Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Bandung – Apple akhirnya mengumumkan mereka akan menghentikan produksi iPod Touch melalui press release-nya. Era brand pemutar musik portabel ikonik itu akhirnya berakhir setelah 20 tahun. Model iPod Touch generasi ketujuh yang dirilis pertama kali pada 2019 telah resmi menjadi model terakhir.

iPod pertama kali diperkenalkan pada 2001. Model pertamanya, disebut iPod Classic generasi pertama, mampu menyimpan hingga 1000 lagu. iPod telah memudahkan penggunanya mendengarkan musik on the go.

Sejak saat itu, Apple telah merilis berbagai model iPod, yaitu Mini, Shuffle dan Nano, serta yang terakhir Touch. Kompetitor besarnya seperti Walkman dari Sony dan pemutar CD portabel pun tergusur.

iPod, bersama dengan iTunes, telah membantu merevolusioner industri musik dalam melawan pembajakan yang marak saat itu.

Baca juga: Cara Menghubungkan Airpods Ke HP Android dengan Mudah dan Cepat

Tergusur oleh iPhone

iPhone Introduction = iPod+Phone+Internet
Steve Jobs memperkenalkan iPhone untuk pertama kalinya pada 2007

Apple memperkenalkan iPhone pada 2007, dideskripsikan sebagai kombinasi antara iPod dan ponsel layar sentuh. Hal tersebut menjadi awal dari akhir dari iPod. Ironisnya, iPod Touch didesain oleh tim yang sama yang akan mengembangkan iPhone.

Seperti yang diketahui, penjualan iPod menurun mulai 2008, sementara penjualan iPhone meningkat secara drastis. iPhone pada dasarnya memiliki semua fitur yang dimiliki iPod Touch, terutama dalam menyimpan dan mendengarkan musik. Tentu saja iPod Touch tidak bisa digunakan untuk menelepon dan mengirim SMS, apalagi menggunakan internet melalui kartu SIM. Hal ini menunjukkan iPod dikorbankan untuk berfokus pada iPhone. Tidak heran, penjualan iPhone melampaui iPod Touch pada 2011.

Terlebih, tidak banyak orang yang membeli dan mengunduh lagu saat ini. Streaming menjadi cara utama dalam menikmati musik. Sampai sekarang, layanan streaming Apple Music memiliki lebih dari 90 juta lagu tersedia.

Stok Terakhir iPod Touch Masih Terjual di Beberapa Outlet

Buat kolektor yang ingin bernostalgia, tentunya mereka ingin membeli iPod Touch. Apple mengumumkan iPod Touch masih tersedia di berbagai outlet dan juga situs resminya. Tapi mereka harus cepat memutuskan, karena stok sangat terbatas.

Selamat tinggal untuk selamanya, iPod. Terima kasih banyak telah mengubah cara dunia mendengarkan musik lebih mudah.

Untuk mengikuti perkembangan produk Apple dan teknologi lainnya terkait dengan gaming gear dapat dipantau di Gamefinity.

Share yuk !