Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Persaingan pasar gaming gear di Indonesia semakin menarik. Terutama untuk segmen konsumen entry level dimana disegmen ini para produsen berlomba-lomba untuk menciptakan produk terbaik namun dibandrol dengan harga yang cukup murah.

Jika dulu kalian punya budget sekitar 500 ribu hanya bisa membeli keyboard gaming dengan jenis membran, kini dengan budget bahkan dibawah 500 ribu kamu sudah bisa membeli keyboard gaming mechanical dengan kualitas yang cukup bagus. Salah satunya adalah keyboard gaming Imperion Mech 10.

Tentu saja ada beberapa point selling yang ditawarkan Imperion untuk produk ini. Apa saja? Simak review selengkapnya dari GAMEFINITY.ID berikut ini.

Desain

imperion mech 10 review gamescore indonesia
Logo Imperion pada keyboard (Foto: Gamefinity.id/Fajar)

Imperion Mech 10 merupakan keyboard gaming mechanical dengan desain full layout. Berdasarkan informasi yang kami dapatkan melalui websitenya, keyboard ini tersedia dalam 2 warna hitam dan silver. Nah, unit yang kami review kali ini berwarna silver. Dan menurut saya pribadi, warna ini cukup unik dan beda dibanding keyboard gaming lainnya dipasaran. Namun ada sedikit kekurangan dimana logo Imperion dan keterangan LED pada keyboard tidak terlihat. Sebab, baik logo maupun keterangan LED tersebut berwarna putih yang menurut kami samar dengan warna dasar keyboard.

Keyboard Imperion Mech 10 memiliki cover yang cukup solid berbahan alumunium metal yang membuat kesan kokoh. Walaupun sebenarnya pada bagian bawah keyboard masih menggunakan bahan plastik. Sama seperti keyboard gaming entry level pada umumnya, Keycaps pada keyboard ini masih menggunakan bahan ABS.

Switch Kailh Blue (Foto: Gamefinity.id/Fajar)

Posisi kabel pada keyboard berada di sisi kanan. Menurut kami, posisi ini cukup bagus untuk managemen kabel pada meja komputer agar bisa lebih rapih. Kualitas kabelnya pun sangat baik dimana sudah braided dan tebal. Tidak hanya itu, USB nya pun sudah gold plated.

Meskipun dipasarkan untuk market entry level, Imperion Mech 10 sudah menggunakan switch Kailh Blue yang memiliki efek tactile dan clicky serta memiliki ketahanan hingga 50 juta kali tekanan.

Fitur

Kombinasi tombol FN dengan INS, Del dan PS untuk mengatur RGB pada keyboard (Foto: Gamefinity.id/Fajar)

Tidak hanya tentang kualitas saja, fitur juga merupakan point selling penting di keyboard ini. Fitur yang paling mencolok adalah RGB per key. Meski menurut penulis, fitur ini penting ga penting sih namun cukup okelah agar keyboard kamu tampil beda. Lampu RGB tersebut bisa diatur langsung melalui keyboard melalui kombinasi tombol FN+INS.

Tercatat, ada 8 efek yang bisa kamu nikmati di keyboard ini. Jika kamu tidak suka dengan fitur ini, kamu bisa menonaktifkannya dengan tombol FN+P5. Oh ya, kamu juga bisa mengkostumisasi RGB semau kamu loh dan settingan tersebut bisa langsung disimpan pada keyboard hanya dengan menekan tombol FN+HM.

Tombol Shortcut Multimedia Key yang Lengkap (Foto: Gamefinity.id/Fajar)

Keyboard ini juga memiliki multimedia key yang lengkap serta fitur windows lock yang bisa diaktifkan dengan kombinasi tombol FN. Tidak ketinggalan juga, keyboard ini juga dilengkapi dengan dua adjustment ketinggian yang terdapat pada bagian belakang. Fitur ini juga cukup berguna agar keyboard bisa lebih ergonomis saat digunakan.

Berikut ini spesifikasi lengkap Keyboard Imperion Mech 10

  • Mechanical RGB Full Size
  • Kaihl LH Blue Switch
  • RGB Lamp
  • Gold Plate USB connector
  • Full Keys Antighosting
  • Double color injection keycap
  • Suspanded keycap design

Pengalaman

Pengalaman Penulis Saat Bermain Game (Foto: Gamefinity.id/Fajar)

Penulis mencoba keyboard gaming ini kurang lebih selama 2 minggu. Beberapa skenario sudah kami coba mulai dari untuk bermain game serta menyelesaikan pekerjaan sehari-hari dalam menulis artikel. Key dari tiap keyboard terasa cukup empuk dan tactile. Kombinasi ini tentu saja membuat penulis semakin nyaman baik dalam bekerja maupun bermain game.

Tombol fungsi multimedia pada keyboard sangat berguna untuk penulis. Sebab, beberapa perintah sederhana seperti stop, skip lagu, ataupun mengatur volume bisa langsung dilakukan melalui keyboard tanpa harus memegang mouse terlebih dahulu.

Sebagai gamers, tentunya ada beberapa kekurangan yang kami temukan di keyboard ini. Seperti tidak adanya pilihan switch untuk tipe ini serta tidak adanya fungsi macro. Namun menurut kami hal itu bukanlah masalah besar mengingat keyboard ini dibandrol dengan harga yang sangat kompetitif.

Tidak sampai disitu, ada beberapa detail yang mungkin bisa ditingkatkan pada bagian paket penjualan. Menurut kami Imperion harus menyediakan key puller serta buku manual agar pembeli bisa mengetahui produknya secara lebih rinci. Terutama dari segi fiturnya.

Harga

Dengan fitur yang cukup lengkap dan build quality yang oke, kami rasa Imperion cukup berani dalam mematok harga untuk keyboard ini. Bagaimana tidak, keyboard ini dibandrol dengan harga Rp. 450.000 saja. Ya, dengan dana kurang dari Rp.500.000, kamu sudah mendapatkan keyboard gaming dengan build quality yang oke.

Share yuk !