Share yuk !

GAMEFINTY.ID, Bandung – Netflix akhirnya ungkap peluncuran paket berlangganan dengan iklan. Paket murah tersebut akan diluncurkan November ini. Ekspansi layanan streaming itu adalah salah satu upaya untuk mempertahankan jumlah pelanggannya. Sebelumnya, Netflix telah kehilangan pelanggan secara global dua kuartal berturut-turut.

Paket Berlangganan dengan Iklan Milik Netflix, Basic with Ads

Dilansir dari laman resminya, Netflix memberi nama paket berlangganan iklan dengan murah itu sebagai Basic wih Ads. Paket tersebut dipatok dengan harga US$6,99 per bulan.

Pelanggan paket tersebut akan menyaksikan rata-rata 4-5 iklan per jamnya. Netflix akan memastikan iklan yang relevan dengan konten dan juga pelanggannya. Mereka juga menyebut telah bermitra dengan DoubleVerify and Integral Ad Science untuk memverifikasi validitas iklan mulai kuartal pertama 2023 mendatang.

Basic with Ads juga menjadi sebuah kesempatan yang menyenangkan bagi pengiklan,” tulis Netflix. Mereka menyebut hal ini menjadi kesempatan untuk menarik perhatian milenial dan gen-Z. Semakin banyak dari dua generasi tersebut terbiasa tidak menonton “linear TV”

Paket lainnya, Basic, Standard, dan Premium tidak mengalami perubahan harga. Basic with Ads disebut akan mendampingi tiga paket tersebut.

Tidak Semua Konten yang Tersedia Hadir di Paket Tersebut

Netflix
Tidak semua konten yang tersedia bisa diakses di paket Basic with Ads

Netflix memberi batasan untuk paket berlangganan dengan iklan tersebut. Mereka memastikan tidak semua konten yang tersedia bisa ditonton pelanggan dengan paket murah tersebut.

Lisensi konten menjadi alasan untuk memberi batasan tersebut. Namun, Netflix berkata mereka sedang melakukan proses kesepakatan lisensi dengan studio yang bersangkutan. Hal ini dilakukan untuk menghadirkan lebih banyak film dan serial televisi untuk pelanggan Basic with Ads.

Ditambah lagi, paket tersebut tidak menyediakan opsi pengunduhan. Sama seperti Basic, Basic with Ads memperbolehkan pelanggan menonton konten dengan resolusi hingga 720p (kualitas HD).

Baca juga: Netflix Gaet Microsoft Beri Opsi Berlangganan dengan Iklan

Hanya Diluncurkan di 12 Negara

Tidak semua negara dapat menikmati paket ini saat peluncurannya November ini. Netflix akan meluncurkan Basic with Ads di 12 negara terlebih dahulu. Negara-negara tersebut adalah Amerika Serikat, Inggris, Australia, Kanada, Korea Selatan, Jepang, Jerman, Italia, Spanyol, Prancis, Meksiko, dan Brazil.

Deadline menyebut semua negara yang disebutkan memiliki tanggal peluncuran yang berbeda-beda. Netflix akan meluncurkan paket tersebut di Kanada dan Meksiko pada 1 November. Dua hari kemudian, yaitu 3 November, Basic with Ads akan meluncur di Amerika Serikat, Inggris, Australia, Korea Selatan, Jepang, Jerman, Italia, Prancis, dan Brazil pada 3 November. Spanyol akan menjadi negara terakhir yang mendapat paket tersebut pada 10 November.

Netflix telah mengungkapkan mereka akan menghadirkan paket berlangganan dengan iklan itu di berbagai negara lain dalam waktu dekat. Peluncuran paket baru ini diharapkan dapat memaksimalkan usaha untuk merebut kembali perhatian pelanggan.

Share yuk !