Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Bekasi – Game dan begadang kini menjadi hal yang erat, sehingga penting untuk mengetahui tips sehat untuk gamers. Karena kalau sudah bermain game pasti tidak akan mengenal waktu dan tempat.

Belakangan bermain game semakin digilai semua kalangan. Ada yang bermain game di rumah dan ada juga yang bermain game di base camp komunitas. Bermain game pun bisa sampai seharian bahkan bisa sampai berhari-hari lamanya.

Tanpa sada bermain game bisa bikin kamu begadang. Tentu begadang tidak baik untuk kesehatan. Seperti yang kita tahu bila begadang itu membuat obesitas, stress, hingga konsentrasi juga ikut menurun.

Baca juga: Gamers Minta Akuisisi Activision Blizzard Dihentikan

Bahkan ada beberapa kasus orang begadang hingga meninggal akibat bermain game. Memang itu efek paling ekstrem begadang karena bermain game. Namun bukan berarti kita tidak boleh bermain game. Hanya saja intensitas waktunya dikurangi.

Berikut ini ada tips sehat untuk gamers yang suka sekali begadang. Bisa kamu ikuti tipsnya dan selalu ingat waktu kalau bermain game.

  1. Jaga kualitas tidur setelah begadang

Tips Sehat untuk Gamers

Gamers juga butuh tidur. Jangan sampai para gamers tidak tidur berhari-hari. Gamers harus membutuhkan waktu tidur setidaknya empat hingga lima jam sehari. Selalu ada jeda istirahat ketika bermain game.

  1. Bangun pagi dan mandi air dingin

Cara ini cenderung efektif untuk membuat tubuh lebih segar dan tentunya lebih berstamina. Kegiatan ini lebih baik daripada bangun siang karena mengganti jam tidur yang kurang semalam. Sempatkan juga untuk keluar rumah sebentar untuk menghirup udara segar di pagi hari agar mendapat asupan oksigen yang baik untuk otak.

  1. Makan makanan yang bergizi dan bernutrisi serta rajin minum air putih

Tips Sehat untuk Gamers

Asupan nutrisi sangat penting bagi tubuh. Apalagi kamu habis begadang unuk bermain game. Tubuhmu yang lelah itu harus dikembalikan lagi energinya. Energi tersebut berasal dari makanan yang bergizi dan mempunyai nutrisi yang kaya akan protein. Itu berguna untuk membuat sel-sel beregenerasi lebih cepat.

Lalu jangan lupa untuk selalu minum air putih. Idealnya orang dewasa mengonsumi air putih sekitar delapan gelas sehari. Hindari untuk minum alkohol dan minuman energi lainnya. Terlebih ditambah dengan rokok.

  1. Olahraga ringan

Tips Sehat untuk Gamers

Olahraga ringan perlu dilakukan ketika begadang dan kurang tidur. Hal ini untuk melancarkan peredaran darah, memberikan asupan oksigen ke otak, serta membantu produksi hormon bahagia seperti dopamin dan serotonin. Itu semua agar tubuh jadi segar dan suasana hati semakin baik.

Olahraga ringan yang bisa dilakukan seperti jogging atau sekedar jalan pagi. Tentu itu bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari segala penyakit.

  1. Minum multivitamin

Selain makanan bernutrisi dan air putih, ada kalanya perlu mengonsumsi multivitamin. Sebaiknya multivitamin tersebut mengandung vitamin B kompleks untuk menjaga stamina, vitamin C untuk daya tahan tubuh, serta sejumlah mineral seperti kalsium, magnesium dan zinc yang membantu sistem metabolisme tubuh.

Share yuk !