Share yuk !

GAMEFINITY.ID, NGAWI – Taeyang BIGBANG resmi comeback dengan single terbarunya yang berjudul Vibe pada Jumat (13/1/2023).  Dalam single Vibe, Taeyang berkolaborasi dengan salah satu member BTS, Jimin. Comeback kali ini menjadi comeback solo pertamanya dalam 6 tahun terakhir. Serta menjadi projek pertamanya bersama agensi baru, The Black Label. 

Sesaat setelah dirilis, MV Vibe langsung menjadi trending 1 di Youtube. Dalam 24 jam, MV Vibe telah dilihat sebanyak 22 juta kali di Youtube. Tidak hanya itu, The Black Label mengabarkan bahwa Vibe telah menduduki posisi pertama pada tangga lagu Top Songs iTunes di 60 Negara (14/1/2023). 

Vibe menjadi comeback pertama Taeyang bersama The Black Label

 

taeyang
Taeyang BIGBANG

Dikutip dari wawancara Rolling Stone, lagu Vibe memiliki tempat spesial untuk Taeyang.  Menurutnya, Vibe adalah sebuah awal yang baru baginya, mulai dari proses pembuatan lagu hingga kolaborasi dengan Jimin. Ditambah lagi Vibe adalah lagu pertamanya setelah bergabung dengan The Black Label.

Seperti yang kita tahu, Taeyang telah meninggalkan YG Entertainment dan bergabung dengan The Black label pada Desember 2022. The Black Label sendiri adalah anak perusahaan dari YG Entertainment. Pendirinya adalah Teddy Park, produser yang kerap membuat lagu-lagu untuk Artis YG, seperti BIGBANG, BLACKPINK, 2NE1 dll. 

Baca Juga : Bakalan Seru Coachella 2023, Ada Blackpink dan Bad Bunny!

Awal kolaborasi dengan Jimin BTS

taeyang
Teaser Taeyang – Vibe (Feat. Jimin of BTS)

Melansir dari Rolling Stone jelang perilisan single terbarunya, Taeyang mengungkapkan bagaimana ia akhirnya bisa bekerja sama dengan Jimin BTS. Menurutnya, ide tersebut pertama kali muncul dari Teddy. Teddy berkata bahwa orang-orang akan sangat senang apabila dirinya berkolaborasi dengan Jimin BTS.

Kemudian sekitar setahun yang lalu, Taeyang sempat diundang ke beberapa acara dan bertemu dengan anggota BTS, termasuk Jimin. Sembari bercengkerama, mereka membicarakan banyak hal, dan secara alami membahas untuk kolaborasi dalam sebuah musik. 

Dari situ akhirnya taeyang mengundang jimin ke studionya untuk menggarap lagu tersebut. Jimin sendiri diketahui telah mengidolakan Taeyang sejak lama. Sehingga ajakan tersebut tentu disambut antusias oleh jimin. 

Genre dan credit lagu Vibe

Vibe memiliki elemen retro dan R&B, genre yang selalu disukai taeyang. Intronya sendiri terinspirasi dari R&B pada akhir 90 an dan awal 2000 an. Lagu ini menggambarkan emosi atau getaran aneh yang dirasakan dalam sebuah hubungan.

Dalam pembuatan lagu ini, Taeyang dan Jimin turut berpartisipasi dalam komposisi lagu, bersama dengan TEDDY, KUSH, Vince, dan 24. Taeyang juga menulis liriknya bersama dengan Vince. Sedangkan aransemennya dikerjakan oleh 24 dan KUSH. 

Share yuk !