Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Setelah sebelumnya kami membahas Headset Gaming NYK Nemesis HS-E12 AKKADIA, kali ini kami akan membahas saudaranya, NYK Nemesis HS-E11 Stellar. Kembali menginformasikan, kami sebelumnya juga sudah melakukan review produk NYK mulai dari gamepad, headset stand, hingga gaming set. Warga Gamefinity bisa cek review kami sebelumnya sebagai referensi apabila ingin membeli gaming peripherals dan aksesoris berkualitas dari NYK.

NYK HS-E11 STELLAR merupakan adalah headset multiplatform (kompatibel ps, xbox, switch, pc, handphone) yang memiliki koneksi 3 in 1: type C to type C, USB to USB, dan type C to USB. Headset gaming ini sudah dilengkapi dengan driver 50mm, Virtual 7.1 Surround Sound dan RGB Illuminate. Headset ini dilengkapi dengan Flexible Detachable Microphone yang membuat komunikasi saat gaming lebih jelas.

Penasaran bagaimana pengalaman Gamefinity saat menjajal NYK Nemesis HS-E11 STELLAR? Tanpa basa-basi, mari simak pembahasannya berikut.

Desain

Sebelum membahas tampilan dari headset, kami bahas terlebih dahulu kelengkapan dari produk. Boleh dibilang, membeli NYK Nemesis HS-E11 STELLAR sama seperti membeli paket komplit dari headset gaming. Jadi di dalam kemasan, headset akan langsung berada di dalam pouch, yang nantinya bisa memudahkan pengguna untuk membawa headset dengan nyaman.

Di dalam kemasan headset juga tersedia beragam kabel yang bisa dimanfaatkan dan disesuaikan pengguna ke sejumlah platform. Kabel type C to type A (USB) dapat digunakan untuk memanfaatkan fitur 7.1 surround, kabel USB to USB yang dapat menyambungkan ke port dengan jenis USB (PC), kabel splitter, kabel tambahan untuk single jack, dan kabel type C to type C.

NYK Nemesis HS-E11 STELLAR (foto: zal/gamefinity.id)

NYK Nemesis HS-E11 STELLAR memiliki microphone yang detachable (tersedia dalam kemasan, dilengkapi dengan foam untuk mic). Juga tersedia user manual guide untuk memudahkan pengguna mengetahui fitur-fitur apa saja yang ditawarkan headset gaming ini.

Secara tampilan, HS-E11 STELLAR memiliki warna dasar hitam dengan warna merah sebagai hiasan. Berbeda dengan HS-E12 AKKADIA, HS-E11 STELLAR memiliki single headband. Di atas headband tercetak logo Nemesis yang memang ciri khas dari headset gaming milik NYK. Headband dilapisi leather, dengan busa empuk terletak di bagian bawah sehingga terasa empuk ketika melingkari kepala pengguna.

NYK Nemesis HS-E11 STELLAR (foto: zal/gamefinity.id)

Di samping headset terdapat plat rel yang bisa ditarik dan disesuaikan sesuai ukuran kepala pengguna. Diameter headset berukuran 50 mm, dan memiliki bobot relatif ringan, sekitar 320 gram. HS-E11 STELLAR memiliki earmuff yang empuk, dengan busa yang dilapisi leather. Terdapat tulisan L dan R (kiri dan kanan) di tengah lubang yang dilapisi kain berwarna merah.

HS-E11 juga dilengkapi RGB Lighting, yang akan menyala pada logo NYK Nemesis pada sisi headset. Mode RGB lighting dari NYK HS-E11 sendiri hanya satu (fixed).

Fitur

Keunggulan utama dari NYK Nemesis HS-E11 STELLAR ini ialah bisa digunakan untuk multiplatform. Sesuai yang sudah dijelaskan pada kelengkapan produk, terdapat tiga koneksi yang dapat dimanfaatkan pengguna: Type C to Type C, USB to USB, dan Type C to USB.

