Share yuk !

GAMEFINITY.ID Kutai Kartanegara – Tim ilmuwan dari universitas di Denmark, Swedia, dan Jepang, berhasil menciptakan sebuah chip tunggal berkecepatan tinggi, yang mampu mentransfer data dengan kecepatan lebih dari satu petabit per detik melalui kabel serat optik. Jumlah tersebut setara dengan mentransfer lebih dari satu juta gigabit data per detik, atau sekitar total lalu lintas data yang ada di internet saat ini.

Transmisi data berkecepatan tinggi yang sering membutuhkan kabel serat optik dan peralatan besar, kini sedang diminiaturisasi menjadi sebuah paket on-chip dengan ukuran yang lebih kecil.  Alih-alih menciptakan beberapa arus laser secara paralel, para peneliti saat ini justru lebih memilih untuk mengecilkan ukuran perangkat transfer data ke tingkat silikon. Penelitian ini tentu saja ditujukan untuk menghilangkan kendala-kendala yang ada, saat mengirim paket data dengan jumlah besar, dari jarak yang cukup jauh, serta dengan kecepatan transfer yang lebih tinggi.

Hal inilah yang sedang dicari-cari oleh A.  A. Jørgensen, D. Kong, dan L. K. Oxenløwe. Bersama dengan tim peneliti lainnya, mereka berhasil menunjukkan transmisi data sebesar 1,84 petabit atau sekitar 1,8 juta Gigabit, melalui sebuah kabel serat optik sepanjang 7,9 km, dengan hanya menggunakan satu chip tunggal saja. Meski terdengar luar biasa, kecepatan tersebut sebenarnya tidak secepat beberapa alternatif lain yang lebih besar, dengan kecepatan transfer data mencapai 10,66 petabit.

Namun, kunci yang ditemukan oleh tim peneliti ini bukan hanya terletak pada kecepatan maksimal dari transfer data saja, melainkan juga terdapat pada skala “sistem yang sangat kompak (rapat)” untuk digunakan.

Baca juga: Akibat Bug, Player CODM Warfare Di-Banned Permanen

serat optik yang tersambung ke chip
Chip Tunggal Yang Lebih Rapat Dan Lebih Cepat

Chip Tunggal Yang Lebih Rapat Dan Lebih Cepat

Dengan membagi aliran data menjadi 37 bagian (satu aliran untuk setiap inti kabel serat optik,) dan kemudian membaginya lebih lanjut, dengan masing-masing aliran yang dipecah-pecah menjadi 223 saluran, para peneliti berhasil menghilangkan banyak gangguan yang memperlambat sistem optik. Sehingga memberikan transmisi data yang jauh lebih besar, hanya dengan menggunakan satu chip saja.

“Bisa dibilang rata-rata lalu lintas internet di dunia sekitar satu petabit per detik. Apa yang kami transmisikan (saat ini adalah) dua kali lipat(nya),” ucap Jørgensen kepada New Scientist (via PC Gamer)

“Ini adalah jumlah data yang sangat besar yang kami kirimkan, pada dasarnya, kurang dari satu milimeter persegi [kabel]. Ini hanya menunjukkan bahwa kami dapat melangkah lebih jauh daripada saat ini dengan koneksi internet.” Imbuhnya.

Suka dengan artikel ini? Jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya hanya di Gamefinity.id/

Share yuk !