Share yuk !

GAMEFINITY.ID Kutai Kartanegara – Sekelompok Peneliti di University of Chicago, Amerika Serikat, telah menemukan perangkat Haptic Kimia untuk teknologi Realitas Virtual (VR). Perangkat Haptic baru ini diklaim dapat memberikan sensasi sentuhan dingin hingga hangat, untuk para pengguna teknologi VR.

Jasmine Lu, Ziwei Liu, Jas Brooks, dan Pedro Lopes tengah mengembangkan jenis perangkat Haptic baru yang mereka sebut sebagai Chemical Haptics (Haptic kimia). Perangkat yang mereka kembangkan ini dapat memberikan sensasi dingin, hangat, geli, serta mati rasa.

Dalam situs web milik Jasmine Lu, terdapat makalah yang memamerkan perangkat Haptic Kimia temuan timnya. Dimana perangkat ini akan mengirimkan stimulan cair ke kulit pengguna menggunakan pompa mikro untuk mengalirkan bahan kimiawi di dalamnya.

Dalam makalah tersebut, tampak salah satu perangkat terpasang melintasi wajah dan melewati batang hidung pengguna, sementara perangkat lain diletakkan di lengan bawah pengguna. Penempatan ini bertujuan untuk memberikan sensasi sentuhan pada area tersebut.

“Kami mengusulkan perangkat kelas haptic baru yang memberikan sensasi haptic dengan mengirimkan stimulan cair ke kulit pengguna; (dan) kami menyebutnya (sebagai) haptics kimia.” Tulis Lu.

“Setelah menyerap stimulan ini, reseptor di kulit pengguna (akan) dipicu secara kimiawi, memberikan sensasi haptic yang berbeda. Kami mengidentifikasi lima bahan kimia yang dapat membuat sensasi haptic yang bertahan lama: kesemutan (sanshool), mati rasa (lidocaine), menyengat (cinnamaldehyde), pemanasan (capsaicin), dan pendinginan (menthol).” Tambahnya.

Bersama timnya, Lu berencana untuk menyempurnakan perangkat Haptic mereka, dengan merancang perangkat wearable yang lebih mudah dikenakan oleh pengguna.

“Untuk mengaktifkan penerapan pendekatan baru kami dalam berbagai pengaturan (seperti VR), kami merancang perangkat wearable mandiri yang dapat dikenakan di mana saja pada kulit pengguna (misalnya, wajah, lengan, kaki).”

Baca Juga: Industri Game China Kembali Bangkit Setelah Pembekuan

 

Perangkat Haptic

Dikutip dari laman Wikipedia, Haptic merupakan ilmu yang mengaplikasikan sensasi sentuhan ke dalam interaksi manusia dengan komputer. Haptic berasal dari bahasa Yunani “Haptesthai” yang artinya “menyentuh”, dan perangkat ini akan melibatkan kontak fisik antara komputer dengan pengguna.

Belakangan ini, ada beberapa penemuan Haptic baru yang telah diciptakan untuk menyempurnakan teknologi Realitas Visual. Dua diantaranya adalah VR treadmill dan Haptic Body Kits, yang mana keduanya masih memiliki keterbatasan dalam menerjemahkan sensasi panca indera dari dunia digital ke dunia nyata.

Penemuan Haptic Kimia ini, sepertinya bisa menjadi pelengkap dari perangkat Haptic yang sudah ada. Dalam game VR misalnya, Haptic Kimia ini bisa dimanfaatkan untuk simulasi hawa panas dan dingin dalam permainan. Seperti merasakan panas dari ledakan, hingga sensasi mati rasa pada bagian tubuh yang terluka. Perangkat semacam ini tentu akan menjadi penyempurna dari teknologi Realitas Virtual di masa depan.

Suka dengan artikel ini?

Jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya hanya di https://gamefinity.id/

Share yuk !