Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Tanjung Balai Karimun – Mungkin sebagian dari kalian sudah mengetahui tentang game satu ini, ya game MOBA yang dikembangkan oleh developer game asal Indonesia Anantarupa Studios ini, bernama Lokapala : Saga of The Six Realms, game satu ini mengusung tema yang sama seperti game Moba pada umumnya, namun tentunya dengan kultur yang Indonesia banget.

Memulai debut dengan merilis tahap beta pada 20 Mei tahun lalu, game Lokapala ini memberikan warna baru pada industri game MOBA, Lokapala berhasil membawa budaya Indonesia kedalam game dengan menghadirkan karakter yang berdasarkan pada mitos dan budaya yang berkembang di Nusantara.

Sejak awal perilisan tahap betanya, game ini terus mendapatkan update-update yang tentunya semakin baik, lalu apa saja yang berkembang dari game ini setelah kurang lebih 1 tahun rilis di pasar game global? Gamefinity sudah membuat ulasannya, langsung simak saja, enjoy!

Fitur (9/10)  

Untuk game dengan tema MOBA, Lokapala ini sudah mempunyai fitur yang terbilang cukup lengkap. Hal ini membuktikan bahwa game satu ini di develop dengan sangat baik oleh Anantarupa. Untuk bahasa yang bisa dipilih, saat ini baru hanya tersedia dua bahasa yang dapat digunakan, yaitu bahasa Indonesia dan juga bahasa inggris.

Kita akan sedikit lebih dalam lagi membahas tentang fitur yang ada didalam game Lokapala ini,

  1. Lobby

Sama seperti MOBA lainnya, disaat kita login pertama kali di game ini, kita akan diberikan beberapa Ksatriya (hero) gratis. Disini penulis mendapatkan Ksatriya bernama Sena dan juga Jinno, kemungkinan besar ksatriya yang diberikan untuk semua pemain baru akan sama saja.

Ksatriya Gratis | Sena
Ksatriya Gratis | Jinno

Tampilan lobby dari game Lokapala ini bisa dibilang 98% sama seperti game MOBA lain, seperti Mobile Legend/AOV, dan menurut penulis menu yang ada pada halaman lobby sudah cukup lengkap ya, mulai dari menu untuk ke profiles pemain, menu untuk ke shop, skill, inventori dan juga event yang ada.

Lobby In Game

Dan tentunya tampilan pada lobby ini tidak membuat para pemain pusing dengan interface yang ada, penempatan menu yang tidak acak-acakan dan rapi benar-benar membuat pemain merasa nyaman dan tidak kebingungan untuk mencari menu yang diinginkan. Karena ada beberapa kasus game MOBA yang tidak memperhatikan tentang hal ini, hanya karna ingin memberikan segudang fitur sampai melupakan kenyamanan pemain. Dan Lokapala berhasil menghandle hal ini dengan baik.

  1. Pengaturan

Di menu pengaturan ini sendiri terdapat beberapa menu seperti pengaturan kontrol, grafik suara dan juga untuk mengulang video tutorial yang ada. tersedia menu untuk mengatur shadow, kualitas grafik, kecepatan jaringan, bahasa, suara dalam in game dan juga untuk bind dan unbind akun kalian.

Menu Setting

Dan di menu profil yang ada di kiri atas pada halaman lobby, terdapat beberapa menu lagi seperti, tinjauan untuk mengganti avatar, nama dan pencapaian kita didalam game. Dan di Lokapala ini juga mengenal sistem Merit seperti Moba pada umumnya, namun di game ini disebut sebagai Karma, wah nama yang Indonesia sekali ya.

Karma
  1. Ksatriya, Gerai, dan Yantra

Ada sekitar 25 Ksatriya/Hero yang ada didalam game Lokapala ini, dan cukup disayangkan, dari 25 hero ini ada banyak Ksatriya asal Indonesia yang tidak dimasukan untuk perilisan awal, dari 25 ksatriya, penulis hanya melihat tiga ksatriya yang mempunyai desain karakter yang Indonesia banget, yaitu Guning (Fighter), Nio ( Marksman), dan H’rtal(Mage).

Para karakter Ksatriya ini dikisahkan berasal dari 6 loka yang berbeda yang tergabung dalam satu Lokapala, yaitu Narakaloka, Pretaloka, Tiraccanaloka, Manusyaloka, Asuraloka, dan Svargaloka.

Ksatriya Nio
Ksatriya H’rtal
Ksatriya Guning

Skin didalam game ini pun masih terbatas,, dari 25 ksatriya, baru terdapat sekitar 13 skin saja dari 13 skin ini terbagi lagi dalam 3 macam skin, yaitu skin Seatma, Dvanda, New Year Special dan juga Back To School. Satu hal yang cukup unik dari game ini adalah, ada fitur untuk pemain dapat menyewa skin yang ada, untuk dapat menyewa skin tersebut para pemain diharuskan membayar dengan item bernama Citrine

Penyewaan Skin di Lokapala
Skin Back To School Ksatriya Sena
Skin New Year Special Ksatriya Haya
Skin Dvanda Ksatriya Sabara
Skin Seatma Ksatriya Sena

Lokapala juga mempunyai fitur untuk melakukan Build Item untuk para player sama seperti halnya game MOBA pada umumnya, di Lokapala fitur ini disebut dengan nama Yantra, ada berbagai macam atribut dan item yang bisa kalian buat secara kreatif untuk menunjang gameplay kalian.

