganti.

Sejauh ini, CPSC mendapat 10 laporan bahwa motherboard tersebut meleleh. Untungnya, tidak ada korban dan kerusakan bangunan sama sekali.

Baca juga: Pemilik ISP Lokal AS Terima Kontrak Dana Umum dari Pemerintah

Asus Memutuskan untuk Menarik Produk Tersebut

CPSC mencatat dalam pengumuman penarikan produk tersebut bahwa kurang lebih 10 ribu motherboard dengan serial number berawalan MA, MB, dan MC terdampak. Ketiga kode serial number tersebut menandakan tahun produksi 2021. Serial number tersebut dapat ditemukan di dekat power connector ber-24 pin di label putih pada bagian bawah motherboard.

Program penarikan produk komponen PC desktop sebenarnya tidak begitu umum. Namun, akhir-akhir ini terdapat banyak YouTuber yang jeli menyelidiki pemicu kegagalan komponen PC yang digunakan.

Sangat disayangkan bahwa membutuhkan tujuh bulan bagi Asus untuk mengumumkan secara resmi penarikan produk motherboard Z690 Hero. Semoga mereka dapat memuaskan pelanggan untuk menyediakan penggantinya.

Informasi-informasi terbaru dari dunia teknologi terkait dengan perangkat game hanya di Gamefinity. Kamu juga dapat menikmati kemudahan dalam membeli item game dan top up di Gamefinity.id

Share yuk !