Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Salatiga – Perusahaan software dan hardware Valve kini dikabarkan tengah menjajal untuk kembali masuk ke persaingan platform gaming.

Pada hari Selasa, operator SteamDB Pavel Djundik melihat perubahan dalam kode programming aplikasi Steam, dimana kode tersebut merunjuk ke sebuah perangkat baru bernama “SteamPal.” Nama ini merupakan turunan dari kode programming yang ditemukan sebelumnya, “Neptune“. Nama tersebut mulai muncul pada September tahun lalu lewat identifikasi kode string “Neptune Optimized Game“.

Pada awalnya, para penemu kode string tersebut mengira projek “Neptune” sendiri berhubungan dengan kontroller dan diduga merupakan produk baru dari Steam Controller. Namun setelah string SteamPal bocor, berbagai kode ditemukan dan merujuk ke “Quick Access Menu” dan “Power Menu” membuat para penemu kode cukup yakin bahwa Valve sedang membuat konsol handheld baru.

SteamPal = Switch Versi PC?

Beberapa jam setelah kode SteamPal bocor, website ArsTechnica mengonfirmasi tentang adanya projek handheld yang tengah digarap oleh Valve. ArsTechnica menyatakan bahwa desain dari SteamPal akan mirip seperti Nintendo Switch.

Dalam beberapa tahun terakhir, konsep PC Handheld sedang ramai diperbincangkan. Pada awal 2020, Alienware meluncurkan PC gaming pertama yang mirip Switch , tetapi perangkat tersebut hanya sebatas prototip belaka dan  belum diproduksi secara komersil.

Berbagai perusahaan startup Tiongkok juga telah menciptakan PC Handheld seperti GPD Win dan Aya Neo. PC Handheld asal Tiongkok ini menggunakan basic sistem Windows dan dirakit menggunakan hardware ultramobile yang biasanya digunakan pada Notebook.

Bocoran Desain SteamPal

Menurut ArsTechnica, SteamPal akan menggunakan cara yang sama dengan PC Handheld Tiongkok yang prosesor yang kemungkinan besar berasal dari Intel atau AMD. Hal ini cukup wajar mengingat kemampuan prosesor mobile kini sudah sangat mumpuni lewat iGPU Intel Iris Xe dan AMD Vega.

Selain itu, desain prototip dari SteamPal juga akan merujuk ke Nintendo Switch, namun dengan ukuran yang sedikit lebih besar. SteamPal juga akan dibekali dengan kontroller yang didesain mirip dengan Switch dan layar sensitive touchscreen. 

Untuk konektivitas, sejauh ini baru dikonfirmasi bahwa SteamPal akan menyediakan colokan USB Type-C. Selain untuk charging atau transfer data, USB Type-C SteamPal juga dapat digunakan untuk menyambung konsol ke monitor atau layar yang lebih lebar, layaknya Nintendo Switch.

Informasi resmi tentang SteamPal diperkirakan akan diumumkan pada akhir tahun 2021, setelah sebelumnya Gabe Newell memberikan sedikit petunjuk tentang konsol baru Valve pada interview di New Zealand. Selain itu Gaben juga mengumumkan bahwa Valve tengah memproduksi berbagai game di tahun 2021 ini.

Share yuk !