Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Kota Bandung — Bermain video games bisa menjadi salah satu kegiatan yang sangat mengasyikkan, bahkan membuat orang tenggelam dalam kegiatan tersebut yang membuatnya lupa akan waktu. Dari pagi sampai malam, bermain game merupakan pilihan kegiatan yang bisa dilakukan oleh sebagian orang.

Namun, hal tersebut tentu bisa saja bukanlah yang baik. Bagi sebagian orang, bermain games bisa menimbulkan kecanduan Yang akan merusak kualitas hidup mereka. Seperti mengakibatkan turunnya kesehatan, melupakan kewajiban, dan berbagai macam hal lainnya.

Lalu, bagaimana solusi untuk mengatasi hal tersebut?

4. Mengatur Jadwal Bermain

Dengan mengatur jadwal, anda akan mampu untuk membagi jadwal antara bermain game ataupun mengerjakan kewajiban anda. Seperti anda bisa mengatur pagi untuk belajar ataupun malam untuk bermain.
Selain mengatur waktu, ada baiknya juga anda memberi batasan waktu bermain game anda. Misal anda membatasi waktu bermain anda hanya sebanyak 2 jam setiap harinya.

3. Cari Hobi Lain

Anda bisa juga mencari hobi lain yang menurutmu menyenangkan. Seperti jika anda menyukai olahraga tennis, anda bisa mengikuti komunitas atau klub pemain tennis. Dengan cara ini, anda akan mulai tersibukkan dengan kegiatan lain yang membuatmu lupa akan video games untuk sementara.

2. Bersosialisasi Dengan Orang Lain

Selain sebelumnya, anda bisa mencoba untuk lebih bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Jika tidak keluarga, anda bisa coba untuk meluangkan waktu berkumpul bersama teman-teman anda. Menonton film bersama, berolahraga bersama, ataupun kegiatan positif lainnya yang bisa anda lakukan bersama orang lain.

1. Sibukkan Dengan Kegiatan Produktif

Semakin anda menyadari bahwa diri anda sedang sibuk, semakin sulit bagi anda untuk meluangkan waktu bagi kegiatan yang menurutmu tidak terlalu penting. Bisa saja dengan kesibukan yang anda miliki, anda mulai belajar menahan keinginan untuk bermain game terus-menerus secara perlahan.

Jadi, cara mana yang menurutmu paling efektif untuk mengatasi kecanduan bermain game? Silahkan berbagi dalam komunitas kami ya!

Share yuk !