Share yuk !

GAMESORE.ID, Jakarta – Merasa PC atau laptop kamu lemot saat digunakan? Atau, proses loading game memakan waktu cukup lama? Ganti hardisk kamu dan beralihlah ke SSD! Semua keluh kesahmu dipastikan bisa selesai dengan cara ini.

Solid State Drive atau SSD merupakan sebuah media penyimpanan yang memiliki fungsi sama dengan hardisk. Bedanya, SSD memiliki kecepatan read and write yang lebih cepat sehingga mampu meningkatkan peforma PC ataupun Laptop para penggunanya. Tidak hanya itu, SSD juga dikenal lebih hemat energi dan tahan banting.

Saat ini sudah banyak sekali SSD di pasaran. Bahkan, kini harga SSD sudah mulai terjangkau dan bisa dibeli dengan harga yang cukup murah. Salah satunya, kamu bisa membeli SSD dari brand bernama Lexar. Jika kamu belum pernah mendengar brand ini, kamu bisa simak artikel berikut Lexar, Brand SSD Baru yang Siap Garap Pangsa Gamers Tanah Air

Agar menuntaskan rasa penasaran kami akan produk ini, akhirnya kami pun mencoba untuk melakukan review lengkap terhadap salah satu produknya yakni Lexar NS100. SSD SATA dengan form factor 2.5 inci ini dijual dengan beberapa varian kapasitas mulai dari 128GB, 256GB, dan 512GB. Dan untuk unit yang kami review kali ini berkapasitas 512GB.

Desain

Desain dari Lexar NS100 sendiri hampir sama dengan SSD lainnya dengan balutan warna abu-abu lengkap dengan logo Lexar. SSD ini cukup tipis dengan tinggi 7mm dan lebar 69.85mm. Beratnya pun sangat enteng yakni hanya 34gram saja. Jika SSD ini dipasang pada laptop, tentu saja mampu membuat laptop kamu lebih ringan.Oh ya, SSD ini bisa dipasang pada berbagai perangkat dengan catatan perangkat tersebut sudah support dengan interface SATA III.

Peforma

Di dalam kemasannya, Lexar mengklaim jika SSD NS100 memiliki kecepatan transfer data sampai dengan 520MB/detik. Untuk mengetahui kebenaran akan klaim tersebut, kamipun melakukan sedikit pengetesan dengan menggunakan software bernama AS SSD Benchmark. Sebelum ke hasil pengetesan, SSD Lexar NS100 dipasang pada PC dengan sistem operasi Windows dengan spesifikasi:

  • Motherboard: ROG Strix X370I
  • Prosesor: AMD Ryzen 5 2600
  • VGA: Nvidia GTX 1060-3GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX DDR4 3000 C15 2x8GB
  • PSU: Seasonic Prime Titanium 650W

Berikut ini hasil pengetesan yang dilakukan oleh tim GAMESORE.ID:

Dari hasil pengetesan tersebut, terlihat jika klaim yang dilakukan oleh Lexar memang benar. Bahkan terhitung lebih cepat sedikit. Kami juga melakukan sedikit pengetesan saat memindahkan file berkapasitas sekitar 4GB. Hasilnya, file tersebut dapat dipindahkan hanya dalam waktu hitungan 17 detik saja.  Beberapa skenario pencobaan SSD sudah kami lakukan seperti main game, browsing di internet, penggunaan software editor, dan masih banyak yang lainnya. Setelah beralih ke SSD, penulis merasakan perbedaan peforma PC yang cukup signifikan sehingga membuat pekerjaan menjadi lebih cepat.

Kesimpulan

Lexar NS100 mampu memberikan peforma lebih cepat pada perangkat PC ataupun laptop kamu. SSD ini juga memberikan beberapa pilihan kapasitas yang tentu saja bisa menyesuaikan budget serta kebutuhan kalian akan media penyimpanan cepat sekelas SSD. Jika dibandingkan dengan produk SSD lainnya, harga yang ditawarkan Lexar cukup kompetitif dan tentu saja bisa jadi rekomendasi bagi kamu yang ingin beralih ke SSD. Untuk varian 512GB yang kami review kali ini, dibandrol dengan harga sekitar Rp. 800.000. Sedangkan untuk varian varian 256GB, dijual dengan harga sekitar Rp. 455.000 dan untuk varian 128GB dijual dengan harga Rp. 285.000. Di Indonesia sendiri, Lexar didistribusi langsung oleh PT. Astrindo. Untuk produk SSD dari Lexar ini, Astrindo memberikan garansi selama 3 tahun. (FA)

Share yuk !