Update Firmware Beta Terbaru PS5 Hadirkan Dukungan SSD Tambahan

Eko Setiyawan, 30 Juli 2021

Update Firmware Beta Terbaru PS5 Hadirkan Dukungan SSD TambahanGaming Gear
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Purworejo – Baru baru ini, Sony meluncurkan update firmware versi beta untuk PS5 yang mana akhirnya membuka akses untuk dukungan SSD M.2 tambahan. Ya, setelah lebih dari 8 bulan rilis, fitur yang telah ditunggu-tunggu pengguna PS5 ini akhirnya keluar, walau saat ini masih beta.

Untuk menambahkan SSD M.2 pada PS5 ini, kalian harus menggunakan SSD yang memenuhi minimum spesifikasi dari Sony. Sony telah meluncurkan support page untuk tutorial instalasi dan minimum spesifikasi dari SSD tersebut.

PS5

Menurut support page tersebut, kalian setidaknya memerlukan SSD dengan kecepatan baca 5.500MB/s atau lebih cepat yang artinya kalian harus menggunakan SSD NVME PCIe Gen 4. Kapasitas SSD yang diperlukan juga minimal berukuran 250 GB hingga maksimal 4 TB.

Selain itu, kalian juga harus mempertimbangkan masalah cooling system pada SSD tersebut. Untuk itu, kalian bisa memasang heatsink pada SSD baik pada satu sisi, dua sisi, ataupun dengan SSD yang built-in heatsink. Di samping itu, heatsink yang terpasang juga harus sesuai dengan ukuran yang direkomendasikan dari Sony.

PS5

Berikut requirement SSD untuk PS5 lengkap dari website PlayStation:

Interface: PCIe Gen4 x4 M.2 NVMe SSD

Capacity: 250GB – 4TB

Cooling structure: Using an M.2 SSD with your PS5 console requires effective heat dissipation with a cooling structure, such as a heatsink. You can attach one to your M.2 SSD yourself, either in a single-sided format, or double-sided format. There are also M.2 SSDs that have cooling structures (such as heatsinks) built in.

Sequential read speed: 5,500MB/s or faster is recommended

Module width: 22mm width (25mm width is not supported)

Form Factor: M.2 type 2230, 2242, 2260, 2280 and 22110.
These numbers can be found on retail listings for M.2 SSD devices. The first two digits refer to the width, the remaining digits to the length.

Socket type: Socket 3 (Key M)

Total size including cooling structure:
In millimeters: smaller than 110mm (L) x 25mm (W) x 11.25mm (H).
In inches: smaller than 4.33in (L) x 0.984 in (W) x 0.442in (H).

See below for full requirements.

Length

The following M.2 SSD lengths are compatible with PS5 consoles:
30mm, 42mm, 60mm, 80mm, 110mm (corresponding to the form factor type, per above).

Width
A 22mm-wide M.2 SSD module is required.
The total structure (including an added cooling structure) cannot exceed 25mm (0.984in).

Height
The total height of the M.2 SSD and its cooling structure (such as a heatsink) – whether built-in or separate – must be less than 11.25mm (0.442in).
The height must also be in the right place, in relation to the M.2 SSD’s circuit board:

  • The size below the board must be less than 2.45mm (0.096in).
  • The total size above the board must be less than 8mm (0.314in).

Namun, Sony tidak menjamin bahwa semua SSD M.2 yang telah memenuhi spesifikasi di atas akan bisa berjalan pada konsol PS5 kalian. Selain itu, Sony juga tidak bertanggung jawab atas pemilihan dan kinerja SSD pada produk third-party. Sony mengatakan bahwa tidak semua game akan bisa berjalan sebaik seperti saat menggunakan SSD bawaan PS5, bahkan jika kecepatan bacanya lebih dari 5.500MB/s sekalipun.

Selain hadirnya dukungan SSD tambahan, update firmware beta terbaru PS5 ini juga menambahkan dukungan 3D audio pada speaker TV. Fitur 3D audio ini sebelumnya hanya berjalan pada headphone saja.

Library game juga mengalami perubahan, kini game yang sama dari versi PS4 dan PS5 yang telah diinstal akan dibuat terpisah agar memudahkan pengguna saat memilih dan mengupdate game di masing masing platfrom. Selain itu, masih banyak update lainnya yang bisa kalian baca di sini.

Program beta test ini hanya tersedia bagi pengguna yang telah mendaftarkan beta program sebelumnya dan baru tersedia di Inggris, Kanada, Amerika Serikat, Jerman dan Perancis. Belum ada informasi lebih lanjut kapan fitur baru ini akan tersedia bagi seluruh pengguna PS5. Kita tunggu saja.

author avatar
Eko Setiyawan
Seorang casual gamer yang tertarik dengan hal-hal yg berkaitan dengan PC, konsol serta gaming hardware.
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: