Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Industri mobile game di Indonesia semakin seksi. Apalagi adanya trend eSports di platform mobile yang bisa dinikmati banyak kalangan. Alhasil, kebutuhan alat pendukung untuk bermain game mobile semakin meningkat sekaligus menghadirkan sebuah market baru yang menggiurkan. Salah satunya ASUS ROG, sebuah brand ternama di industri gaming hardware kini turun gunung untuk menciptakan sebuah smartphone gaming yang siap memenuhi kebutuhan market saat ini. Produk tersebut adalah ROG Phone II.

Nah, sebenarnya apa saja sih yang ditawarkan ROG Phone II untuk para penggila game mobile di Indonesia? Simak review lengkap dari GAMEFINITY.ID.

Desain Smartphone yang Gaming Banget

Desain belakang ROG Phone II (Foto: GAMEFINITY.ID/Fajar)

Desain tentu saja merupakan salah satu aspek penting dalam sebuah gaming smartphone. Sebab, gamers memiliki keinginan untuk tampil beda dengan yang lainnya. Ya, ROG Phone II sudah mengakomodir kebutuhan akan desain tersebut.

Bodi dari ROG Phone II ini dilapisi oleh material kaca yang dilindungi langsung oleh corning gorilla glass 6 agar smartphone bisa terlindung dari baret. Namun sayangnya, penggunaan material kaca ini membuat sidik jari jadi mudah menempel pada smartphone.

Untuk menampilkan kesan sangar sekaligus ciri khas dari brand Republic of Gamers, smartphone ini juga dilengkapi dengan logo ROG dengan warna RGB. Ya, lampu ROG tersebut bisa kamu atur semaunya lewat aplikasi ROG Armory Crate yang sudah terinstall langsung pada smartphone ini.

Logo ROG yang bisa menyala dan diatur warnanya (Foto: GAMEFINITY.ID/Fajar)

ROG Phone II memiliki dimensi yang panjang demgam ukuran layar 6.59 inch. Bagi penulis, dimensi ini cukup besar dan membuat penulis kurang nyaman ketika mengantongi smartphone ini. Namun ukuran layar ini tentu saja memiliki kelebihan terutama saat bermain game. Terutama dalam mengurangi miss touch dan mendapatkan hasil gambar yang lebih detail. Sehingga mampu memberikan pengalaman bermain game yang lebih mantap. Oh ya, resolusi dari layar ini adalah Full HD+ 1080×2340 pixel Amoled 16 juta warna.

Layar ROG Phone (Foto: GAMEFINITY.ID/Fajar)

Penempatan speaker pun menurut penulis sudah oke banget. Terdapat 2 buah speaker yang terletak pada bagian atas dan bawah. Saat bermain game, speaker tersebut mampu memberikan kualitas suara yang cukup bagus dan jelas karena tidak tertutup oleh tangan.

Port charging dari smartphone ini menggunakan type c dan terletak pada bagian bawah smartphone. Tidak hanya satu port saja, ROG Phone II juga memiliki port tambahan pada bagian kiri smartphone yang berfungsi untuk mengkoneksikan ROG Phone II dengan aksesoris-aksesoris tambahannya. Dibagian belakang, turut dilengkapi juga dengan fitur ROG Aerodynamic system yang berfungsi untuk membuang panas berlebih pada smartphone.

Beberapa port yang terdapat pada ROG Phone II (Foto: GAMEFINITY.ID/Fajar)
Sensor Sidik Jari Tertanam Pada Layar (Foto: GAMEFINITY.ID/Fajar)

Oh ya, berbeda dengan versi sebelumnya, sensor sidik jari pada ROG Phone II sudah berpindah dari yang sebelumnya terdapat di belakang, kini sudah tertanam langsung pada layar. Menurut penulis, perubahan ini membuat smartphone ini makin terlihat lebih canggih dibanding dengan versi sebelumnya.

Fitur Gaming yang Siap Buat Kamu Jadi Juara

ROG Phone II Saat Digunakan Untuk Bermain Game CODM (Foto: GAMEFINITY.ID/Fajar)

Fitur tentu saja menjadi salah satu faktor penting yang membedakan smartphone biasa dengan smartphone gaming. ROG Phone II memiliki deretan fitur yang sangat bermanfaat untuk mengoptimalisasi smartphone ini untuk bermain game. Seperti layar dengan refresh rate 120hz, Air Trigger, macro dan masih banyak yang lainnya.

Fitur-fitur tersebut bisa diatur melalui sebuah aplikasi khusus bernama ROG Armory Crate. Tidak hanya digunakan untuk mengatur fitur-fitur pada smartphone saja, aplikasi ini juga mampu memonitor suhu dan peforma pada smartphone. Kerennya lagi, ROG Phone II bisa dioverclock dengan mudah dengan mengaktifkan fitur X Mode. Untuk mengaktifkan fitur ini ada beberapa cara. Baik melalui aplikasi Armory Crate atau dengan meremas ROG Phone II.

Peforma Mantap Berkat Hardware Kelas Atas

Selain fitur yang melimpah, demi menghasilkan peforma yang mantap untuk bermain game tentu saja ROG Phone II dilengkapi dengan hardware kelas atas. Berikut ini spesifikasi selengkapnya:

  • OS: Android 9.0 (Pie), ROG UI
  • Chipset: Qualcomm SDM855 Snapdragon 855+ (7 nm)
  • CPU:Octa-core (1×2.96 GHz Kryo 485 & 3×2.42 GHz Kryo 485 & 4×1.78 GHz Kryo 485)
  • GPU: Adreno 640 (700 MHz)
  • Battery: Li-Po 600 mAh battery, fast charging 30W (Quick Charge 4.0)
  • RAM/ROM: 8GB RAM, 128 GB ROM

Peforma dari smartphone ini sangat kencang. Ketika X Mode dalam keadaan tidak aktif, Skor Antutu yang dihasilkan adalah 428900. Sedangkan ketika X Mode aktif, peforma dari ROG Phone II tambah sangar sehingga mampu menghasilkan skor mencapai 486551. Namun sayangnya, ketika X Mode dihidupkan smartphone ini bisa mencapai suhu sekitar 37 derajat celcius.

Skor Antutu ROG Phone II (Gambar: GAMEFINITY.ID/Fajar)

Penulis sudah mencoba beberapa game untuk dimainkan pada smartphone ini. Terutama game-game kompetitif yang memang memerlukan smartphone dengan peforma tinggi untuk menghindari lag. Sebab, kesalahan teknis sekecil apapun sangat mengganggu jalannya permainan. Berkat spesifikasi hardware yang sangat mumpuni, game pun bisa berjalan dengan sangat smooth. Penulis tidak menemukan lag sedikitpun saat bermain game. Padahal, game-game yang kami mainkan disetting rata kanan agar mendapatkan pengalaman gaming yang lebih.

Kamera yang Jernih dan Asik Diajak Untuk Fotografi

Tidak hanya peforma untuk gaming saja, sektor kamera juga merupakan nilai plus dari smartphone ini. Dibagian belakang, terdapat 2 modul kamera dengan spesifikasi yang berbeda. Kamera pertama beresolusi 48 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/2″, 0.8┬Ám, PDAF, Laser AF. Sedangkan kamera kedua beresolusi 13 MP, f/2.4, 11mm (ultrawide). Sedangkan pada bagian depan, terdapat lensa kamera beresolusi 24MP. Hasil dari kedua kamera ini tentu saja sangat bagus. Apalagi, kamera ini juga didukung dengan software khusus dari ASUS yang mampu menghasilkan foto dengan kualitas terbaik. Berikut ini hasilnya.

Hasil Foto ROG Phone II – Camera Wide (Foto: GAMEFINITY.ID/Fajar)
Hasil Foto ROG Phone II – Camera Night Wide (Foto: GAMEFINITY.ID/Fajar)
Hasil Foto ROG Phone II – Camera Night (Foto: GAMEFINITY.ID/Fajar)
Hasil Foto ROG Phone II – Indoor (Foto: GAMEFINITY.ID/Fajar)
Hasil Foto ROG Phone II – Camera Selfie (Foto: GAMEFINITY.ID/Fajar)

Ketersediaan dan Harga

ROG Phone II sendiri sudah resmi dirilis di Indonesia pada hari ini. Dengan segala kelebihan yang dimilikinya, smartphone ROG Phone II dibandrol dengan harga Rp. 8.499.000.

Share yuk !