Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Salatiga – Memang tidak bisa dipungkiri, merakit PC di tahun 2021 adalah ide yang cukup buruk. Harga hardware PC yang kian meroket, pandemi COVID-19 yang melanda dan stok yang kurang membuat para gamers kesulitan untuk merakit PC impian mereka.

Krisis hardware PC ini berdampak bagi gamers baik yang ingin merakit high-end gaming PC maupun budget gaming PC. Para gamers yang hanya punya dana yang minim pun harus terpaksa bersabar untuk mendapatkan PC gaming mereka dengan harga yang pas.

Melihat kondisi hardware PC yang kian parah, salah satu Youtuber bernama Alex atau yang lebih kerap disapa dengan LowSpecGamer mencoba mencari jalan alternatif bagi para budget gamers untuk mendapatkan PC gaming mereka.

Alex kemudian menemukan bahwa sampah-sampah elektronik atau E-Waste yang semakin menumpuk dapat dimanfaatkan untuk merakit PC dengan budget yang sangat rendah.

Pertama ia mendapatkan sebuah perangkat PC yang dibuang karena hardware didalamnya sudah terlalu tua. Namun ternyata PC buangan tersebut masih dapat bekerja secara normal.

Kemudian Alex menentukan parts mana yang masih bisa digunakan dan mana yang harus diganti. Ia memutuskan bahwa Motherboard, RAM, Hard Disk, PSU dan Case masih bisa digunakan. Sehingga menyisakan CPU dan GPU yang harus diganti karena sudah terlalu tua.

Dalam pencarian CPU, Alex merasa kesulitan dalam menemukan CPU yang cocok dengan socket Motherboard PC buangannya. Sehingga ia memutuskan untuk membeli CPU server Intel Xeon E3-1220 v2 daur ulang dari AliExpress seharga 20 Euro. Di AliExpress ia juga membeli RAM 4GB seharga 10 Euro.

Kemudian untuk masalah GPU, Alex berhasil mendapatkan GPU AMD Radeon 5850 bekas yang akan dibuang oleh pemiliknya sehingga ia tidak perlu membeli GPU juga.

Setelah semua komponen berhasil dikumpulkan, Alex mulai memasang parts-parts tersebut ke dalam PC buangannya. Akhirnya PC sampah miliknya berhasil disulap menjadi Budget PC Gaming.

Lalu bagaimana dengan performanya? Alex mencoba untuk mengetes performa lewat benchmarking game Doom Eternal dan Resident Evil Village. Namun sayangnya Radeon 5850 yang ia pakai tidak mendukung Vulkan dan DirectX 12.

Jadi pada akhirnya Alex menggunakan CS:GO dan Apex Legends sebagai benchmark. Hasilnya? Bisa dibilang cukup memuaskan. Pada CS:GO Alex berhasil mendapatkan 100 FPS di setting low.

Dan untuk Apex Legends ia mendapatkan sekitar 30fps di setting low pula. Cukup mengejutkan mengingat Alex juga melakukan livestream di channel Twitch miliknya ketika bermain Apex Legends.

Di akhir video Alex mengungkapkan bahwa meskipun performa PC sampah miliknya tergolong tidak bagus, ia masih bisa menikmati bermain Apex Legends bersama teman-temannya.

Alex berharap bahwa para low-budget gamers dapat terinspirasi dalam memanfaatkan limbah komputer untuk menghemat dana sekaligus mengurangi sampah-sampah elektronik yang menumpuk.

Spesifikasi PC Limbah LowSpecGamers

  • CPU : Intel Core i3 2120 > Intel Xeon E3-1220 v2
  • RAM : 4 GB DDR3 > 8 GB DDR3
  • GPU : Intel HD Graphics 2000 > AMD Radeon 5850
  • Motherboard : Gigabyte GA-H61MA-D2V
  • Storage : WDC 1 TB HDD
  • PSU : B-Move 500w

 

Share yuk !