Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Bandar Lampung – Fallout Shelter merupakan RPG bermekanisme Manage Construct yang dapat dimainkan di lintas platform, salah satunya di Mobile. Game ini dirilis pada Juni 2015 oleh Bethesda Studios. Fallout Shelter dapat dimainkan di platform Android, IOS, Windows, XBOX One, Nintendo Switch, dan Playstation 4.

Sinopsis Fallout Shelter, Kehidupann Evakuasi di Bunker Bencana Alam

Vault-Tec Corporation atau industri Teknologi Kubah merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam aspek sumber daya manusia dan lingkungan hidup,

Vault-Tec sendiri merupakan industri yang bergerak untuk melestarikan dan mempertahankan populasi manusia yang diambang kemusnahan akibat wabah. Vault-Tec juga yang menyediakan fasilitas bertahan hidup ditengah gurun.

Vault-Tec sebagai sebuah industri memiliki sebuah bunker tiap penjuru dunia. Bunker yang berfungsi sebagai tempat tinggal dan bertahan hidup bagi pengungsi yang akan dikenal dengan nama Dwellers.

Gameplay (9/10)

Review Fallout Shelter
Gameplay – Fallout Shelter, Kehidupann Evakuasi di Bunker Bencana Alam

Fallout Shelter merupakan salah satu game yang menghadirkan sedikit unsur permainan peran atau yang biasa dikenal dengan RPG dan fokus terhadap gaya bermain Construction and Manage Game. Menjadi salah satu dari game simulasi yang terlihat seperti game Online, namun pada kenyataannya dapat dimainkan secara Offline berkat mode Single-player.

Fallout Shelter memberikan mekanisme gameplay game membangun dengan latar berupa dataran terbuang atau tercemar. Dihadapkan dengan sekelompok orang yang berusaha untuk bertahan hidup dari sulitnya kehidupan di Wateland. Hal ini mendukung salah satu korban atau main character untuk membangun sebuah shelter bawah tanah untuk dikelola dan jadi tempat perlindungan orang banyak.

Walau ditampilkan layaknya game Idle, Fallout Shelter tidak memberikan fitur layaknya game Idle yang dapat ditinggalkan keluar game oleh pemain sampai ketika akan ada syarat tertentu yang dapat melakukan fungsi ini.

Dalam Fallout Shelter, pemain akan dipaksa untuk menjalankan, membangun, hingga mengembangkan sebuah shelter bawah tanah yang berfungsi sebagai tempat perlindungan para pengungsi.

Sebuah shelter yang berisi fasilitas seperti pembangkit listrik, pembangkit air, tempat makan, hingga tempat istirahat atau living room. Dalam mengelola tempat dan ruangan tersebut, pemain akan mengendalikan segelintir orang yang nantinya akan turut membantu mengelola kebutuhan sumber daya selama tinggal di dalam shelter. Segelintir orang tersebut bukan lain adalah pengungsi itu sendiri, yang turut membantu sebagai balas jasa atas tempat tinggal.

Dalam mengelola shelter juga, pemain harus mampu untuk menyeimbangkan diagram bar yang sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup isi shelter seperti, air, listrik, makanan, dan tingkat mood penghuni.

Graphic (9/10)

Review Fallout Shelter
Graphic – Fallout Shelter, Kehidupann Evakuasi di Bunker Bencana Alam

Fallout Shelter hadir dengan visual yang lebih dari cukup untuk game construct sejenisnya. Tampil dengan visual bersudut pandang Side-Scrolling, sebuah sudut pandang yang kebanyakan digunakan dalam game platformer seperti Mario Bros, Alto, dan banyak lagi.

Memiliki penggambaran yang cukup detail dan pastinya nyaman dimata. Selain itu juga penggambaran karakter yang disebut Dwellers atau pengungsi ini terlihat sederhana dan memiliki gaya pelukisan Western.

Ada satu hal yang unik di Fallout Shelter dalam aspek visual yaitu, mendukung fungsi zoom dan juga mampu mendeteksi gerakan perangkat layaknya gyro. Sehingga pergerakan maupun jangkauan sudut pandang yang dapat di telusuri hingga titik buta dari persfektif ini.

Control (9/10)

Sebagai game Mobile yang hanya mengandalkan Touchscreen, Fallout Shelter hadir dengan gaya pengeksekusi layaknya game strategy seperti SimCity. Jadi lebih kurangnya hanya akan dijelaskan sedikit metode pengeksekusi umum dari game ini.

