Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Salatiga – Beberapa hari yang lalu, konsumen asal Amerika Serikat memberikan komplain atas dugaan penjualan Power Supply atau PSU dengan kondisi yang tidak layak pakai. Bahkan banyak sekali keluhan bahwa PSU tersebut juga rawan ledakan.

Dilaporkan berbagai PSU yang rawan ledakan tersebut merupakan produk dari salah satu merk hardware ternama.

Mendengar banyaknya komplain dari keluhan pengguna, Steve Burke dan tim Gamers Nexus meneliti apakah PSU yang dijual merk ternama ini memang cacat atau tidak layak untuk dijual. Ia membeli puluhan PSU dan mencoba untuk menjalankan tes kelayakan hardware.

Dalam penelitiannya, Steve Burke menemukan bahwa kurang lebih 50% PSU tersebut memang cacat dan cukup berbahaya. PSU cacat ini terbukti tidak dapat menyala meskipun dibawah 60% Load. Bahkan beberapa PSU tersebut meledak dan memercikan bunga api saat diuji.

Lucunya gara-gara PSU tersebut Gamers Nexus harus merelakan satu buah VGA RTX 3080 yang rusak dalam tes kelayakan.

Dikabarkan PSU cacat ini dijual bebas di salah satu retailer terbesar di Amerika Serikst sebagai bundle wajib bersama GPU RTX Series.

Masih belum diketahui apakah PSU rawan ledakan ini juga dijual di luar Amerika Serikat khususnya di Indonesia. Disarankan sebaiknya konsumen lebih berhati-hati dalam memilih hardware PC terutama PSU.

Share yuk !