Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Setelah beberapa hari lalu kami mengulas headset gaming Dareu EH728, kali ini kami kembali mengulas produk headset gaming milik Dareu lainnya. Jika EH728 diposisikan untuk gamers mobile, maka kali ini giliran Dareu EH469, headset gaming yang memang diperuntukkan untuk pemain game PC dan konsol.

Seperti produk-produk Dareu lainnya, aksesoris yang disediakan Dareu memang akrab dengan kantong para gamers. Walau dengan harga terjangkau, Dareu tetap mengutamakan kualitas dengan beragam fitur kelas atas yang menunjang kenyamanan para gamers dalam bermain game selama berjam-jam.

Pada ulasan kami kali ini, GAMEFINITY.ID akan membagikan pengalaman kami menggunakan Dareu EH469 dalam memainkan game FPS, Counter-Strike: Global Offensive. Berikut ulasannya.

Desain

Headset gaming Dareu EH469 (foto: rizal/gamefinity.id)

Dareu EH469 memiliki dua pilihan warna: hitam dan pink. Untuk produk yang kami ulas kali ini memiliki warna hitam, dipadukan dengan efek 16,8 juta warna backlight yang menyala apabila sudah terkoneksi dengan perangkat komputer/konsol. Terdapat pula logo Dareu di bagian samping headset yang terlihat match ketika lampu menyala.

Dareu EH469 menggunakan bahan polycarbonate, sehingga terasa ringan dan nyaman meski digunakan berjam-jam. Dengan bobot sekitar 280 gram (tidak termasuk kabel), desain yang diciptakan memang dibuat untuk kesan lightweight, sehingga tidak memberi beban berlebih kepada kepala pengguna. Bagian atas headset ini menggunakan sistem dual headband, dengan dua besi di bagian atas dan satu kulit sintetis yang berfungsi sebagai penopang kepala.

Untuk bagian penutup telinga, EH469 memiliki earmuffs yang lembut dengan busa yang dapat memantul dengan cepat. Ditempatkan lebih dekat ke telinga, busa tersebut berfungsi mengurangi tekanan pada telinga, dibalut dengan kulit sintetis yang skin-friendly dengan pengguna. Earmuffs EH469 juga bisa menutupi seluruh bagian telingan, sehingga suara dari luar tidak akan mengganggu.

Fitur

 

Headset gaming Dareu EH469 (foto: rizal/gamefinity.id)

Dareu EH469 menggunakan teknologi multi-channel virtual 7.1 surround sound band, yang dapat memberikan efek suara yang lebih mengejutkan, pengalaman pengguna lokalisasi suara yang akurat, dan pengalaman sensorik game. Fitur ini sangat cocok untuk memainkan game bergenre first person shooter alias FPS, seperti game yang kami coba saat menguji headset ini, Counter Strike: Global Offensive, karena suara yang dihasilkan akan menambah keseruan dalam aksi tembak-tembakan yang dialami para gamers.

Dareu EH469 memiliki kabel sepanjang 2 meter, dengan interface USB 2.0. Kualitas kabel yang dimiliki juga tebal dan elastis, sehingga tidak terlalu khawatir akan mudah terkoyak apabila kusut.

Dilengkapi dengan batang mic yang dapat dinaikan dan diturunkan sesuai keinginan, batang mic juga fleksibel sehingga lubang mic dapat didekatkan atau dijauhkan dari mulut. Lubang mic juga memiliki busa untuk meredam hembusan nafas terdengar lawan bicara kita. Desain tabung mikrofon juga lembut yang memungkinkan percakapan dapat berlangsung dengan lancar dan real time. Mikrofon memiliki pengarahan uni-directional.

Spesifikasi

 

Headset gaming Dareu EH469 (foto: rizal/gamefinity.id)

HEADSET PARAMETER

  • Product Name: EH469
  • Rating Power: 10mW
  • Frequency: 20-20KHz
  • System Interface: USB 2.0
  • Impedance: 1KHz/32Ω
  • Sensitivity: 108dB±3dB
  • Supply Voltage: 5V±0.5V
  • Speaker Diameter: 50mm
  • Light Effects: RGB Powered by Dareu Tint

MICROPHONE PARAMETER

  • Sensitivity: -42±3dB
  • S/N Ratio: 60dB or more
  • Directivity: Uni-Directional
  • Output Impedance: 2.2KOhms
  • Dimension: 6*2.7mm
  • Operating Voltage: DC 1.0V~10V
  • Frequency Response: 100~10000Hz

BASIC PARAMETER

  • Interface : USB 2.0 (2m Length)
  • Dimension : 214*167*98mm
  • Weight : 302gr
  • System Requirement : Win 7 / Win 8 / Win 10 or later
  • Tersedia dalam 2 Pilihan Warna : Black, Pink

Pengalaman

Headset gaming Dareu EH469 (foto: rizal/gamefinity.id)

Headset Dareu EH469 terasa nyaman dan ringan di kepala walau digunakan selama berjam-jam. Dengan earmuff Dareu EH469 yang berbentuk oval, telinga pengguna dapat tertutup semua. Walau begitu, jika memutar suara terlalu keras maka volume dapat keluar juga hingga dapat didengar orang di sebelah pengguna.

Posisi pengaturan volume headset juga ditempatkan di belakang earmuff kiri, sehingga dapat dengan mudah menyesuaikan volume. Suara yang dihasilkan juga memadai, tidak pecah, khususnya saat memainkan game-game FPS yang biasanya memiliki sound effect beragam. Suara yang dihasilkan sudah cukup keras meski tidak memasang volume ke tingkat yang lebih tinggi. Walau begitu, ketika kami mencoba headset ini hanya untuk mendengarkan musik atau menonton video, suara yang dihasilkan kurang optimal. Ini memang memposisikan EH469 sebagai headset gaming.

Audio yang ditangkap dari mikrofon juga cukup jelas dan jernih untuk ditangkap oleh penerima komunikasi. Sayangnya, headset ini belum memiliki tombol mute untuk mematikan microphone secara langsung, yang juga menjadi salah satu kekurangan dari EH469.

Harga

Headset gaming Dareu EH469 (foto: rizal/gamefinity.id)

Menurut kami dari segi harga dan fitur yang ditawarkan, secara garis besar build quality yang disajikan tidak jauh dari harga yang ditawarkan oleh EH469. Pada beberapa marketplace yang direkomendasikan Dareu Indonesia, EH469 dipasarkan dengan harga kisaran Rp330.000. Harga ini masih cukup terjangkau bagi para gamers yang ingin mendapatkan headset gaming dengan kualitas memadai.(zal)

Share yuk !