Mengandalkan Tap and Drag sebagai eksekusi utama kontrol. Tap yang memiliki fungsi paling banyak, sebuah fungsi untuk melakukan eksekusi umum seperti, melihat status Dwellers, room, dan banyak lagi.

Drag disini hanya berfungsi saat kondisi tertentu, salah satu kondisinya seperti memindahkan Dwellers untuk ditempatkan pada ruangan tertentu atau membiarkan Dwellers keluar shelter untuk berkelana Wasteland.

Addictive (7/10)

Review Fallout Shelter
Addictive – Fallout Shelter, Kehidupann Evakuasi di Bunker Bencana Alam

Sebagai game RPG bergaya construct manage, Fallout Shelter memiliki tingkat menyenangkan yang cukup tinggi. Sayangnya ada sedikit hal yang cukup menyulitkan dari game ini, salah satunya ialah ketiadaan fungsi Idle pada game ini.

Sebagai game Mobile, Fallout Shelter cukup menyenangkan. Namun ada sedikit kendala pada saat pemain Offline atau tidak memainkan game ini. Fallout Shelter tidak mendukung fungsi Auto Farm yang dapat berfungsi ketika pemain meninggalkan permainan.

Music (8/10)

Fallout Shelter sebagai RPG construct manage turut hadir dengan efek-efek suara dan musik yang cukup menyenangkan, menarik, dan ramah di telinga. Aspek satu ini cukup menjanjikan bagi Fallout Shelter.

Hadir dengan latar musik yang biasa saja, namun dikemas dengan sangat baik dan juga penyesuaian maupun pemilihan latar musik yang sesuai dengan background atau latar tempat pada Fallout Shelter.

Selain BGM, Fallout Shelter juga turut hadirkan sound effect yang cukup ramai dan sedikit terkesan berisik. Seperti game sejenis pada umumnya, Fallout Shelter hadirkan efek suara pada saat lakukan eksekusi kontrol, dan juga ada sound effect berbeda tergantung dari ruangan yang di singgahi.

Baca Juga : Review Rebel Inc, Invasi Game Berkedok Pemberontakan

Kesimpulan

Fallout Shelter menjadi salah satu game bergaya manage construct dengan latar bawah tanah yang worth untuk di mainkan di perangkat Mobile tanpa takut kehabisan data internet. Berikut kelebihan dan kekurangan Fallout Shelter yang dapat penulis sampaikan.

Kelebihan

Hadir dengan berbagai kelebihan yang terpusat pada mekanisme penggerak visual yang ada Fallout Shelter. Hal ini menjadi nilai tambah untuk Fallout Shelter yang tidak hanya mengandalkan fungsi Zoom saja.

Fitur Gyro berfungsi dengan sangat baik, mengingat sekalipun beberapa perangkat tidak memiliki fungsi Gyro bawaan, tetapi Fallout Shelter mampu memberikan pengalaman bermain tersebut secara keseluruhan.

Kekurangan

Sedikit kekurangan dari Fallout Shelter yang dapat penulis sampaikan pada paragraf ini. Pengalaman pemain yang lebih dari cukup untuk memberikan penilaian kurang dari Fallout Shelter.

Sebagai game bergaya Idle dengan mekanisme manage construct, Fallout Shelter tidak memberikan fitur Offline untuk permain. Sebuah fitur yang memungkinkan untuk pemain dapat meninggalkan permainan, dan permainan akan bekerja secara otomatis.

Tetapi hal ini dapat ditutupi dengan hadirnya karakter favorit andalan pemain, yaitu Mr. Handy. Mr. Handy adalah sebuah karakter robot yang memiliki fungsi Auto-collect dan sangat teramat berguna dalam Fallout Shelter.

Pemain dapat meninggalkan permainan tanpa harus aktif bermain secara intens, karena pekerjaan utama pemain dalam mengambil resource telah digantikan oleh Mr. Handy yang bekerja secara otomatis.

Sayangnya Mr. Handy cukup sulit untuk didapatkan. Ada dua metode cara mendapatkan Mr. Handy yaitu dengan membeli dengan cara top-up atau melalui box secara gacha, gacha yang memiliki persentase dengan nilai koma untuk mendapatkannya.

Untuk Fallout Shelter, Total Score yang dapat penulis berikan adalah 8,4.

Sekian Review Fallout Shelter yang dapat penulis sampaikan.

Update informasi menarik lainnya seputar review game hanya di Gamefinity. Gamefinity.id menyediakan jasa pengisian top up dan voucher game dengan cara yang mudah dan pastinya terjangkau.

Share yuk !