TikTok semakin Fokus di TikTok Shop: Semua Orang Bisa Jualan

Zeinal Wujud, 5 Februari 2024

TikTok semakin Fokus di TikTok Shop: Semua Orang Bisa JualanLifestyle
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Jakarta – TikTok Shop, platform media sosial yang sedang naik daun, kini menguji fitur baru.

Fitur yang berpotensi mengubah semua video di aplikasi menjadi tempat belanja yang interaktif.

Sebagaimana dilaporkan pertama kali oleh Bloomberg, langkah ini merupakan bagian dari rencana perusahaan.

ByteDance mengembangkan TikTok Shop menjadi bisnis e-commerce bernilai miliaran dolar di Amerika Serikat.

TikTok membenarkan bahwa fitur ini saat ini sedang diuji terbatas, namun tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Baca juga:

Fitur Uji Coba Menjadikan Setiap Video Sebagai Kesempatan Belanja

Fitur uji coba baru ini secara otomatis mengidentifikasi barang dalam video dan mengarahkan pemirsa untuk “menemukan barang serupa di TikTok Shop”.

Sebelumnya, hanya influencer dan merek-merek tertentu yang diizinkan untuk menandai produk.

Fitur baru ini akan membawa tautan e-commerce ke lebih banyak video di aplikasi.

Tantangan dan Peluang Bagi TikTok Shop

TikTok Shop

Kabar ini datang setelah Bloomberg melaporkan awal bulan ini. Disebutkan bahwa TikTok berencana untuk meningkatkan bisnis TikTok Shop-nya di AS hingga 10 kali lipat menjadi sekitar $17,5 miliar tahun ini.

Dengan tujuan ini, TikTok tidak hanya akan bersaing dengan Amazon, tetapi juga perusahaan-perusahaan lain seperti Temu dan Shein.

Dua perusahaan yang juga dimiliki oleh perusahaan Tiongkok dan populer di AS.

Namun, TikTok memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh perusahaan lain tersebut, yaitu jaringan media sosial yang sangat populer dengan potensi mencapai jutaan pembeli.

Perlambatan Pertumbuhan dan Tanggapan Pengguna

Data baru mengungkapkan bahwa pertumbuhan TikTok mulai melambat, memunculkan pertanyaan apakah upaya e-commerce TikTok Shop bisa menjadi penyebabnya.

Pada tahun 2022, jumlah pengguna aktif bulanan TikTok tumbuh rata-rata 12% tahun demi tahun per kuartal, namun angka ini turun menjadi 3% tahun demi tahun per kuartal pada tahun 2023. Perlambatan ini terjadi setelah peluncuran TikTok Shop di AS.

Tinjauan Pengguna dan Tantangan yang Diakui

TikTok Shop

Masyarakat telah berdebat secara online apakah TikTok Shop telah “merusak” aplikasi tersebut?

Dengan beberapa mengeluh bahwa TikTok Shop telah mengubah aplikasi menjadi “tanah kering penuh iklan.”

Inovasi TikTok Shop dalam E-Commerce

Selain membawa tautan TikTok Shop ke lebih banyak video di platform, TikTok juga sedang menjelajahi cara lain untuk meningkatkan bisnis e-commerce-nya.

The Information melaporkan bahwa TikTok berencana untuk membuka studio di Los Angeles di mana para kreator dapat melakukan siaran langsung dan menjual produk.

Saat ini, para kreator merekam video promosi di rumah mereka, namun beberapa di antaranya akan segera memiliki opsi untuk merekam dan menyiarkan konten dari studio yang dioperasikan oleh TikTok.

Baca juga:

Dengan adanya langkah-langkah ini, TikTok membuka peluang baru bagi para pengguna dan pelaku bisnis untuk terlibat dalam pengalaman belanja yang lebih interaktif dan menyenangkan di dunia digital.

Sembari memperluas sayapnya dalam e-commerce, TikTok juga harus tetap memperhatikan umpan balik dan kebutuhan penggunanya agar tetap menjadi tempat yang ramah dan menarik bagi semua kalangan.

Ikuti akun resmi GAMEFINITY di Facebook, Instagram dan TikTok untuk mendapatkan informasi terupdate.

GAMEFINITY.ID menyediakan jasa pengisian top up dan voucher game dengan cara yang mudah dan pastinya terjangkau.

author avatar
Zeinal Wujud
If you have any questions, please ask somebody else!
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: