Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Gamepad atau kontroler sudah menjadi salah satu alternatif untuk menunjang keseruan dalam bermain game. Jika gamer PC sudah bosan hanya menggunakan mouse dan keyboard, biasanya mulai mencari-cari gamepad khususnya dalam memainkan game yang juga dirilis di platform konsol. Dalam artikel kali ini, GAMEFINITY.ID akan membahas tentang gamepad wired NYK Nemesis GP-100 Gambit.

NYK sendiri memang selama ini dikenal kerap memamerkan inovasinya dalam dunia gaming melalui produk-produknya. Setelah sebelumnya memiliki produk-produk andalan dalam mouse, keyboard hingga headset, kini NYK mencoba menembus pasar gamepad dengan NYK Gambit.

Lantas bagaimana kesan GAMEFINITY.ID saat memainkan game Grand Theft Auto V dengan gamepad ini? Simak ulasannya berikut.

Desain

NYK Nemesis GP-100 Gambit (foto: thomas rizal/gamefinity.id)

Saat unboxing produk, NYK Nemesis GP-100 Gambit dilengkapi dengan kartu garansi yang tertempel pada bagian belakang kotak. Di dalamnya gamepad terbungkus rapi dan kabel tersusun dengan baik. Tidak terdapat buku petunjuk ataupun keterangan-keterangan lainnya dalam box.

Desain NYK Gambit ini sekilas mirip dengan gamepad atau kontroler Xbox 360, dengan letak left stick berada di atas, sedangkan D-pad berada di bawah. Ini menjadi NYK Gambit lebih Xbox Friendly ketimbang gamers yang biasa memainkan konsol PlayStation.

GP-100 dibuat dengan desain ergonomis dan nyaman untuk digunakan, sesuai dengan ukuran tangan pada umumnya. Hal ini menunjang gamers yang biasa menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain, supaya tangan tidak mudah lelah karena harus cekatan memencet-mencet tombol.

Dengan warna hitam plus fitur Blue LED, ditambah dengan warna oranye di batang left dan right stick, kesan gaming elegan coba ditampilkan dalam desain NYK Gambit ini. Terdapat logo NYK Nemesis yang terletak di sebelah kanan, begitu pula dengan tulisan Power Gaming yang menyala biru apabila kontroler dihubungkan ke perangkat PC.

Fitur

NYK Nemesis GP-100 Gambit (foto: thomas rizal/gamefinity.id)

NYK Gambit merupakan wired game controller, dengan 360 Degree Joystick. Untuk konektivitas, GP-100 menggunakan USB interface yang responsif. Gamepad ini memiliki panjang kabel sepanjang 2 meter, sehingga gamers tidak perlu terlalu dekat dengan monitor dan PC ketika memainkan game dengan gamepad ini.

NYK Gambit juga memiliki LED Light berwarna biru, yang menyala ketika disambungkan ke perangkat PC. Gamepad NYK ini menggunakan bahan plastik untuk bodynya, yang membuat gamepad ini terasa ringan dan membuat gamers tidak lelah ketika harus mengangkatnya ketika bermain berjam-jam.

GP-100 ini juga dilengkapi dengan double vibration motor, sehingga gamer akan merasakan getaran yang disesuaikan dengan sequence dari game. NYK Nemesis GP-100 Gambit juga mendukung analog dan digital modes, serta bisa digunakan di perangkat Android, PC (Windows 7/8/10), Smart TV dan PS3.

Pengalaman

NYK Nemesis GP-100 Gambit (foto: thomas rizal/gamefinity.id)

Ketika NYK Gambit dijajal untuk memainkan GTA V, sebagian besar tombol di GP-100 ini terasa sangat solid dan terpasang dengan baik. Hanya saja, trigger button memang terasa agak kurang responsif, dimana tombol R2 harus ditekan dengan cukup dalam supaya bisa berfungsi. Hal ini dapat mengganggu kenyamanan bermain, khususnya saat memainkan mode balapan atau mengemudi yang dapat menyebabkan jari mudah lelah.

Sementara itu, bagian depan gamepad yang glossy juga terkesan licin apabila digunakan selama berjam-jam, khususnya oleh gamers yang tangannya mudah berkeringat. Kekurangan ini diobati dengan double grip di belakang yang cukup lengket di tangan.

Blue LED berfungsi dengan baik, dengan cahaya yang redup-menyala (breathing) sesuai built-in feature dari gamepad. Hanya saja, logo Nemesis dan tulisan Power Gaming yang turut menyala, terkesan terlalu besar dan agak mubazir. Apalagi ketika digunakan, dua tulisan yang menyala ini juga akan tertutupi tangan.

Kekurangan yang paling terasa saat menjajal gamepad ini adalah fitur vibration yang kurang pas, tidak terasa seperti getaran pada gamepad konsol pada umumnya. Hal ini memang kerap menjadi penyakit dari gamepad seharga NYK Gambit ini.

Spesifikasi

  • Product Name : Gambit
  • Interface : USB
  • Cable Lenght : 2M
  • Dimension : 155 x 112 x 52mm
  • Color : Black
  • Compatible With : Win 7 / 8 / 10

Harga

NYK Nemesis GP-100 Gambit (foto: thomas rizal/gamefinity.id)

NYK Nemesis GP-100 Gambit dipasarkan seharga Rp200.000 pada NYK Official Store. Secara garis besar build quality yang disajikan setara dengan harga gamepad pada kisaran yang sama. Harga ini masih cukup terjangkau bagi para gamers yang membutuhkan gamepad dalam menunjang permainannya. Adapun fitur-fitur dan kualitas yang ditawarkan NYK juga pas sesuai dengan harganya.

Share yuk !