Share yuk !

GAMEFINITY.ID, JAKARTA – Tahun baru 2023 tinggal menunggu 3 hari lagi. Ada begitu banyak cara orang-orang dalam merayakan hari yang identik dengan kembang api tersebut. Diantaranya bermain permainan tradisional atau modern yang serba online, kumpul bersama sekaligus barbeque-an, menyaksikan kembang api, dan lain sebagainya.

Ide menarik lainnya yang boleh dicoba untuk mengisi liburan tahun baru adalah mengunjungi destinasi atau fasilitas umum yang tentunya gratis dan tidak perlu membayar tiket masuk sepeserpun. Kami akan memberikan rekomendasi tempat untuk mengisi acara tahun baru kalian secara cuma-cuma di Jakarta, yang bayarnya hanya ongkosnya.

Bundaran Hotel Indonesia Dan Sekitarnya Jadi Pilihan Kalian Habiskan Malam Tahun Baru 2023

Bundaran HI untuk Malam Tahun Baru
Bundaran HI

Pilihan pertama untuk mengisi tahun baru kalian adalah area sekitar Bundaran Hotel Indonesia yang mencakup patung Selamat Datang, terminal Bundaran Hotel Indonesia, Hotel Indonesia Kempinski, dan mall Grand Indonesia yang menjadi salah satu ikon kota Jakarta saat ini. Menurut sejarah,  Hotel Indonesia Kempinski ini pertama kali dibangun untuk sarana akomodasi atlit yang bertanding di event olahraga Asian Games yang keempat di Jakarta pada tahun 1962.

Hingga saat ini sudah banyak yang memanfaatkan lokasi ini mulai dari car free day, kampanye organisasi, dan tentunya malam tahun baru, dan ditambah lagi halte Busway Tosari dan Bundaran Hotel Indonesia yang baru direnovasi dengan bentuk desain kapal pesiar yang begitu catchy serta penambahan lantai 2 yang dimanfaatkan oleh pengunjung untuk berswafoto dan membuka area usaha.

Akses untuk ke Bundaran Hotel Indonesia juga tidak terlalu sulit. Kalian bisa berhenti di halte Busway Tosari yang tak jauh dari lokasi atau MRT menuju Bundaran Hotel Indonesia.

Monas Atau Monumen Nasional

Tempat selanjutnya yang bisa kalian pilih untuk menghabiskan malam tahun baru adalah Monas atau Monumen Nasional, ada banyak spot menarik di sekitar bangunan yang diresmikan pada tahun 1970an tersebut, seperti lapangan utama yang terletak di dalam area Monumen Nasional, Perpustakaan Nasional yang berada di seberang monas, ataupun hanya sebatas duduk santai di tempat yang disediakan.

Baca juga: Alasan Kpop Lebih Terkenal Dari Jpop

Dan baru-baru ini Monas juga telah direnovasi selama beberapa tahun. Untuk ke Monas kamu cukup berhenti di halte Busway Balaikota yang tepat berada di pintu masuk Monas atau stasiun Juanda. Bagi kalian yang berhenti di Juanda terlebih dahulu kalian naik bus wisata yang tersedia secara gratis tanpa dipungut.

Kota Tua Jakarta

Malam Tahun Baru
Museum Fatahillah

Destinasi selanjutnya yakni Kota Tua yang terletak di Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat. Kehadiran Kota Tua Jakarta ini tak dapat terlepas dari sejarah kolonial Eropa terutama Belanda di Indonesia yang dimana Jakarta atau Batavia menjadi pusat perdagangan dan penyimpanan hasil bumi di Hindia Belanda. Maka tak heran jika nama jalan di Kota Tua ini diambil dari nama rempah-rempah dan bekas gudang yang digunakan untuk menyimpan berbagai rempah-rempah yang akan dijual ke Eropa.

Kalian juga dapat menemukan bangunan sisa peninggalan Belanda yang ikonik seperti Toko Merah, Museum Fatahillah, Museum Mandiri, gedung Bank Mandiri , dan lain sebagainya. Ditambah lagi Kota Tua Jakarta yang juga dipercantik dengan revitalisasi yang dilakukan gubernur DKI sebelumnya, Anies Baswedan.

Pos Bloc,  Pasar Baru

Jakarta Pos Bloc Malam Tahun Baru
Pos Bloc

Tempat lainnya yang bisa kalian habiskan untuk akhir tahun besok adalah gedung Pos Bloc yang dekat dengan Pasar Baru, sebuah pusat perniagaan kaum Tionghoa tertua di Jakarta. Gedung ini mulai dibuka untuk umum pada 2021 yang lalu. Tempat yang dahulunya merupakan kantor pos tersebut kini menjadi spot favorit anak muda mulai dari sekedar duduk santai, menikmati kopi senja, dan lain sebagainya.

Untuk ke sana kamu bisa berhenti di Stasiun Juanda atau halte Pasar Baru. Tempat ini juga menyediakan berbagai makanan serta minuman dengan harga yang ramah kantong.

Sarinah

Sarinah merupakan pusat perbelanjaan tertua di Jakarta dan kedua di Indonesia setelah gedung Siola yang didirikan pada 1877 di Surabaya. Nama Sarinah diambil dari pengasuh sang Proklamator Soekarno Hatta dan kemudian nama tersebut diabadikan melalui pusat perbelanjaan yang terletak dekat dengan Bank Indonesia tersebut.

Pasca direnovasi dan dibuka kembali pada 2021 yang lalu, selain sebagai pusat UMKM atau usaha kecil menengah, Sarinah juga menyediakan berbagai spot menarik untuk berswafoto dan kopi senja. Tak lupa relief era Bung Karno yang menjadi saksi sejarah diresmikannya Sarinah juga dipamerkan di gedung ini.

Update informasi menarik lainnya seputar anime, game, pop culture serta teknologi hanya di Gamefinity. Gamefinity.id menyediakan jasa pengisian top up dan voucher game dengan cara yang mudah dan pastinya terjangkau.

Share yuk !