Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Kota Bandung — Seperti yang anda ketahui, Ys sendiri merupakan salah satu franchise paling tua dalam sejarah JRPG. Berawal dari tahun 1987, Ys tetap mempertahankan eksistensinya dengan merilis berbagai judul hingga saat ini. Selain merilis Monstrum Nox dan versi MMO dari Ys VI, Falcom juga sedang mengembangkan versi remake dari Ys VIII untuk dipasarkan di mobile.

Hal tersebut cukup unik, karena kami jarang sekali mendengar atau melihat kualitas grafis dari video game multiplatform di mobile akan lebih baik dari versi PC dan Konsolnya sendiri. Umumnya, game adaptasi dari versi PC/Konsol akan mengalami downgrade secara visual ketika rilis di mobile.

Melalui video gameplay yang didemonstrasikan oleh pihak Falcom, mereka memperlihatkan adegan setelah Adol dan penghuni kapal Lambordia mengalami kecelekaan laut. Dengan adanya kecelakaan tersebut, Adol terdampar di suatu pulau misterius yang dinamakan Seiren. Demonstrasi cukup memperlihatkan peningkatan dari Ys VIII versi vanilla, terutama pada masalah grafis yang membuatnya terlihat lebih menarik.

Namun dibalik kabar gembira tersebut, kami cukup khawatir bahwa Ys VIII Remake ini dipasarkan menjadi game free-to-play yang akan membentuk pengalaman bermain yang berbeda. Akan lebih baik bila versi remake ini dikembangkan menjadi game premium tanpa harus mengorbankan aspek yang telah ada di versi original sebelumnya.

Ys VIII sendiri pertama kali rilis di Jepang untuk platform PlayStation Vita pada tahun 2016 lalu yang kemudian disusul versi global pada platform Nintendo Switch, PC, dan PlayStation 4. 

Share yuk !