Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Siapa gamer PC yang tidak mau memiliki gaming gear komplit? Terkadang untuk memiliki gaming gear yang lengkap memang gamer perlu merogoh kocek lebih dalam. Nah, NYK kini menawarkan solusi untuk para gamer PC yang perlu gaming gear komplit dengan harga yang bersahabat. Solusi tersebut hadir dalam NYK Nemesis KC-500 Basilisk Gaming Set Combo.

Sekali lagi, NYK mencoba untuk memuaskan para gamer dengan produk-produk berkualitasnya yang memiliki harga terjangkau. GAMEFINITY.ID kembali mendapat kesempatan untuk mereview produk andalan NYK. Selain dengan harga yang bersahabat, NYK Nemesis KC-500 Basilisk Gaming Set Combo ini memiliki fitur-fitur andalan lainnya.

Seperti apa fitur-fitur dan bagaimana pengalaman GAMEFINITY.ID saat menjajal produk tersebut? Berikut ulasannya.

Desain

NYK Nemesis Basilisk KC-500 ialah perangkat periferal PC yang terdiri dari keyboard dan mouse, dilengkapi dengan sebuah mousepad dalam satu paket atau kerap disebut Gaming Set Combo. Saat unboxing produk, paket ini terbungkus dengan rapi, dilengkapi dengan user manual berisi keterangan spesifikasi produk.

NYK Nemesis KC-500 Basilisk (foto: thomas rizal/gamefinity.id)

Pertama-tama, GAMEFINITY.ID akan membahas Keyboard dari KC-500. Keyboard membran ini menggunakan layout 108 key untuk tombol keyboard-nya, keyboard ini juga memiliki tombol shortcut khusus untuk akses browser, mail, file explorer, kalkulator dan tombol untuk kontrol multimedia. Material yang digunakan untuk keyboard ini adalah plastik ABS yang ringan namun kokoh.

Adapun keyboard ini memiliki ukuran panjang 490mm, lebar 220mm dan tinggi 40mm. Ukuran keyboard memang cukup besar khususnya jika dibandingkan dengan keyboard standar. Untuk bahan kabel yang digunakan adalah jenis soft wire dengan braided kain yang menyerupai tali sepatu. Dengan panjang kabel sekitar 1,5 meter, keandalan dari kabel jenis ini ialah kabel tidak cepat putus. Kabel yang digunakan memiliki interface USB Type-A yang cukup umum digunakan.

NYK Nemesis KC-500 Basilisk (foto: thomas rizal/gamefinity.id)

Selanjutnya untuk mouse, NYK KC-500 memiliki mouse dengan panjang kabel yang sama dengan keyboard (1,5 meter) dengan bahan yang sama pula. Ujung dari USB sudah gold-plated, yang juga merupakan keunikan tersendiri dari produk ini.

Mouse dari Basilisk KC-500 ini memiliki desain seperti mouse gaming pada umumnya. Dengan bobot cukup ringan, sekitar 95 gram, mouse ini cukup nyaman saat digenggam. Bagian atas mouse berbahan doff halus, dengan sebelah samping kiri dan kanan berbahan kasar berbentuk heksagonal, yang menunjang kenyamanan saat di genggaman. Permukaan pada bagian mouse memiliki grip yang membuat nyaman dan stabil saat menempel pada permukaan.

NYK Nemesis KC-500 Basilisk (foto: thomas rizal/gamefinity.id)

Sementara untuk mousepad, NYK Nemesis Basilisk KC-500 menyediakan mousepad yang cukup panjang dengan dimensi panjang 800 mm, lebar 300 mm dan tinggi 3 mm. Dengan mousepad ini, mouse dan keyboard dapat diletakkan dengan baik sehingga tidak perlu repot-repot mencari tatakan lain sebagai permukaan.

Berbahan karet yang cukup tebal, tekstur karet juga cukup lemas sehingga mudah dilipat. Permukaan dari mousepad ini memiliki warna hitam dan abu-abu, terasa halus untuk kelancaran dalam menggerakkan mouse dengan cepat (tipe speed).

NYK Nemesis KC-500 Basilisk (foto: thomas rizal/gamefinity.id)

Fitur

Untuk bagian keycaps, keyboard NYK Nemesis KC-500 Basilisk ini menggunakan rubber dome membrane. Hal ini cukup berbeda dengan kebanyakan keyboard gaming yang biasanya berjenis mechanical. Dengan demikian, selain untuk gaming keyboard ini juga pas digunakan untuk keperluan non gaming, dan tidak terlalu mengganggu orang disekitar gamer karena tidak menghasilkan bunyi yang terlalu keras saat tombol ditekan.