Headset gaming ini cocok bagi gamer yang ingin punya 1 device tapi compatible ke beberapa device lain. Selain mempunyai 3 tipe koneksi juga dapat digunakan ke device mulai dari PlayStation, Xbox, Nintendo Switch, PC, Android, hingga tablet.

NYK Nemesis HS-E11 STELLAR (foto: zal/gamefinity.id)

NYK Nemesis HS-E11 STELLAR juga didukung fitur 7.1 Surround Sound. Untuk memanfaatkan 7.1 Surround Sound, pengguna harus menyambungkan headset ini dengan kabel type C to type A (USB). Port kabel terletak di bagian bawah headset kiri, bersamaan dengan port mikrofon, mute switch, dan volume kontrol.

Headset gaming ini juga memiliki fitur jack lock system. Jadi ketika menghubungkan kabel 3.5 mm jack (yang dilapisi emas), kabel tidak akan mudah terlepas dari port.

NYK Nemesis HS-E11 STELLAR (foto: zal/gamefinity.id)

Terkait mikrofon, NYK HS-E11 STELLAR memiliki mikrofon detachable yang fleksibel, dengan sensitivitas -42 ± 3dB. Impedansi mikrofon sebesar 2.2KΩ.

Pengalaman

Kami mencoba headset NYK HS-E11 Stellar ini untuk berbagai skenario aktivitas. Mulai dari mendengarkan musik, memainkan game di PC dan Mobile, hingga menjajal kemampuan headset ini untuk memandu live streaming. Penulis puas dengan kualitas yang ditawarkan oleh NYK HS-E11 Stellar.

Dari sisi kenyamanan, build quality, serta kualitas audio yang dihasilkan, semuanya memenuhi standar headset sebagaimana seharusnya. Kualitas suara Virtual 7.1 Surround Sound juga terdengar jernih. Saat kami memainkan game Counter-Strike: Global Offensive, suara langkah terdengar layaknya berada di ruang 3D. Bahkan suara latar seperti kicauan burung hingga lalat juga terdengar dengan jernih.

NYK Nemesis HS-E11 STELLAR (foto: zal/gamefinity.id)

Komunikasi in game juga terdengar dengan jelas berkat mikrofon yang detachable dan fleksibel. Suara yang ditangkap pada OBS dan pemirsa saat streaming juga bisa terdengar dengan jelas. Untuk mengaktifkan dan mematikan mikrofon juga mudah, melalui tombol mute terletak yang dekat dengan volume kontrol di bawah headset.

Dengan bobot yang relatif ringan, earmuff yang empuk dan headband yang dilapisi busa, NYK HS-E11 Stellar ini nyaman digunakan khususnya saat sesi gaming yang panjang. Clamping force dari headset juga tidak terlalu ketat, pas, dan headset tidak mudah lepas dari kepala meski pengguna melakukan gerakan yang ekstrim.

Spesifikasi

  • Interface Type: USB Cable
  • Driver Diameter: 50mm
  • Sensitivity: 112dB ± 3dB
  • Speaker Impedance: 32Ω ± 5
  • Frequency Range: 20Hz-20kHz
  • Max Power: 30mW
  • Weight: ±320g
  • Cord Lenght: 2.2m
  • Microphone Sensitivty: -42 ± 3dB
  • Microphone Impedance: 2.2KΩ

Harga

NYK Nemesis HS-E11 STELLAR (foto: zal/gamefinity.id)

NYK Nemesis HS-E11 STELLAR dijual seharga Rp490.000 di NYK Official Store. Secara keseluruhan, harga yang ditawarkan sebanding dengan kualitas yang dimiliki dari headset gaming ini. NYK Nemesis HS-E11 STELLAR cocok digunakan untuk beragam aktivitas, mulai dari mendengarkan musik, gaming, hingga streaming.

Share yuk !