Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Sangat penting bagi orang-orang berkebutuhan khusus mendapatkan perhatian serta hak yang setara dengan orang normal pada umumnya. Seperti yang Dilakukan oleh  pengembang sekaligus pencipta dari game Disco Elysium, ZA/UM. Dan pada patch update terbarunya ZA/UM juga mengumumkan patch terbarunya dengan menambahkan font atau teks yang dapat membantu pemain penyandang disabilitas agar memudahkan mereka bermain game yang dibesutnya.

Update Patch Terbaru Disco Elysium Akan Menghadirkan Font Yang Ramah Bagi Penderita Disleksia

Teks ramah kaum disleksia pada game Disco Elysium
Perbandingan teks normal dan ramah disleksia pada game Disco Elysium

Pada update terbaru kali ini ZA / UM memperkenalkan OpenDyslexic yaitu paket font yang sangat ramah terhadap penderita Disleksia pada Bahasa yang telah mendukung permainan dini. Ia mengatakan bahwa kalau ini menjadi penambahan yang cukup besar dan akan melengkapi sulih suara dari Final Cut terhadap pemain yang juga membaca teks game ini. Saat ini OpenDislexic telah tersedia dalam berbagai Bahasa diantaranya, Bahasa Inggris, Perancis, Jerman, Spanyol, Portugis, Brazil, dan terakhir Polish. Bahasa Korea Dan Rusia turut pula dimasukkan dalam update terbaru Disco Elysium kali ini. “ Bahasa yang tersedia kali ini telah melalui berbagai pertimbangan dan konsultasi dari para ahli akademis dan penerjemah Bahasa . Akan tetapi kritik dan saran dari kalian dapat membantu dalam pengembangan game ini. “ imbuh ZA / UM.

Baca juga: Deretan Visual Novel Rekomendasi Yang Mendapatkan Adaptasi Animenya

Informasi Singkat Mengenai Disabilitas Disleksia

Bagi kalian yang belum mengetahui jenis disabilitas yang satu ini, Disleksia merupakan salah satu dari disabilitas neurologi yang ditandai dengan tidak mampunya seseorang membaca teks atau tulisan dengan lancar. Ciri lainnya dari gangguan disleksia ini cenderung lambat dalam berkomunikasi, terkadang pengidap disleksia juga membaca dan menulis teks secara terbalik, kesulitan dalam memahami arah baik kiri maupun kanan. Jadi bisa dibilang kalau Disleksia memiliki kesulitan dalam menerapkan disiplin ilmu fonologi.

Pencegahan Dan Pengobatan Yang Efektif Bagi Penderita Disleksia

Untuk menekan gejala disleksia agar tidak lebih parah dikemudian hari diperlukan konseling dan terapi rutin ke ahlinya (bisa melalui psikolog atau spesialis kejiwaan) Jika ada teman maupun anggota keluarga ada yang menderita disleksia jadikanlah support system untuk mereka dengan cara mengajaknya latihan menulis dan membaca apa yang disukainya. Dan berikanlah mereka kesempatan dalam berkarya karena kebanyakan mereka terlahir cukup jenius di bidang yang dikuasainya.

Temukan berita game teraktual lainnya hanya di Gamefinity. Top up Steam dan diamond termurah bisa dengan mengklik link disini.

Share yuk !