Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Seperti yang kita ketahui, saat ini 5G sudah mulai tersedia di Indonesia. Walaupun masih belum merata, namun teknologi 5G sangat dinanti-nanti karena mampu memberikan kecepatan internet yang jauh lebih cepat. Untuk menyambut teknologi ini, Realme resmi meluncurkan smartphone 5G yang dijuluki sebagai The Most Affordable 5G for everyone. Perkenalkan, Realme 8 5G.

Sesuai dengan namanya, smartphone yang sudah support teknologi 5G ini dibandrol dengan harga yang murah yaitu hanya Rp. 3 jutaan saja. Alhasil, smartphone ini merupakan smartphone paling terjangkau untuk semua orang.

Tak hanya itu, Realme 8 5G juga menjadi smartphone pertama di Indonesia yang sudah menggunakan chipset MediaTek Dimensity 700 yang mampu memberikan peforma yang sangat baik untuk bermain game. Dimensity 700 juga membawa GPU Arm Mali G57 MC2 dengan clock mencapai 950 Mhz yang sudah mendukung penggunaan layar refresh rate 90hz yang bisa menambah pengalaman lebih baik dalam bermain game.

Tim redaksi Gamefinity sendiri berkesempatan untuk mencoba langsung Smartphone ini dalam beberapa minggu. Dan berikut ini pengalaman kami dalam menggunakan smartphone Realme 8 5G:

Unboxing

realme-8-5g-unboxing
Realme 8 5G Unboxing (Foto: Gamefinity.id/Fajar)

Dalam paket penjualannya, kamu akan mendapatkan 1 unit smartphone Realme 8 5G, soft case pelindung bodi, sim card ejector, Charger 18W, kabel USB type C serta buku panduan manual dan juga kartu garansi.

Desain

realme-8-5g-desain
Desain Belakang Realme 8 5G (Foto: Gamefinity.id/Fajar)

Untuk desainnya sendiri, menurut kami Realme 8 5G memiliki bodi yang super ramping yaitu hanya 8,55 mm saja. Smartphone ini juga memiliki bobot yang begitu ringan yaitu hanya 185 gram saja. Alhasil, smartphone ini sangat nyaman di genggaman. Realme 8 5G mengusung konsep desain Dynamic Speed Light dimana pada bagian belakang smartphone bisa menciptakan perubahan cahaya yang dinamis saat smartphone memantulkan cahaya dari sudut pandang tertentu yang membuat smartphone ini jadi lebih stylish.

fingerprint-realme-8-5g
Fingerprint di Realme 8 5G (Foto: Gamefinity.id/Fajar)

Dibagian samping kanan, smartphone ini juga dilengkapi dengan pemindai sidik jari. Pemindai sidik jari ini didesain dengan begitu cerdas karena menggabungkan tombol daya dan modul pengenalan sidik jari.

Realme UI 2.0

realme-8-5g-UI
Realme 8 5G UI (Foto: Gamefinity.id/Fajar)

Realme memiliki desain user interface tersendiri yaitu Realme UI 2.0. User interface ini berbasis Android 11 sehingga bisa menghasilkan pengalaman yang jauh lebih baik. UI ini juga menghadirkan banyak fitur yang membuat tampilan pada smartphone jadi jauh lebih baik.

Layar Ultra Smooth Dengan Refresh Rate 90 Hz

Layar pada smartphone ini pun tidak biasa. Dimana Realme 8 5G ini sudah memiliki kecepatan refresh rate hingga 90 Hz yang mampu menghasilkan pengalaman visual pergerakan layar yang halus. Layar pada smartphone Realme 8 5G juga cukup besar yaitu 6,5 inch dengan rasio layar ke bodi mencapai 90,5%. Hadir dengan resolusi 22400 x 1080, layar pada smartphone ini memiliki tingkat kecerahan hingga 600 nits serta warnanya mencapai 16,7 juta.

Prosesor 5G Generasi Baru

Realme 8 5G sudah menggunakan prosesor Dimensity 700 5G dimana menggabungkan dua inti ARM Cortex A76 yang memiliki kemampuan tinggi bahkan bisa beroprasi hingga kecepatan 2.2 Ghz. Prosesor ini sudah menggunakan teknologi 7nm sehingga jauh lebih hemat daya hingga 28% dibandingkan dengan prosesor 8nm. Berkat teknologi ini, meski sudah 5G baterai dari smartphone ini sangat awet karena Dimensity 700 5G hanya membutuhkan daya yang sedikit untuk operasionalnya. Dimensity 700 juga dilengkapi dengan GPU yang kuat yaitu Arm Mali G57 MC2 dengan clock speed mencapai 950 Mhz. GPU ini mendukung teknologi layar refresh rate tinggi hingga 90Hz.

Prosesor Dimensity 700 5G juga memiliki kehebatan lain yaitu adanya dukungan 5G dual SIM Dual Standby. Dengan adanya teknologi ini, memungkinkan smartphone mendukung kartu SIM 5G online melalui jaringan 5G.

