Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Bandung – NiziU adalah girl group asal Jepang buatan JYP Entertainment dan Sony Music Japan. Meski menjadi grup J-pop asuhan sebuah agensi K-pop, girl group ini berhasil merebut hati penikmat musik di Jepang dengan segudang prestasi.

Berawal dari Survival Reality Show Nizi Project

Pembuatan NiziU berawal dari visi JYP Entertainment bertajuk “K-pop 3.0” dan “Globalization by localization” pada Januari 2019. Saat itu, pihaknya ingin membuat girl group asal Jepang yang dibesutnya.

Mereka menggelar audisi khusus perempuan berusia 15-22 tahun di 8 kota Jepang, Hawaii, dan Los Angeles. Proyek ini akhirnya berujung pada sebuah survival reality show berjudul Nizi Project yang tayang di Hulu Japan secara mingguan mulai akhir Januari 2019. Proyek itu awalnya melibatkan 22 peserta yang memperebutkan tempat untuk menjadi anggota sebuah girl group baru.

NiziU
Sembilan anggota NiziU, girl group asuhan JYP Entertainment

Dalam babak final yang ditayangkan 26 Juni 2022, terpilihlah sembilan orang anggota, yaitu Mako, Riku, Rima, Rio, Maya, Miihi, Mayuka, Ayaka, dan Nina. Girl group tersebut kemudian dinamakan NiziU. Ditambah, JYP Entertainment juga bekerja sama dengan Sony Music Japan untuk me-manage aktivitas promosi mereka di Jepang.

Kesuksesan NiziU sebagai Girl Group J-Pop Besutan Agensi Korea

Semenjak terbentuknya sebagai girl group, NiziU berhasil menggapai kesuksesan besar di industri musik Jepang. Single pre-debut-nya, Make You Happy, berhasil mencapai puncak tangga lagu di beberapa layanan streaming musik Jepang pada 30 Juni 2020.

Mereka akhirnya resmi debut dengan Step and a Step pada 2 Desember 2020. Single tersebut berhasil memuncaki tangga lagu mingguan Oricon dan Japan Hot 100. Berkat kesuksesan awalnya, mereka diundang untuk tampil di NHK Kohaku Uta Gassen, acara musik akhir tahun yang dapat rating tinggi. NiziU menjadi artis tercepat yang tampil perdana di Kohaku Uta Gassen dengan 29 hari setelah debut.

Album pertamanya, U, rilis pada November 2021 dan berhasil menjadi nomor satu di tangga album Oricon dan Billboard Japanese Hot Albums. Single andalannya Chopstick berhasil mencuri perhatian di media sosial seperti TikTok.

NiziU juga berhasil memenangkan berbagai penghargaan di antaranya Best Buzz Award di MTV Video Music Awards Japan 2021 dan Hot Trend Award – Singer di Asia Artist Awards 2022. Mereka juga pertama kali tampil di KCON di Seoul, Korea Selatan pada 8 Mei 2022.

Baca juga: Mengenal Duo YOASOBI Yang Sedang Hits Lebih Dalam

Akan Debut di Korea pada 2023

Menyusul kesuksesannya di Jepang, NiziU mengumumkan mereka akan debut di Korea Selatan dengan sebuah album pada paruh pertama 2023. Ini bukan kali pertama mereka merilis lagu berbahasa Korea. Lagu Make You Happy dan Step and a Step versi Korea juga pernah dirilis.

Jika NiziU berhasil mengulang kesuksesannya di Korea Selatan, bukan tidak mungkin mereka dapat menyusul Twice, girl group asuhan JYP Entertainment yang lebih dulu populer di seluruh dunia. NiziU tentu menjadi salah satu artis J-pop yang dapat direkomendasikan berkat kesuksesan besarnya.

Share yuk !