Yantra
  1. Event, Misi Harian

Untuk di Event sendiri, pihak anantarupa nampaknya cukup rajin untuk menghadirkan event, hampir setiap bulan selalu ada event yang berlangsung didalam game Lokapala ini, dan untuk misi hariannya, terbilang cukup mudah untuk di selesaikan.

Misi Harian
Event di Lokapala
Event di Lokapala
  1. Tingkatan Peringkat Pemain

Sama halnya seperti game kompetitif pada umumnya, di game Lokapala ini juga terdapat sistem Ranked, ada sekitar 7 peringkat yang bisa pemain capai dengan cara meningkatkan point dalam permainan ranked, 7 peringkat ini mempunyai nama yang sepertinya menggunakan bahasa Sansekerta yaitu, Ardarathi, Rathi, Ekarathi, Arirathi, Maharathi, Atimaharati dan yang paling tinggi adalah Mahamaharathi.

Tingkatan Rank di Lokapala
Tingkatan Rank di Lokapala
Tingkatan Rank di Lokapala

Gameplay (8/10)

Halaman Login Lokapala

Untuk gameplay, kenapa penulis hanya memberikan nilai 8, karena menurut penulis tidak ada yang istimewa dari gameplay game Lokapala ini, semua element dan fitur didalam gameplay sama seperti game MOBA lainnya, yang membedakan hanya item dan buff yang ada didalam nya saja.

Untuk objektifnya tentunya sama seperti game MOBA lainnya, yaitu menghancurkan Turrent utama milik musuh. Yang cukup menganggu mata menurut penulis adalah, objek yang digunakan untuk bersembunyi adalah jamur, jika pada umumnya kita melihat objek tersebut adalah rumput tinggi, di game Lokapala ini menggunakan jamur.

Hal ini tentunya agak aneh untuk pemain yang sudah pernah memainkan MOBA lain seperti Mobile Legend. Penulis tidak tahu apa tujuan dari pihak developer memilih untuk menggunakan Jamur sebagai objek untuk bersembunyi ini, mungkin sebagai bentuk bahwa Lokapala ini “Berbeda” dari MOBA lain.

Grafik (7/10)

Dari awal perilisan beta game Lokapala ini, satu hal yang belum di perbaiki oleh developer adalah animasi dari karakter yang digunakan oleh para player, grafik 3D yang terkesan kaku dan model karakter yang kurang realistis membuat penulis memberikan nilai 7 untuk grafiknya.

Penggunaan warna untuk Map didalam game pun terlalu kaku dan objek seperti batu, rumput kecil dll, terkesan tidak menyatu dengan map itu sendiri. Untuk grafik ini penulis maklumi karena game ini masih baru, dan perlu pengembangan lebih lanjut dari pihak Developernya sendiri. Apresiasi yang sangat tinggi dari penulis untuk developer game Lokapala ini.

Kontrol (8/10)

In Game Lokapala

Lanjut ke bagian kontroling dalam game, menurut penulis kontrol yang dimiliki oleh game ini sudah sangat baik ya, analog dan tombol untuk melakukan Attacking cukup responsif, dan gerakan dari karakter yang ada juga tidak terasa terbatas.

Untuk peletakan shop untuk membeli item dalam game pun hampir sama seperti MOBA lainnya, yang cukup menggangu adalah delay yang terdapat didalam in game saat pemain mengeluarkan skill, awalnya penulis kira jaringan lemot yang menyebabkan hal ini, tapi ternyata delay ini sudah terjadi sejak awal peluncuran beta dari game ini.

Delay ini benar-benar mengganggu, karena setiap mengeluarkan skill, sering sekali skill yang dikeluarkan tidak mengenai musuh yang ada, padahal sudah di arahkan tepat ke arah musuh yang ada.

Adiktif (6/10)

Dari semua fitur, gameplay, grafik dan juga kontrol yang disajikan oleh Lokapala ini, game ini membuat penulis kurang bisa mendapatkan feel bermain di game ini, terutama untuk delay yang benar-benar menggangu jalannya permainan.

Hal ini benar-benar membuat game Lokapala ini menjadi game yang kurang cocok untuk dimainkan terus menerus, fitur yang diberikan memang sudah sangat nyaman untuk para pemain, namun gameplay dan kontrol yang kurang, tentunya membuat pemain enggan untuk bermain game ini terus menerus. Oleh sebab itu penulis memberikan nilai 6 untuk adiktifnya.

Namun, apabila developer memperbaiki permasalahan delay skill didalam in game dan kita melupakan soal delay tadi, penulis memberikan nilai 9 untuk game ini, dan karena kalian akan mendapatkan feel Indonesia yang kental didalam game ini, ditambah lagi dengan soundtrack yang benar-benar mendeskripsikan Indonesia sekali. Dan penulis sangat merekomendasikan game ini untuk masuk di game yang layak kalian mainkan untuk menemani ngabuburit kalian.

Kesimpulan

Keputusan Anantarupa untuk mengembangkan game ini merupakan keputusan yang tepat, game ini memberikan warna baru untuk perkembangan game saat ini, khususnya di Indonesia, semua fitur yang mengusung tema Indonesia ini benar-benar menjadikan nama Indonesia bisa dikenal oleh industri dan gamers dunia.

Ada harapan penulis untuk game ini dapat semakin berkembang, perbaikan server dan masalah yang terdapat didalam game bisa diatasi benar-benar ditunggu oleh para player setia game MOBA. Dan dari semua ulasan yang ada, penulis memberikan nilai 7.6 untuk game Lokapala : Saga of The Six Realms. Semoga kedepannya Pasar game Indonesia semakin berkembang lagi, dan nama Indonesia lebih harum lagi di dunia game internasional.

Share yuk !