Terdapat fitur 19 key anti-ghosting. Fitur ini berfungsi untuk respon cepat yang menunjang permainan para gamer. Keyboard juga memiliki fitur lock untuk mencegah tombol tertekan tak disengaja saat tidak digunakan. Selain itu, NYK Nemesis Basilisk KC-500 juga dilengkapi lampu RGB yang bisa diatur sesuai selera, termasuk rainbow mode yang memperlihatkan warna-warni lampu layaknya ala pelangi. Hal ini sangat menunjang aspek estetika dari perangkat.

NYK Nemesis KC-500 Basilisk (foto: thomas rizal/gamefinity.id)

Pencahayaan terdapat pada bagian celah keycaps. Memiliki tampilan RGB yang terlihat seperti 4-zone RGB, pencahayaannya dapat diatur seperti timing kedip, tingkat kecerahan dan pilihan warna (RGB dan CMY).

Untuk mousenya, gaming set ini memiliki mouse dengan 7 tombol. Selain klik kanan, kiri dan tengah (scroll) terdapat dua tambahan tombol di samping kiri mouse untuk forward dan backward. Sementara di bawah scroll, terdapat tombol untuk DPI adjustment dan LED mode change. Scroll mouse cukup ringan sehingga cukup nyaman apabila ingin menggunakan mouse untuk browsing dan membaca page yang panjang.

NYK Nemesis KC-500 Basilisk (foto: thomas rizal/gamefinity.id)

Sementara tombol DPI bisa diatur dengan nilai maksimal 7200 DPI untuk tombol bagian atas. Adapun pengaturan mode RGB lighting (single color, RGB illumination dan off) terdapat pada tombol bagian bawah. NYK mengklaim tombol klik dari mouse memiliki 10 juta masa pakai (klik). Mouse NYK KC-500 memakai sensor Instant 704, dengan mempunyai kecepatan akselerasi 20G, 60 IPS, mouse ini memberikan presisi dan akurasi yang akurat.

Untuk mousepad yang disertakan dalam paket, mousepad memiliki ukuran yang bisa menjangkau mouse dan keyboard. Bagian tepi dari mousepad ini tidak memiliki jahitan tambahan, akibatnya bagian atas dan bawah berpotensi mengelupas setelah digunakan beberapa lama.

Pengalaman

GAMEFINITY.ID mencoba gaming set ini dengan memainkan Cyberpunk 2077 selama beberapa jam. Sebagai game action RPG dan memiliki perspektif first person, maka game ini pas untuk menjajal gaming set kombo mouse dan keyboard dari NYK KC-500.

Secara keseluruhan, keyboard dan mouse berfungsi dengan baik dan memiliki respon yang sesuai. Meski berjenis membrane, keyboard ini masih cocok untuk para gamer, meski memang tidak ada feel yang biasa dirasakan saat menggunakan keyboard mechanical. Meski begitu, tidak ada kendala berarti dalam hal respon tombol saat menggunakan keyboard ini.

NYK Nemesis KC-500 Basilisk (foto: thomas rizal/gamefinity.id)

Sementara mouse terasa pas di tangan. Dengan berat yang relatif ringan tombol-tombol memiliki respon yang pas dan cukup halus ketika ditekan. Dilengkapi lampu RGB, mouse ini terlihat lebih elegan dan memiliki kesan gaming. Mode lampu juga bisa disesuaikan dengan selera para gamer.

NYK Nemesis KC-500 Basilisk (foto: thomas rizal/gamefinity.id)

Performa kedua perangkat ini ditunjang dengan tekstur halus dari mousepad. Mouse dapat berjalan dengan baik dan tidak ada masalah berarti saat mousepad digunakan sebagai alas mouse untuk bermain video game.

Spesifikasi

Keyboard

  • Keyboard Type: Membrane Keyboard
  • Lightning Type: Rainbow Backlight
  • Dimension + Weight: 490x220x40mm + 750gr
  • Current: 100mA
  • Cable: 1,5m
NYK Nemesis KC-500 Basilisk (foto: thomas rizal/gamefinity.id)

Mouse

  • No. Of Button: 7
  • Sensor: Instant 704
  • DPI: 7200
  • Lightning Type: RGB Running Light
  • Interface: USB 2.0 (1,5m Lenght)
  • Accelerated Speed: 20G
  • IPS: 60 IPS
  • Polling Rate: 126Hz
  • Material: ABS
  • Dimension + Weight: 124 x 68,5 x 40mm + 95gr

Mousepad

  • Type: Speed
  • Dimension: 80x30x0,3cm

Harga

NYK Nemesis KC-500 Basilisk dipasarkan seharga Rp350.000 pada NYK Official Store. Harga ini tentu bersahabat dengan para gamer yang membutuhkan gaming set combo berkualitas namun memiliki budget ketat. Berdasarkan pengalaman saat menjajal produk ini, GAMEFINITY.ID menilai build quality yang disajikan setara dengan harga yang dipasarkan. Dengan harga bersahabat, gamer bisa mendapatkan tiga gaming gear dengan fitur komplit dan menunjang permainan PC game.

Share yuk !