Steam Deck Tercebur Air? Benerin Pakai Alkohol

Wahyu Nur Iman, 22 Agustus 2022

Steam Deck Tercebur Air? Benerin Pakai AlkoholGaming News
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Pati – Sejak diluncurkan pada bulan Februari, Steam Deck telah berhasil mencuri hati para gamer di dunia. Nilai jual utama dari Steam Deck adalah fakta bahwa Steam Deck tidak hanya merupakan konsol handheld semata. Steam Deck juga memungkinkan pengguna untuk mengoperasikan Windows layaknya sebuah komputer rumahan. Namun, sama halnya dengan barang elektronik lainnya, air masih menjadi musuh utama dari perangkat elektronik.

Pakai Alkohol Untuk Perbaiki Steam Deck?

Menurut laporan dari situs PCGamesN, seorang pengguna Reddit dengan akun smallmouthbackus membuktikan bahwa Steam Deck mampu bertahan meski telah terjatuh ke dalam bak mandi.  Beliau secara bertahap membongkar isi dari konsol Valve tersebut secara menyeluruh lalu membersihkannya. Uniknya dalam membersihkan Steam Decknya, dia memakai alkohol 99%. Dia juga sempat merekam video saat sedang membokar dan memasang kembali Steam Deck miliknya. Pada bagian akhir video ditunjukkan bahwa aksi yang dia lakukan sebelumnya ternyata berhasil. Steam Deck tersebut berhasil hidup dan berjalan normal.

Steam Deck
Pengguna Reddit smallmouthbackus perbaiki Steam Deck dengan Alkohol

Durability Konsol Valve

Seblumnya seorang youtuber dengan nama channel JerryRigEverything telah membuktikan ketahanan Steam Deck. Meski begitu tetap saja jika suatu perangkat elektronik terkena air sudah pasti akan menyebabkan kerusakan. Fakta bahwa smallmouthbackus menggunakan alkohol untuk membersihkan Steam Deck terbilang cukup aneh. Tapi kenyataannya kandungan isopropil dalam alkohol dikatakan memang mampu mengurangi potensi kerusakan yang disebabkan oleh air. PCGamesN menambahkan bahwa ini bukan cara yang pasti dan benar dalam memperbaiki elektronik, namun nambaknya telah berhasil dalam kasus Steam Deck ini.

Ini bukan pertama kalinya seseorang mengotak-ngatik perangkat portable ini. Sebelumnya sempat ada seorang youtuber yang berhasil menambahkan GPU eksternal ke Steam Deck. Steam Deck pun berhasil berjalan sebagaimana mestinya. Meskipun dari pihak pengembang sendiri tidak disarankan untuk mengotak-ngatik atau memodifikasi steam deck demi menjaga durabilitas konsol tersebut.

Steam Deck menjadi produk hardware paling sukses yang dimiliki Valve sekarang ini. Kemampuannya yang tidak hanya sekedar untuk bermain game dimana saja, namun mampu menjalankan sistem operasi windows merupakan bukti superioritas dari Steam Deck.

Jika kalian ingin tahu lebih banyak berita seputar game, kalian bisa mengunjungi Gamefinity. Buat kalian yang mau gacha atau top up game kesayangan kalian bisa langsung klik Gamefinity.id

author avatar
Wahyu Nur Iman
Manusia biasa yang bisa ditemui dimana sja
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: