Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Indonesia kembali kehilangan hiburan masa kecilnya, Kompas Gramedia selaku penerbit dari Tabloid harian Bobo Junior bersama tiga media cetak lainnya resmi dihentikan setelah lebih dari 50 tahun eksis. Tiga harian lainnya yang akan diberhentikan penerbitannya antara lain Tabloid Nova, Majalah Mombi, serta Majalah Mombi Junior.

Di tengah gempuran media elektronik seperti sosial media, koran elektronik yang dapat dibaca melalui ponsel, serta minat membaca yang mulai berkurang di Indonesia ini berdampak besar bagi media konvensional yang masih dicetak secara fisik. Hal ini terasa pada harian Bobo Junior, Nova Serta Mombi yang akhirnya menyerah pada perkembangan zaman yang begitu pesat.

Bobo Junior Resmi Dihentikan Penerbitannya Mulai 2023

RIP masa kecil kita, melalui surat edaran Kompas Gramedia yang ditujukan kepada pekerja media Kompas dengan nomor 085/SirDis/XII/2022

 “Sesuai dengan surat edaran dari Grid Network, dengan ini kami sampaikan bahwa terdapat empat media cetak yang dihentikan penerbitannya per Januari 2023. Oleh karena itu, kewajiban atas produk yang tersisa harap diselesaikan paling lambat 28 Februari 2023. ”

Baca juga: Rekomendasi Musik Jpop Yang Mindblowing

Keempat media yang dimaksud adalah Tabloid Bobo Junior, Tabloid Nova, Majalah Mombi , dan Majalah Mombi SD.

SE pemberhentian publikasi
Surat edaran yang dikeluarkan Kompas Gramedia terkait berhentinya tabloid Bobo Junior

Sejak Surat edaran tersebut berlaku, keempat media yang telah diterbitkan tersebut otomatis menjadi edisi untuk yang terakhir kalinya, adapun edisi terakhir masing-masing empat media tersebut antara lain

  • Tabloid Bobo Junior nomor 20 yang terbit pada 21 Desember 2022
  • Tabloid Nova edisi bundling no. 1818 dan 1819 yang terbit pada 22 Desember 2022
  • Majalah Mombi nomor 8 yang akan terbit pada 28 Desember 2022
  • Majalah Mombi Junior SD no. 213 yang terbit pada 21 Desember 2022

Tabloid Bobo Tetap Eksis Berkat Sistem Berlangganan

Diberhentikannya publikasi pada keempat media cetak terutama Bobo dan Nova tentunya menyisakan kenangan tersendiri terutama bagi pembaca setianya. Majalah Bobo merupakan majalah asal Belanda yang hadir di Indonesia sejak tahun 1968 dengan karakter utama seekor kelinci dengan nama yang sama.

majalah bobo junior
Akun Potato Donut atau kopitiamtea mengklarifikasi kabar ditutupnya majalah Bobo ( kopitiamtea )

Kompas Gramedia lantas berinisiatif untuk membawanya ke Indonesia di tahun itu. kehadirannya yang sudah mengakar sejak lama tersebut menjadi alasan mengapa majalah ini begitu berkesan terutama masyarakat Indonesia yang sebagian besar masa kecilnya untuk membaca tabloid yang satu ini.

Sayangnya, banyak yang salah tangkap mengenai seri Bobo yang akan berhenti ini dan menganggap bahwa majalah Bobo inilah yang pendistribusiannya akan distop. Akun Twitter bernama kopitiamtea lantas mengklarifikasi bahwa Bobo memiliki dua seri.

“Biar gak keliru. Majalah Bobo itu ada dua jenis, majalah Bobo sama Bobo Junior. Yang bakal berhenti itu Bobo Junior bukan Bobo biasa.” Hal tersebut lantas dibuktikan dengan diberlakukannya sistem berlangganan pada majalah Bobo yang dapat diakses melalui Grid Bobo.

Update informasi menarik lainnya seputar game dan anime hanya di Gamefinity. Gamefinity.id menyediakan jasa pengisian top up dan voucher game dengan cara yang mudah dan pastinya terjangkau.

Share yuk !