Smartphone ini juga didukung dengan teknologi Smart 5G Power Saving dimana teknologi ini mampu membuat baterai smartphone jadi jauh lebih awet. Teknologi ini nantinya akan mengedintifikasi kekuatan sinyal di sekitar kamu dan secara otomatis akan mengalihkan antara 4G dan 5G tanpa jeda. Alhasil, konsumsi daya smartphone jadi 30% lebih hemat dibandingkan smartphone yang tidak memiliki fitur ini.

Baterai Besar Berkapasitas 5000 mAh

Realme 8 5G memiliki kapasitas baterai yang begitu besar yaitu 5000 mAh. Hal ini tentu saja merupakan hal positif terutama untuk seorang gamers. Jadi, kamu tidak perlu takut baterai habis ketika asyik bermain games. Untuk pengisian baterainya juga terbilang cepat. Sebab, Realme 8 5G sudah dibekali dengan charger 18W dengan konektor tipe C. Alhasil, baterai 5000 mAh pun bisa terisi penuh dengan waktu yang cepat.

Slot SIM Card yang lengkap

realme-8-5g-simcard-slot
SIM Card Slot Realme 8 5G (Foto: Gamefinity.id/Fajar)

Realme 8 5G hadir dengan slot yang lengkap. Tidak perlu lagi mengorbankan satu slot sim card untuk menggunakan penyimpanan eksternal. Sebab, terdapat 3 slot kartu yang bisa kamu gunakan. 2 untuk sim card dan 1 untuk penyimpanan eksternal kamu. Tak sampai disitu, smartphone ini juga memiliki teknologi bernama Dynamic Ram Expansion Technologi dimana teknologi ini mampu mengkonversi ROM menjadi virtual RAM.

Kamera Ciamik

Realme 8 5G dilengkapi dengan beberapa kamera belakang antara lain:

Kamera Utama 48MP Ultra HD: Kamera ini memiliki resolusi besar yaitu 48 Megapixel dengan apeure F1.8, 80 FOV. Menurut kami, lensa ini mampu menghadirkan foto dengan jernih dan detail.

Lensa B&W Portrait: Lensa ini bisa mendeteksi rangkaian cahaya yang jauh lebih komperhensif. Lensa ini bisa membantu kamera utama dalam menangkap cahaya agar lebih baik sehingga kontras pada hasil foto menjadi bagus.

Lensa Makro 4cm: Dengan lensa ultra makro ini, memungkinkan para penggunanya untuk memfoto objek jauh lebih dekat. Bahkan saat dicoba, kami bisa memfoto dengan jarak objek hingga 4cm.

Kamera depan pada smartphone ini memiliki resolusi hingga 16MP. Kamera depan tersebut juga dilengkapi beragam fitur yang siap memenuhi kebutuhan konten selfi kamu seperti Efek Bokeh hingga Beauty.

Selain itu, smartphone ini juga dibekali dengan mode Nightcape yang membuat foto di malam hari jadi memiliki pencahayaan yang jauh lebih baik. Berikut ini detail foto yang dihasilkan oleh kamera Realme 8 5G:

Hasil Kamera Belakang Cukup Cahaya

Hasil Kamera Belakang Minim Cahaya (Night Mode)

 

Peforma dan Pengalaman Saat Bermain Game

Saat diuji dengan menggunakan aplikasi Benchmark seperti Antutu, prosesor Dimensity 700 bisa memperoleh angka sebesar 360394 poin. Poin yang didapatkan tentu saja jauh lebih tinggi dibanding dengan prosesor 5G saat ini. Tak hanya itu saja, saat diuji menggunakan aplikasi 3D Mark Wild Life, Realme 8 5G menyentuh skor sebesar 1103 poin.

Saat diuji untuk bermain game, penulis mendapatkan pengalaman yang lebih baik terutama saat bermain game battle royale populer saat ini yaitu PUBG Mobile. Layar dengan refresh rate 90 Hz ini tentu saja membuat penulis lebih nyaman saat bermain game. Tak hanya itu, spesifikasi hardware yang ditanamkan juga membuat smartphone ini lancar dalam bermain game. Tak sampai disitu, kapasitas baterai yang besar juga bisa membuat penulis betah bermain game selama berjam-jam tanpa harus takut kehabisan baterai.

Selain itu, Realme 8 5G juga dilengkapi dengan fitur tambahan untuk menunjang penulis dalam bermain game. Yaitu hadirnya Game Focus Mode dan pilihan mode peforma.

Dengan mengaktifkan Game Focus Mode, secara otomatis sistem akan menonaktifkan fitur seperti alarm, notifikasi, panggilan masuk, quick setting, navigation gesture dan game assistant. Sedangkan untuk mode peforma terdapat 3 pilihan yaitu Pro Gamer Mode, Balanced Mode serta Low Power Mode.

Berikut ini spesifikasi lengkap dari Realme 8 5G:

 

Share yuk !