Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Baru-baru ini, Square Enix mengejutkan para fans dengan meluncurkan Final Fantasy VIII Remastered di pasar mobile secara tiba-tiba. Pasalnya, Final Fantasy VIII sempat mengalami isu kehilangan source code program yang membuatnya tidak lanjut untuk diproduksi. Selain itu, sangat disayangkan bahwa sebelumnya instalasi seri utama ke-8 ini terlewatkan untuk mendapatkan portnya di pasar mobile.

Syukurnya, isu tersebut berlalu ketika Square Enix secara resmi meluncurkan versi remasterednya di platform konsol dan PC pada tanggal 3 September 2019 lalu. Hingga akhirnya kini, Final Fantasy VIII Remastered resmi meluncur pada platform mobile dengan harga $20.99 atau sekitar 350 ribu rupiah. Lalu apakah port ini layak untuk anda beli? Silahkan simak pembahasan berikut.

Gameplay (9/10)

Sama seperti judul Final Fantasy lawas lainnya, Final Fantasy VIII Remastered merupakan game RPG dengan ATB Battle System yang menantang. Anda tetap bisa memilih system ATB antara wait maupun active mode.

Dalam Final Fantasy VIII, anda tidak perlu grinding untuk menguatkan party anda. Sebaliknya, justru semakin tinggi level party anda, maka musuh akan menyeimbangi level party dan menjadi semakin sulit. Disamping hal tersebut, game ini menyediakan sistem junction yang akan membantu memperkuat stats party anda dengan bantuan Guardian Force (GF) dan magic.

Disisi lain, adanya sistem drawing yang berfungsi untuk mengekstraksi magic ketika anda sedang bertarung. Dengan adanya sistem ini, anda tidak perlu menggunakan MP, melainkan anda perlu menyimpan maupun melempar magic dari hasil ekstraksi lawan. Tiap lawan memiliki magic berbeda-beda yang dapat diektraksi, jadi pastikan anda selalu mengecek magic yang tersedia pada lawan.

Gameplay dari Final Fantasy VIII memang rumit dan kompleks, namun hal tersebut yang membuatnya seru dan spesial. Anda bisa menjadi sangat overpowered maupun tersiksa oleh sistem ini, tergantung bagaimana cara bermain anda. Bisa dibilang, game ini sukses dalam menyuguhkan pengalaman bermain yang berkesan dan memorable.

Grafik (8/10)

Pada versi remastered kali ini, tidak terlalu banyak perubahan dan masih tertinggal zaman apabila dibanding grafis pada game sekarang sehingga anda perlu menurunkan ekspektasi anda. Walaupun demikian, game ini masih nyaman dipandang mata, apalagi dipoles dengan upgrade remastered.

Beberapa perubahan grafis pada game ini diantaranya adalah adanya anti-aliasing, depth of view, dan juga remodel pada beberapa karakter. Sayangnya, pada versi mobile tidak tersedia pengaturan grafis, sehingga anda hanya mampu menggunakan aturan tertinggi secara default.

Soundtrack (9/10)

Seperti musik yang digarap Nobuo Uematsu lainnya, Final Fantasy VIII tetap menawarkan kualitas soundtrack yang tak kalah berkualitas dibanding judul Final Fantasy lainnya. Setiap musik baik tema utama maupun background music tentu siap mempermainkan emosi anda.

Beragam soundtrack akan sangat mudah untuk diingat ketika anda bermain game ini. Beberapa soundtrack terkenal dari seri ini diantaranya adalah Eyes on Me, Liberi Fatali, Balamb Garden, dan Julia.

Kontrol (7/10)

Secara garis besar, kontrol port ini berasa tidak terlalu nyaman, namun standar saja. Jika anda pernah menggunakan emulator pada device mobile, maka kurang lebih feel yang anda dapatkan sama seperti menggunakannya.

Port ini menyediakan 2 jenis movement pad yaitu 8-directional pad dan juga analog pad. Disisi lain untuk tombol interaksi tersedia 4 tombol dengan fitur umum seperti konfirmasi, kembali, menu, dan interaksi spesial. Sementara untuk tombol left dan right tersedia pada pojok atas layar. Menariknya, anda juga bisa mengatur opacity dan saturasi virtual controller in-gamenya.

Kemudian kabar baiknya, Square Enix mengatakan bahwa port ini akan mendapatkan fitur controller tambahan pada update mendatang. Hal tersebut akan jauh lebih memudahkan kontrol pemain dibanding harus menyentuh virtual controller yang tersedia di layar.

Adiktif (8/10)

Final Fantasy memiliki gameplay fenomenal yang bisa membuat ketagihan, terutama bagi anda yang menyukai RPG dengan combat turn-based. Disisi lain, anda pun akan dimanjakan dengan storyline yang membuat anda penasaran dan soundtrack yang emosional.

Satu hal lagi, game ini juga memiliki mini game terbaik dari seluruh franchise Final Fantasy, yaitu Triple Triad. Triple Triad merupakan mini game dimana anda mengajak NPC untuk bermain kartu. Dengan adanya mini game ini, anda bisa mengumpulkan rare cards dan mengubahnya menjadi item yang akan membantu progres anda selama bermain.

Kesimpulan

Hadirnya Final Fantasy VIII Remastered pada platform mobile merupakan hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh para fans dan pecinta JRPG. Gameplay, storyline, dan soundtrack yang spesial membuat Final Fantasy VIII tetap menjadi salah satu game RPG terbaik dengan mekanisme yang unik dan storyline yang patut untuk diikuti.

Saya sangat merekomendasikan game ini bagi anda pecinta RPG yang membutuhkan mobilitas tinggi. Akhir kata, penulis memberi skor 8.5 untuk port Final Fantasy VIII Remastered kali ini.

Share yuk !